PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) SEBAGAI IMPLEMENTASI KAMPUS MERDEKA TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Authors

  • Hilmi Hambali Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurul Fadhilah Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Herdianty R Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Masryam Hamid Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

PjBL, Keterampilan Kolaborasi, Kampus Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa pendidikan Biologi FKIP Unismuh Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One- Shot Case Study. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan Biologi yang memprogramkan mata kuliah Gizi dan kesehatan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur keterampilan kolaborasi mahasiswa adalah instrumen non tes yang terdiri dari rubrik dan angket. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis data statistik deskriktif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan kolaborasi mahasiswa saat dibelajarkan menggunakan model Project Based Learning yaitu sebanyak 16 dari 26 mahasiswa berhasil mencapai skor di atas level 1. Sedangkan untuk uji inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2020-12-04