PENGARUH FASILITAS KESEHATAN, TARIF DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KEPERCAYAAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PAREPARE

Authors

  • Abd. Rifai - Dosen STIE AMSIR PAREPARE

Keywords:

Kepercayaan, Fasilitas, Tarif, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Kepercayaan pasien merupakan elemen penting dalam mengevaluasi kualitas layanan  jasa. Kualitas pelayanan yang baik di rumah sakit, akan menciptakan kepercayaan pasien. Penelitian ini adalah eksplanatory research, dengan populasi adalah pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Parepare.
Metode pengambilan sampel adalah Non Probability dengan menggunakan  purposive  sampling dan accidental sampling Alat  pengukuran yaitu, sarana kesehatan, tarif, komunikasi interpersonal dan kepuasan pasien dengan skala pengukuran yaitu skala likert. 
Analisa data digunakan yaitu correlation product moment person. Besarnya pengaruh variabel fasilitas kesehatan terhadap  kepercayaan pasien adalah sebesar 0.796, pengaruh  tarif layanan terhadap kepuasan pasien adalah sebesar 0.504, sedangkan komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan pasien sebesar 0,697. Pengaruh terbesar terhadap kepercayaan pasien adalah fasilitas kesehatan yang di berikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Parepare. Pengaruh fasilitas kesehatan, tarif, dan komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan pasien memiliki hubungan yang kuat yaitu sebesar 0,729.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-06-02