PENGARUH METODE PAKEM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 124 BATUASANG

Authors

  • Jainuddin Jainuddin Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Bosowa
  • Mubarik Mubarik Pendidikan Matematika, Universitas Tadulako
  • Syaiful Bahri MAN Nagekeo, Kementrian Agama Kabupaten Nagekeo

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v21i1.1058

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi yang berkepanjangan dan menutup berbagai sekolah mulai dari sekolah dasar sampai sekolah tinggi. Sehingga diperlukan adanya terobasan terbaru dalam metode pembelajaran yang dapat meninkatkan motviasi siswa untuk Kembali belajar. Seperti halnya pada siswa kelas V SD yang sudah lama meninggalkan sekolah. Diharapkan dengan metode yang tepat dapat meningkatkan kembali motivasi belajar siswa. Salah satu metode yang di anggap tepat oleh peneliti adalah metode PAKEM. PAKEM adalah singkatan dari Pembelajar Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti pengaruh penggunaan metode PAKEM terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, desainnya adalah “pre-test dan post-test one group design”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar setelah penggunaan metode PAKEM yang dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 124 Batuasang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar Ahmad. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Pakem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kisah Nabi Ibrahim. A.S. Dan Nabi Ismail A.S. di Kelas IV SD Negeri 5 Sandik. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1 (3), 114-120.

Agip, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung : Yrama.

Asri, S. A. 2017. Telaah Buku Teks Pegangan Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Bahasa, 3 (1), 70-82.

Haddar, A. G. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan ( PAKEM ) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Lazuardi Global Islamic School, Depok. Jurnal Pendas Mahakam, 1 (2), 144-164.

Handayani, S. E. & Subakti Hani. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (1), 151- 164.

Inawati & Darningwati. 2020. Kemampuan Mahasiswa Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Teknik Skimming. Jurnal Bindo Sastra 4 (1), 69-76.

Jainuddin, J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Latihan Menyelesaikan Soal Secara Sistematis Pada Siswa Kelas XI. IPA1 SMA Negeri 2 Sungguminasa. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(3), 44-52.

Kaban, H. R., dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (1), 102-109.

Laksmi, A. M. P. N., dkk, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKN Siswa Kelas IV. Jurnal Adat dan Budaya, 2 (1), 20-31

Mulyono. 2018. Berprestasi melalui JPF ayo kumpulkan angka kreditmu. Yogyakarta: Budi Utama

Santika. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Pulau Kopung Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3 (2), 306-312.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumayasa & dkk. 2015. Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar SE Gugus VI Kecamatan Abang, Karangasem. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1-11.

Downloads

Published

2021-04-30