FAKTOR PENYEBAB DAN DAMPAK EKONOMI-SOSIAL KEPUTUSAN TEMPORARY MIGRATION SEKTOR PERTANIAN PADA SAAT LEAN SEASON DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Rizka Jafar Fakultas Ekonomi, Universitas Bosowa
  • Ripa Fajarina Laming Fakultas Ekonomi, Universitas Bosowa
  • Wayrohi Meilvidiri Fakultas Ekonomi, Universitas Bosowa

Keywords:

Migrasi Temporer, Lean Season, Kota Makassar

Abstract

Migrasi temporer di Kota Makassar disebabkan oleh kehidupan di daerah pedesaan yang bergantung pada siklus pertanian. Siklus pertanian yang bergantung pada alam dan musim mengakibatkan terdapat waktu di mana para petani tidak memiliki aktivitas pertanian (lean season). Pada saat ini, hampir tidak ada aktivitas pertanian sehingga angka kemiskinan dan tingkat pengangguran musiman pekerja di sektor pertanian akan menjadi tinggi. Petani juga menghadapi kekurangan pendapatan yang diiringi dengan kenaikan harga beras dan komoditas lain, sehingga daya beli rumah tangga petani akan menjadi turun. Dengan demikian, perilaku migrasi pekerja pertanian dari daerah pedesaan ke kota dianggap sebuah tindakan yang dapat memenuhi kebutuhannya serta keluarganya dalam jangka pendek selama lean season. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap faktor penyebab dan dampak ekonomi-sosial keputusan temporary migration sektor pertanian pada saat lean season di Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis mix methods. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan cara metode survei. Sedangkan pendekatan kuantitatif dilakukan dengan cara mengkonversi data primer dari respoden dan beberapa instansi terkait yang kemudian diregresi dengan alat bantu aplikasi statistik Amos 21.
Hasil temuan statistik menemukan bahwa secara langsung variabel household condition tidak berpengaruh terhadap migration cost. Variabel agricultural season berpengaruh positif (0.557) signifikan (0.004) pada taraf 1% terhadap migration decision Sedangkan, migration cost tidak memengaruhi keputusan bermigrasi. Keputusan melakukan migrasi temporer pada saat lean season ini secara jangka panjang menimbulkan dampak sosial dan ekonomi baik di daerah asal maupun di Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2019-01-08