Edukasi Digital Marketing Untuk Mendukung UMKM Bertumbuh Di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Irfandy Thalib Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Rezty Amalia Araz Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Kiki Resky Ramdhani Sucipto Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Yogi Hady Afrizal Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Sukri Ahmad Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Kalla

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v22i2.1558

Keywords:

Covid-19, UMKM, Digital Marketing

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan berupa edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan pelatihan digital marketing untuk UMKM yang masih awam terhadap digital marketing. Digital marketing adalah sesuatu yang sangat mendesak bagi setiap pelaku UMKM gunakan untuk. Oleh karena itu, untuk ikut andil berkontribusi pada hal ini, kami pun menginisiasi pelatihan digital marketing untuk membantu para pelaku UMKM untuk mengerti lebih dalam mengenai apa itu digital marketing dan bagaimana implementasi digital marketing yang paling efektif dan efisien untuk usaha mereka. Manfaat yang didapatkan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah membantu UMKM Indonesia tumbuh sehingga target jumlah pengusaha di Indonesia bisa meningkat, yang pada akhirnya mebantu ekonomi Indonesia untuk tumbuh.

Community service activities that will be carried out are in the form of educating the community through digital marketing training activities for UMKM who are still unfamiliar with digital marketing. Digital marketing is something that is very urgent for every UMKM actor to use. Therefore, to contribute to this, we also initiated digital marketing training to help UMKM to understand more deeply what digital marketing is and how to implement the most effective and efficient digital marketing for their business. The benefits obtained from this Community Service activity are to help Indonesian UMKM grow so that the target number of entrepreneurs in Indonesia can increase, which in turn helps the Indonesian economy to grow.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brandt, H., Mullenhoff, A., Lambertz, C., Erhardt, G., andGauly, M. 2010. Estimation of Geneticand Crossbreeding Parameters for Preweaning Traits in German Angus and Simmental Beef Cattle and the Reciprocal Crosses. Journal of Animal Science, 88:80-86

Cant, M. C. and J. A. Wiid, (2016). “The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: A South African perspective,” Probl. Perspect. Manag., vol. 14, no. 1, pp. 64–70, 2016, doi: 10.21511/ppm.14(1).2016.07.

Mulhearn, C. and H. R. Vane, (2016). “Small and Medium Enterprises (SMES) Face Digital the Impact of Afta-Common Effective Prefential Marketing,” Econ. Bus., vol. 1, no. 2, pp. 1–34, 2016, doi: 10.1007/978-1-137-42923-0_1

Downloads

Published

2022-08-30

Most read articles by the same author(s)