PENGEMBANGAN KOMODITI PERTANIAN TANAMAN PANGAN BERBASIS AGRIBISNIS KABUPATEN SIDRAP

Authors

  • Rusida - Dosen Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma Palopo

Keywords:

Komoditi Unggulan, Tanaman Pangan, Agribisnis

Abstract

Sektor pertanian merupakan sektor utama pendukung perekonomian Kabupaten Sidrap, khususnya subsektor pertanian tanaman pangan yang memiliki potensi cukup besar dalam peningkatan perekonomian daerah secara signifikan. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis komoditi yang menjadi potensi unggulan sektor pertanian tanaman pangan Kabupaten Sidrap dan mengetahui seberapa besar konstribusi sektor pertanian dalam arti luas terhadap PDRB Kabupaten Sidrap yang dilakukan melalui pendekatan agribisnis. Tahapan untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini yaitu analisis Location Question (LQ) dan Analisis Struktur Ekonomi (Shift Share).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komoditi yang menjadi potensi unggulan sektor pertanian tanaman pangan di Kabupaten Sidrap adalah jenis komoditi padi sawah berlokasi di Kecamatan Baranti, Panca Rijang, Maritengngae, Watang Sidenreng, Pitu Riawa, Dua Pitue dan Pitu Riase. Jenis komoditi jagung berlokasi di Kecamatan Panca Lautang, Tellu Limpoe, Watang Pulu, Panca Rijang dan Kulo. Jenis Komoditi ubi kayu berlokasi di Kecamatan Watang Pulu, Watang Sidenreng, Dua Pitue dan Pitu Riase. Jenis komoditi ubi jalar berlokasi di Kecamatan Baranti dan  Pitu Riase. Jenis komoditi kacang kedelai berlokasi di Kecamatan Pitu Riawa. Jenis Komoditi kacang hijau berlokasi di Kecamatan Pitu Riawa. Dari hasil analisis Shift-Share, konstribusi sektor pertanian dalam arti luas terhadap PDRB Kabupaten Sidrap untuk sektor  kegiatan ekonomi tahun 2013 sebesar 33,43% dan tahun 2014 sebesar 33,89% atau mengalami kenaikan sebesar 0,46%.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-06-02