Faktor-Faktor Yang Menentukan Harga Jual Kerbau Di Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • Dwini Narasani Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bosowa
  • Muhammad Yusuf Saleh Pogram Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa
  • Ripa fajarina Laming Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/access.v1i2.2038

Keywords:

Harga Jual, Kerbau, Toraja Utara

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik yang paling menentukan harga jual ternak kerbau Di Pasar Hewan Bolu Kabupaten Toraja Utara. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2022. Penelitian menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menentukan harga jual kerbau di Toraja. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang, penjual dan pembeli kerbau yang terlibat dalam penentuan harga jual kerbau yang didatangkan di Pasar Hewan Bolu, Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menggunakan metode Grounded teori. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa karakteristik masing-masing kerbau itu berbeda sesuai dengan jenis kerbaunya. Ada beberapa karakteristik kerbau yang paling sering di jadikan tolak ukur untuk mentukan hraga jual yaitu tanduk, postur tubuh, pusaran bulu, ekor, warna bulu dan kult serta kondisi fisiknya.

The aim of the research is to find out the most characteristics determine the selling price of buffalo at the Bolu Animal Market, North Toraja Regency. The research was conducted from May to July 2022. The research used a qualitative descriptive analysis method to describe the factors that determine the selling price of buffalo in Toraja. The population in this study were traders, sellers and buyers of buffalo involved in determining the selling price of buffalo imported at the Bolu Animal Market, Data collection was carried out through observation and interviews. Data analysis used is descriptive statistics using grounded theory methods. Based on the research that has been carried out, the results obtained are: The characteristics of each buffalo differ according to the type of buffalo. There is Several characteristics of buffalo are most often used as benchmarks for making decisions Selling prices are horns, body posture, feather swirls, tail, feather color and skin his physical condition.

References

Andika Amal, Debby Ch. Dontisulu dan Steeva Tumangke, 2021. Peranan Sektor Basis Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Toraja Utara. Jurnal EMBA. Vol.9 no.1 Januari 2021. Hal. 245-255

Anggreani, 2020. Makna upacara adat pemakanan rambu solo’ di Tana Toraja. Jurnal kreasi seni dan budaya. Vol.3, No.01, 2020.

Busrayana, Aslina Aswani, dan Sitti Nurani, 2016. Identifikasi Karakteristik Ternak Dalam Penentuan Harga Jual di Desa Sumbang Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Jurnal JITP Vol. 5 No.1 Juli 2016

Firdaus A. Dunia, Wasilah Abudllah dan Catur Sasongko. 2019. Akuntansi Biaya. Penerbit: Salemba Empat, Jakarta.

Fiqy Hilmawan, Ahmad Subhan dan Akhmad Hamda. 2020. Kerbau Rawa “Potensi dan Pemasalahannya”. V-II Webinar Teknologi dan Agribisnis Peternakan.

Intan Limbong. 2020. Pengaruh Salah Satu Budaya Rambu Solo’ Terhadap Perekonomian Masyarakat di Toraja Utara. Jurnal Teologi Kristen. Vol.2, No.2 2020.

Iren. 2017. Fakto-faktor yang Mempengaruhi Pembelian Kerbau Non Lokal untuk Upacara Adat di Pasar Hewan Bolu. Skripsi. 2017

Julfiani Mangopang, Tri Widianto dan Sunardi. 2019. Tedong Sebagai Syarat dalam Upacara Rambu Solo’ di Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Jurnal KIP.Vol.VII, No.3, 2019.

Lip Sarip Hidayana dan Rufus Goang Swaradesy. 2021. Pemaknaan Permainan Rakyat pada Ritual Kematian Rambu Solo’ di Kampung Ke’te Kesu. Jurnal Panggung. Vol.31, No,02/06, 2021.

Martina. 2018. Faktor-faktor yang Menentukan Harga Jual Suatu Produk Hasil Produksi. Jakarta: PT. Ukraiman Sosial Indonesia.

Mei Nurul Hidayah. 2018. Tradisi Rambu Solo’ di Tana Toraja dalam Novel Puya ke Puya. Interpreatif Simbolik Clifford Greertz. Vol.01, No.01, 2018.

Naomi Resanti, Jenny dan Djefry. 2020. Upacara Rambu Solo’ di Kelurahan Padangiring. Jurnal Holistic.Vol.13, No.04, 2020.

Downloads

Published

2023-08-30