Metode Pemeringkatan Bintang untuk Evaluasi Laik Fungsi Jalan Pada Ruas Jalan Batas Kota Sidoarjo – Krian

Authors

  • Amalia Firdaus Mawardi Jurusan Teknik Infrastruktur Sipil, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Brian Syafriansyah Jurusan Teknik Infrastruktur Sipil, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Rachmad Basuki Jurusan Teknik Infrastruktur Sipil, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Machsus Machsus Jurusan Teknik Infrastruktur Sipil, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Achmad Faiz Hadi Prajitno Jurusan Teknik Infrastruktur Sipil, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v25i1.4547

Keywords:

Jalan Laik Fungsi, Pemeringkatan Bintang, Rekomendasi Perbaikan, Ruas Jalan Batas Kota Sidoarjo – Krian

Abstract

Keselamatan jalan adalah suatu kewajiban agar pengguna transportasi aman dan nyaman dalam menggunakannya. Jalan laik fungsi menunjukkan bahwa jalan tersebut aman jika pengguna mematuhi rambu lalu lintas dan aturan yang berlaku. Namun, tidak semua ruas jalan memenuhi kondisi yang ideal, seperti pada Ruas Jalan Batas Kota Sidoarjo – Krian. Evaluasi laik fungsi dilakukan melalui survei secara langsung pada Lokasi penelitian dengan mengisi form. Data survei diolah menggunakan form pemeringkatan bintang untuk menentukan peringkat bintang persegmen jalan. Dari hasil pengolahan, diketahui segmen jalan yang tidak laik fungsi akan diberikan rekomendasi perbaikan agar meningkatkan pemeringkatan bintang. Setelah proses pengambilan data dan dilakukan pengolahan didapatkan hasil pemeringkatan bintang pada tiap segmen jalan, dengan rincian penilaian sebagai berikut: 2 segmen mendapatkan bintang 5, 112 segmen mendapatkan bintang 4, 26 segmen mendapatkan bintang 3, dan 4 segmen mendapatkan bintang 2. Dengan demikian, nilai rata-rata pemeringkatan bintang adalah 4,50, sehingga ruas jalan ini mendapatkan peringkat bintang 4. Rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan peringkat bintang antara lain: penambahan rambu lalu lintas, penambahan lampu lalu lintas, perbaikan marka jalan, penambahan rumble strips, dan penambahan ZoSS (Zona Selamat Sekolah). Total biaya perbaikan yang dibutuhkan sebesar Rp. 746.664.839.

Road safety is an obligation so that transportation users are safe and comfortable in using it. A road that is functionally feasible indicates that the road is safe if users obey traffic signs and applicable regulations. However, not all road sections meet ideal conditions, such as the Sidoarjo – Krian City Boundary Road Section. Evaluation of functional feasibility is carried out through a direct survey at the research location by filling out a form. Survey data is processed using a star rating form to determine the star rating of each road segment. From the processing results, it is known that road segments that are not functionally feasible will be given recommendations for improvement in order to increase the star rating. After the data collection process and processing, the results of the star rating for each road segment were obtained, with the following assessment details: 2 segments received 5 stars, 112 segments received 4 stars, 26 segments received 3 stars, and 4 segments received 2 stars. Thus, the average star rating value is 4.50, so this road section received a 4-star rating. Recommendations for improvement to increase the star rating include: adding traffic signs, adding traffic lights, improving road markings, adding rumble strips, and adding ZoSS (School Safety Zone). The total repair costs required are Rp. 746,664,839.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. (2020). Keselamatan jalan dan analisis fungsional. Jurnal Teknik Sipil, 8(2), 45-60.

Fajar, H. (2019). Penilaian keselamatan jalan dan rekomendasi perbaikan. Jurnal Konstruksi dan Material, 3(1), 88-99.

Fajrin, A. (2021). Peningkatan keselamatan jalan di area komersial. Jurnal Transportasi, 4(2), 90-100.

Halim, A. (2021). Analisis kondisi jalan dan penilaian laik fungsi. Jurnal Rekayasa Sipil, 5(4), 112-125.

Husnain, M. (2021). Analisis keselamatan lalu lintas di jalan perkotaan. Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 19-30.

Ignatius, R. (2021). Penanggulangan risiko kecelakaan di jalan. Jurnal Manajemen Risiko, 3(2), 67-80.

Kusnadi, J. (2021). Evaluasi kerentanan jalan terhadap kecelakaan. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 6(1), 23-34.

Lestari, P. (2020). Pengelolaan jalan dan dampaknya pada keselamatan. Jurnal Ilmu Bangunan, 9(3), 150-162.

Mardiana, S. (2020). Strategi mitigasi kecelakaan di jalan raya. Jurnal Pembangunan Manusia, 7(1), 102-115.

Nugroho, B. (2023). Analisis risiko kecelakaan lalu lintas. Jurnal Kebijakan Konstruksi, 10(1), 33-47.

Putra, A. (2020). Mitigasi kecelakaan dan pengelolaan jalan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 6(2), 90-105.

Rizal, H. (2021). Penilaian keselamatan jalan dan dampak pengguna. Jurnal Teknik dan Konstruksi, 7(2), 75-89.

Sari, Y. (2020). Penilaian dan perbaikan infrastruktur jalan. Jurnal Sains dan Teknologi, 3(3), 45-60.

Wahyuni, L. (2022). Evaluasi sistem lalu lintas di perkotaan. Jurnal Teknik Konstruksi, 4(1), 67-80.

Zulkifli, M. (2022). Rekomendasi untuk peningkatan infrastruktur jalan. Jurnal Manajemen Proyek, 2(3), 201-215.

Downloads

Published

2025-04-30