Efektivitas Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Proses Pelayanan di Kelurahan Pancaitana Kecamatan Salomekko
DOI:
https://doi.org/10.35965/eco.v23i1.2513Keywords:
Pemanfaatan, Efektifitas, PelayananAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pelayanan di kantor kepala desa Pancaitana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pelayanan di kantor Lurah Pancaitana berdasarkan 3 indikator efektivitas yaitu basis tujuan, integritas, integritas yang belum efektif karena pelayanan masih terpusat di kantor lurah dimana pemerintah kelurahan belum siap menyediakan website atau aplikasi yang bisa digunakan masyarakat untuk memberikan pelayanan dari rumah, kemudian jaringan belum ada karena kantor kepala desa belum menyediakan jaringan wifi jadi hanya menggunakan hotspot dari pegawai handphone, sehingga mengakibatkan koneksi internet menjadi lambat, keterbatasan alat teknologi seperti komputer yang sering mengalami error, dan kurangnya sosialisasi tentang pemahaman terkait prosedur, persyaratan pelayanan atau manajemen. Luaran dari penelitian ini adalah sebagai karya ilmiah referensi sehingga mudah diakses bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji efektifitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pelayanan.
The purpose of this study is to find out how the effectiveness of the use of information and communication technology in the service process at the Pancaitana village head office. The research method used is descriptive method with a qualitative approach, data collection techniques are observation, interviews, and documentation. The findings from the research are the use of information and communication technology in the service process at the Pancaitana Lurah office based on 3 indicators of effectiveness, namely the basis of purpose, integrity, integrity which has not been effective because the service is still centralized in the Lurah office where the kelurahan government is not ready to provide a website or application that can used by the community to provide services from home, then the network does not exist because the village head office has not provided a wifi network so it only uses hotspots from cellphone employees, resulting in slow internet connections, limited technological tools such as computers that often experience errors, and lack of socialization about understanding related procedures service or management requirements. The output of this research is as a scientific work of reference so that it is easy to access for further researchers who want to examine the effectiveness of the use of information and communication technology in the service process.
Downloads
References
Adilla, N., Zuhri, R. A., & Elvina, S. (2023). Implementasi Penggunaan Media Sosial instragram Dalam Perpustakaan Perguruan Tinggi. Sci-tech Journal (STJ), 2(2), 217-232.
Gafar, T. F., & IP, S. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (E-government) dalam Pelayanan Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Jurnal ALBOACEN, 1(2).
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.
Kaffah, S., Syam, R. Z. A., & Nurlidia, R. F. (2018). Pemanfaatan Media Sosial pada Perpustakaan Perguruan Tinggi: Studi pada Perpustakaan Perguruan Tinggi di Singapura. In Proceeding of International Conference Knowledge and Scholarly Communication. Yogyakarta: MIP-UGM.
Mangku, D. G. S., & Yuliartini, N. P. R. (2020). Penggunaan Media Sosial Secara Bijak Sebagai Penanggulangan Tindak Pidana Hate Speech Pada Mahasiswa Jurusan Hukum Dan Kewarganegaaan Fakultas Hukum Dan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, 1(2), 57-63.
Mukhsin, M. (2020). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa dalam Publikasi Informasi Desa di Era Globalisasi. Teknokom, 3(1), 7-15.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.
Santoso, B. S., Rahmah, M., Setiasari, T., & Sularsih, P. (2015). Perkembangan dan masa depan telemedika di indonesia. National Coference on Information Technology and Technical enginee-ring (CITEE).
Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (IT) Melalui Program Elektronik Goverment dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan): Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 141-161.
Sriyati, S., Satria, F., & Sudewi, S. (2017). Pemanfaatan E-Government Sebagai Media Promosi Di Bidang Pariwisata Ekonomi Kreatif (Studi Kasus: Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Kabupaten Pesawaran). Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 5, 80-87.
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).
Yandra, A. (2016). E-goverment dengan memanfaatkan teknologi informasi. POLITIK, 12(1), 1769.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rajamemang Rajamemang, Andi M. Rusdi Maidin, Baharuddin Baharuddin, Zulkipli Arifin DP, Andi Tenri Ulmi Qalsum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.