Analisis Keterampilan Proses Sains Fisika Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Khairun

Authors

  • Usman Sambiri Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun
  • Hutri Handayani Isra Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun
  • Aji Saputra Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v23i3.3773

Keywords:

Keterampilan Proses Sains, Mahasiswa Pendidikan Fisika

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang analisis keterampilan proses sains fisika mahasiswa pendidikan fisika Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Khairun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains  mahasiswa. Indikator keterampilan proses sains yang menjadi objek dalam penelitian ini  adalah keterampilan mengkomunikasikan data, keterampilan menafsirkan data dan keterampilan menerapkan konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian one shot case study. Data yang disajikan berupa skor rata-rata, nilai tertinggi dan nilai terendah dengan menggunakan skala likert untuk pengkategorian setiap indikator. Kategori yang digunakan terdiri atas tinggi, sedang dan rendah. Hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata skor keterampilan proses sains mahasiswa berada pada kategori sedang dengan skor 34,08 dari 64. Hal tersebut berarti bahwa mahasiswa pendidikan fisika semester 3 dapat mengkomunikasikan data dengan cara membuat tabel, grafik  atau membaca grafik, kemudian menafsirkan data seperti membuat kesimpulan dan kemudian menerapkan konsep dari data yang telah di sajikan dengan baik.

Research has been conducted about the anayisis of the physics sciences process skils of the physics education students at the faculty of teacher training and education, Khairun University. Porpose of the research is to know the college students’s science process skills. Indicator of the science procces skills become objecs of this research are data comunication skills, interpreting data skills, and skills to apply consepts. research methode used is descriptive methode with one shot case study desain. appearing data are mean score, the higest score, lowest score and likert scale to categorite every indicator. categorization used consist of hight, medium, and low. the result of data analizes are obtained college students's mean score of science process skills in medium category and the score is 34,08 of 64. it's result show that college students of educational physics in 3rd semenster can data comunication skills like make a table, chart and read the chart, interpreting data skills such as make conclution and skills to apply consepts from the data with good

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, M., Choudhary, F. R., & Sultan, S. (2023). A Compataive Study Of Basic Science Process Skills Of Sciences students At Higher Secendary Level In Dictrict Rawalpindi, Pakistan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(2), 276–285.

Azmi, N., Asrizal, A., & Mufit, F. (2021). Meta Analisis: Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa Sma. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 291.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Irdianti, I. (2019). Physics education students’ science process skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 293–298.

Firmansyah, J., & Suhandi, A. (2021). Critical thinking skills and science process skills in physics practicum. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1).

Fitriana, F., Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 226–236. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669

Idris, N., Talib, O., & Razali, F. (2022). Strategies In Mastering Science Process Skills In Science Experiments: A Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 155–170.

Irawati, I., & Putri Ningsi, A. (2021). Description of Science Process Skills of Physics Education Students of Jambi University on Refraction Material on Concave Lenses Using E-Module. Integrated Science Education Journal, 2(1), 34–40

Irwanto, Rohaeti, E., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Undergraduate students’ science process skills in terms of some variables: A perspective from Indonesia. Journal of Baltic Science Education, 17(5), 751–764.

Khotimah, N., Rusyati, L., Sriwulan, W., & Hakim, M. I. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengamati, Menerapkan Konsep, dan Menyimpulkan Peserta Didik Menggunakan Pembelajaran Berbasis Praktikum. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 373–380. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2813

Kind, V. (2016). Preservice Science Teachers’ Science Teaching Orientations and Beliefs About Science. Science Education, 100(1), 122–152.

Lumbantoruan, A., Irawan, D., Remalis Siregar, H., Lumbantoruan, D., Studi Pendidikan Fisika, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., … Jambi Selatan, K. (2019). Science Process Skills in Physics Practicum. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 1–12.

Misbah, M., Wati, M., Rif’at, M. F., & Prastika, M. D. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Dasar I Berbasis 5M Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains dan Karakter Wasaka. Jurnal Fisika Flux, 15(1), 26. https://doi.org/10.20527/flux.v15i1.4480

Mutlu, M., & Kagan Temiz, B. (2013). Science Process Skills Of Students Having Field Dependent And Field Independent Cognitive Styles. Educational Research and Reviews, 8(11), 766–776. https://doi.org/10.5897/ERR2012.1104

Nurulia, E., & Widodo. (2021). Science Process Skills In learning Physics: Is there an Influence On Learning outcames. Sang Pencerah:Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiya Buton, (2), 465–475. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Sang_Pencerah#/media/Berkas:Sang_Pencerah.jpg

Paino, P., & Desmawan, W. (2020). Analisis sikap siswa pada pembelajaran IPA di SDN 124/VIII Sidorejo Kabupaten Tebo. Integrated Science Education Journal, 1(2), 51–55. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.75

Seetee, N., Coll, R. K., Boonprakob, M., & Dahsah, C. (2016). View of Exploring Integrated Science Process Skills in Chemistry of High School Students. International Veridian E-Journal (2016) 9(4) 247-259.

Sugiyono. (2016). Buku Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tobin, K. G., & Capie, W. (1982). Relationships between classroom process variables and middle-school science achievement. Journal of Educational Psychology, 74(3), 441–454.

Downloads

Published

2023-12-30