Analisis Sistem Dan Prosedur Penilaian Barang Jaminan Pada UPC Pegadaian Kumala Makassar

Authors

  • Fatmawati Fatmawati Pogram Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa
  • Arifuddin Mane Pogram Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa
  • Ripa Fajarina Laming Pogram Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa

Keywords:

Sistem Dan Prosedur , Penilaian Barang Jaminan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur penilaian barang jaminan di UPC Pegadaian Kumala Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif, data yang digunakan adalah mengumpulkan data dari objek penelitian mengenai sistem dan prosedur penilaian barang jaminan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian barang jaminan di UPC Pegadaian Kumala Makassar sudah sesuai dengan standar gadai dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sistem dan prosedur penilaian barang jaminan ini tetap harus dilakukan sesuai dengan tahapan yang telah diatur agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.

The purpose of this study was to determine the system and procedure for assessing collateral goods at UPC Pegadaian Kumala Makassar. This research is a qualitative research using descriptive analysis methods, the data used is to collect data from research objects regarding the system and procedures for assessing collateral goods. The data collection method in this study is by means of interviews, literature review and documentation. The results showed that the assessment of collateral goods at the UPC Pegadaian Kumala Makassar was in accordance with applicable pawn standards and laws. The system and procedure of assessing this guarantee item must still be carried out in accordance with the stages that have been arranged so that there are no mistakes in the future.

References

Amaliyah, Ulya. Tinjauan Atas Prosedur Penagihan Piutang Usaha Pada Pt. Trengginas Jaya Bandung. Diss. Universitas Komputer Indonesia, 2019.

Anggraini, Indria Kusuma. "Pengaruh Penilaian Jaminan, Penilaian Karakter Anggota Dan Kelayakan Usaha Terhadap Pemberian Pembiayaan (Baitul Maal Wat Tamwil Sahara Tulungagung Dan Kopsyah Al Mawaddah Ngunut Tulungagung)." (2020).

Anonim. 2015. Pedoman Operasional Kantor Cabang PT. Pegadaian (persero). Jakarta.

Alwi, Hasan, dkk. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, Djohar. 2018. Akuntansi Manajemen Modern PT Elex Media Koputindo. Jakarta.

Budisantoso Totok, Triandaru Sigit. 2015. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.

Chairuman Pasaribu, Suhrawardi K Lubis, 1996. Hukum Perjanjian dalam Islam.Jakarta: Sinar Grafika Cet II.

Deyenti, Helfina. (2019). Analisis Sistem Pembiayaan Gadai Emas (Studi Kasus Pada PT Pegadaian Cabang Krakatau Medan). Skripsi: Medan. UMSU

Endang, Endang. "Analisis Penaksiran Nilai Barang Gadai Emas Dalam Menentukan Jumlah Pinjaman Nasabah Pada Pt. Pegadaian (Persero) Upc Sekayu." Jurnal ACSY: Jurnal Accounting Politeknik Sekayu 7.2 (2018): 12-21.

Etty Mulyati, Kredit Perbankan (Aspek Hukum Dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dalam Pembangunan Perekonomian Indonesia), Refika Aditama, Bandung, 2016, h. 113

Fabobi. (2017). Analisis Perbandingan Pelelangan Barang Jaminan Pada PT Pegadaian (Persero) Syariah Dan Konvensional (Studi Kasus Pegadaian Syariah Cabang Simpang Patal Dan Pegadaian Cabang Kenten Palembang). Skripsi: Palembang. UIN Raden Fatah.

Firdausi, Anisah. Penerbitan Resi Gudang Sebagai Jaminan Hutang. Diss. Untag Surabaya, 2017.

Fitriani, Nur. "Analisis Gadai Terhadap Kinerja Keuangan Pada Pt Pegadaian Cabang Bontoala." Economics Bosowa 7.004 (2022): 394-405.

Kasmir. 2015. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mane, Arifuddin. "Analisis Prosedur Dan Pengendalian Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam (Ksp) Kopdit Aneka Karya Di Nusa Tenggara Timur."

Reksy, Dwi Cahyo. "Prosedur Pelayanan Clearance In/Out Kapal Laut Yang Di Lakukan Perusahan Pelayaran Di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (Ksop) Kelas Iv Pangkal Balam." Karya Tulis (2021).

Rivai, Veithazal. 2015. Islamic Financial Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-04-30