PENGARUH FASILITAS KESEHATAN, TARIF DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KEPERCAYAAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PAREPARE
Keywords:
Kepercayaan, Fasilitas, Tarif, Komunikasi InterpersonalAbstract
Kepercayaan pasien merupakan elemen penting dalam mengevaluasi kualitas layanan jasa. Kualitas pelayanan yang baik di rumah sakit, akan menciptakan kepercayaan pasien. Penelitian ini adalah eksplanatory research, dengan populasi adalah pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Parepare.
Metode pengambilan sampel adalah Non Probability dengan menggunakan purposive sampling dan accidental sampling Alat pengukuran yaitu, sarana kesehatan, tarif, komunikasi interpersonal dan kepuasan pasien dengan skala pengukuran yaitu skala likert.
Analisa data digunakan yaitu correlation product moment person. Besarnya pengaruh variabel fasilitas kesehatan terhadap kepercayaan pasien adalah sebesar 0.796, pengaruh tarif layanan terhadap kepuasan pasien adalah sebesar 0.504, sedangkan komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan pasien sebesar 0,697. Pengaruh terbesar terhadap kepercayaan pasien adalah fasilitas kesehatan yang di berikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Parepare. Pengaruh fasilitas kesehatan, tarif, dan komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan pasien memiliki hubungan yang kuat yaitu sebesar 0,729.