PPOT PROGRAM PEMBINAAN ORANG TUA DI SEKOLAH AL FALAH JAKARTA

Authors

  • Parina Parina Sekolah Pascasarjana MPAI UIKA Bogor
  • Budi Handrianto Sekolah Pascasarjana MPAI UIKA Bogor, Indonesia
  • Anung Al-Hamat Sekolah Pascasarjana MPAI UIKA Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v21i1.700

Keywords:

Sinergi, Orang Tua, Sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran program pembinaan orang tua yang dilakukan di Sekolah Al Falah Jakarta, mengetahui latar belakang, tujuan, hambatan dan manfaat program pembinaan orang tua di Sekolah Al Falah yang disebut dengan Program Pelatihan Guru dan Orang Tua (PPOT). Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Kerjasama antara sekolah dan orang tua siswa sangat penting untuk tercapainya tujuan pendidikan. Sinergitas pendidikan di rumah dan sekolah sangat dibutuhkan agar program pendidikan disekolah dapat diteruskan di rumah atau sebaliknya. Pendidikan keluarga merupakan dasar dan kunci pendidikan selanjutnya. Sehingga sentral pendidikan seharusnya ada di rumah. Namun hari ini sentral pendidikan berpindah dari rumah ke sekolah. Orang tua tidak siap menjadi pendidik untuk anak – anaknya. Sekolah Al – Falah mewajibkan orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anaknya tidak hanya menyerahkan sepenuhnya pendidikan kepada sekolah. Orang tua harus mampu menjadi guru yang baik untuk anak – anaknya karena orang tua adalah guru pertama, sekolah membantu orang tua sebagai guru ke dua. Dalam rangka meningkatkan kapasitas orang tua, sekolah mewajibkan kepada orang tua untuk mengikuti program pembinaan yang disebut dengan Program Pelatihan Guru dan orang Tua (PPOT). PPOT di Al Falah dilakukan dengan berbagai macam metode sehingga mampu menyadarkan orang tua sebagai pendidik bagi anak-anaknya dan juga membuat orang tua memiliki skill dalam mendidik anak - anaknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Hamat, A. (2016). Tarbiyah Jihadiyah Imam Bukhari: Studi Analisis Hadist – Hadist Kitab Jihad Wa Syiar Shahih Bukhari. Ummul Qura.

Al-Nahlawi, A. (1996). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Gema Insani Press.

Amin, A. (2018). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat: Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 106–125. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i1.824.

Asy-Syantut, K. A. (2005). Daurut Bait Fii Tarbiyatil Athfalil Muslim, diterjemahkan oleh Rosyad Nurdin dan Y. Nurbayan dengan judul Rumah Pilar Utama Pendidikan Anak. Robbani Press.

Buseri, K. (2014). Dasar, Asas dan Prinsip Pendidikan Islam. IAIN Antasari.

Daradjat, Z. (1994). Pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah. Ruhama.

Fatchurrohman, F. (2012). Kemitraan Pendidikan Membangun relasi sinergis antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. IAIN Salatiga press. http://e-repository. perpus. iainsalatiga.ac.id/2108/

Hardianto, D. (2014). Program Sekolah Orang Tua Siswa Di Sdit Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta. Dinamika Pendidikan, 21(01), Article 01. https://journal.uny.ac.id/ index.php/dinamika-pendidikan/article/view/2852

Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam: Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. LPPPI.

Ilyasir, F. (2017). Pengembangan Pendidikan Islam Integratif di Indonesia; Kajian Filosofis dan Metode Implementasi. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 36–47. https://doi.org/10.21927/literasi. 2017.8(1).36-47

Jainuddin, J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Latihan Menyelesaikan Soal Secara Sistematis Pada Siswa Kelas XI. IPA1 SMA Negeri 2 Sungguminasa. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(3), 44-52.

Kasali, R. (2019). SENTRA Membangun Kecerdasan dan Kemampuan Anak Sejak Usia Dini, Demi Masa Depan yang Cemerlang. Mizan.

Maturidi, M. (2016). Prinsip Perencanaan Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Quran. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 10(1), 277–296.

Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI Press.

Moleong, Lexy. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Prenadamedia.

Raharjo, M. (2019). Jenis dan Metode Penelitian Kualitatif. https:// www.uin-malang.ac.id/r/100601 /jenis-dan-metode-penelitian-kualitatif.html

Ridwan. (2020). Profil Sekolah Al Falah Personal communication.

Sekolah Al Falah: Orang Tua Wajib Terlibat. (2015, November). Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen PAUD Dan DIKMAS, 1, 44.

Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23–46. https:// doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Sulasmi, S. (n.d.). Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga di Surabaya pada Hari Sabtu, Tanggal 18 Desember 2010. 34.

Sulasmi, S. (2018). Peran Variabel Perilaku Belajar Inovatif, Intensitas Kerjasama Kelompok, Kebersamaan Visi Dan Rasa Saling Percaya Dalam Membentuk Kualitas Sinergi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 13(2), 219–237. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2009.v13.i2.295

Syantut, K. A. (2019). Rumahku Madrasah Pertamaku. Maskana Media.

Tafsir, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islami. PT. Remaja Rosdakarya.

Wismiarti. (2020). Program Pembinaan Orang Tua Siswa Sekolah Al Falah Personal communication.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Downloads

Published

2021-04-30