Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 34 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/eco.v24i3.4624Keywords:
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis, Berkeberagaman Global, Gotong RoyongAbstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman guru mengenai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sudah cukup baik. (2) Penerapan langkah-langkah Projek dimulai dengan pembentukan tim fasilitator. Pembelajaran berbasis proyek (PBL) telah mencapai 50%. Tema yang dipilih adalah Suara Demokrasi, Kewirausahaan, dan Bangunlah Jiwa Raga, dengan dimensi Bernalar Kritis, Berkeberagaman Global, dan Gotong Royong. Projek dilakukan sekali seminggu, dan modul disusun melalui diskusi. Assesmen terdiri dari penilaian formatif dan sumatif. Pelaksanaannya menggunakan pendekatan student center. Hasil projek dilaporkan dua tahap: setelah setiap tujuan pembelajaran dan setelah seluruh projek selesai. Evaluasi dilakukan dengan cara diskusi dua arah dan refleksi menggunakan rubrik. (3) Faktor pendukung Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 34 Makassar meliputi sarana prasarana memadai, pendidik yang bersemangat, dan banyaknya sumber belajar. Faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, kurangnya minat peserta didik, sulitnya mengintegrasikan niai pancasila kedalam mata pelajaran lain, belum semua angkatan melaksanakan kurikulum merdeka, dan beberapa peserta didik hanya memanfaatkan waktu untuk bermain game online di sekolah. (4) Upaya guru untuk mengatasi faktor penghambat meliputi mengatur ulang jadwal, membuat kegiatan yang partisipatif, menyediakan contoh praktik baik tentang bagaimana mengaitkan nilai pancasila kedalam mata pelajaran lain, fasilitator diharapkan mampu mengkonfirmasi kesiapan hadir minimal 1 hari sebelum, menetapkan aturan bagi peserta didik yang membawa hp ke sekolah.
Downloads
References
Aini, N., & Asror, M. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pada Jenjang Sd/Mi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 16-24.
Astomo, P. (2021). Politik Hukum Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional Yang Responsif Di Era Globalisasi. Masalah-Masalah Hukum, 50(2), 172-183.
Aulia, D. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 122-133.
Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirnan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 105-118.
Ma’ruf, M. F. (2020). Implementasi Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dewantara: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 6(2), 93-102.
Mulyani, F. (2017). Konsep kompetensi guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (kajian ilmu pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1-8.
Suradi, A. (2018). Pendidikan berbasis multikultural dalam pelestarian kebudayaan lokal nusantara di era globalisasi. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(1), 111-130.
Suryani, I. (2015). Perspektif bimbingan dan konseling karier dalam era globalisasi. Jurnal UIN Sumatera Utara, 47.
Sulaiman, A., & Khoiri, Q. (2023). Analisis Kebijakan Islam Pada Pendidikan Tinggi, Sertifikasi Guru Dan Dosen (Dampak UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bagi Guru Madrasah). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5594-5601.
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696-703.
Wulansari, S. (2023). Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Islam pada Dimensi Bernalar Kritis untuk Usia 5-6 Tahun di TK Islam Hidayatullah Semarang. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 519-528.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asri Ainun Mutmainnah, Mustari Mustari, Bahtiar Bahtiar, Najamuddin Najamuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.