Sistem Dan Prosedur Penerbitan Bank Garansi Pada PT Bank Sulselbar

Authors

  • Sri Alfira Muslim Pogram Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa
  • Muhammad Yusuf Saleh Pogram Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa
  • Ripa Fajarina Laming Pogram Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa

Keywords:

Sistem, Prosedur, Penerbitan, Bank Garansi

Abstract

Garansi bank adalah perjanjian tertulis dimana bank telah sepakat untuk mengikatkan diri kepada penerima jaminan untuk memenuhi kewajiban yang dijamin dalam jangka waktu tertentu dan dengan syarat-syarat tertentu berupa pembayaran sejumlah uang tertentu, jika pihak yang dijamin dikemudian hari tidak memenuhi kewajibannya kepada penerima jaminan atau wanprestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami dan menganalisis sistem dan prosedur penerbitan bank garansi di PT Bank Sulselbar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, data yang digunakan adalah mengumpulkan data dari objek penelitian mengenai sistem dan prosedur penerbitan bank garansi pada PT Bank Sulselbar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi, serta teknik dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerbitan bank garansi ini telah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Adapun sistem dan prosedur bank garansi ini harus dilakukan sesuai tahapannya agar tidak terjadi kesalahan.

A Bank guarantee is a written agreement in which the bank has agreed to bind itself to the guarantee recipient in order to fulfill the guaranteed obligations within a certain period of time and with certain conditions in the form of payment of a certain amount of money, if the guaranteed party in the future does not fulfill its obligations to the guarantee recipient or default. The purpose of this research is to find out, understand and analyze the system and procedure for issuing bank guarantess at PT Bank Sulselbar. This research is a qualitative research using descriptive qualitative method, the data used is to collect data from the object of research regarding system and procedure for issuing bank guarantess at PT Bank Sulselbar. The method of data collection in this study is by means of interviews, observation, and also documentation techniques. The results of the study indicate that the issuance of this bank guarantee is in accordance with the applicable terms and conditions. As for the system and procedures of this bank guarantee, it must be carried out according to the stages so that there are no mistakes.

References

Bella Puspita dan Nyimas Artina.2017. Analisis Pengendalian Internal Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Pada PT. Sriwijaya Baja Sakti Palembang: STIE Palembang.

Budisantoso Totok, Triandaru Sigit. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta : Salemba Empat.

Fery Wongso, 2016. Perancangan Sistem Pencatatan Pajak Reklame Pada Dinas Pendapatan Kota Pekanbaru dengan Metode Visual Basic. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol. 14, No.2, September 2016.

Irawan. 2014. Surat Berharga Suatu Tinjauan Yuridis dan Praktis. Jakarta Prenadamedia Group.

J. Hutahean, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Lestari, Kurnia Cahya dan Arni Muarifah Amri, 2020. Sistem Informasi Akuntansi (Beserta Contoh Penerapan Aplikasi SIA Sederhana Dalam UMKM. Yogyakarta: Deepublish.

Mane, Arifuddin. "Analisis Prosedur Dan Pengendalian Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Aneka Karya Di Nusa Tenggara Timur”.

Marshall B. Romney, Paul John Steinbart. 2017. Accounting Information System Pearson Education Limited

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldan, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Mulyadi, 2016. Sistem Akuntansi. Penerbit: Salemba Empat Jakarta Selatan.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Muslihudin, Muhammad Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2016.

Rifka R.N. 2017.Step by Step Lancar Membuat SOP, Depok: Huta Publisher.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta

Sukmadian, Cindy. 2017. Prosedur Pengajuan Klaim Dana Pensiun Pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Purwokerto.2017:6.

Swastika dan Putu Agus. 2016. Audit Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi, Yogyakarta: Andi

Tyoso, Jaluanto Sunu Punjul. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Ed. 1, Cet. 1. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Wijaya, Darma dan Roy Irawan.2018. Prosedur Administrasi Penjualan Bearing Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat.16 (1): 26-27

Yuliandri, Lela. 2017. Konsep Hukum Bank Garansi Dalam Pelaksanaan PT Bank BRI. Jurnal Katalogis, Vol. 5, No. 6

Downloads

Published

2023-04-30