ANALISIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KESEHATAN WARGA DI KAWASAN PEMUKIMAN TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR TAMANGAPA

Authors

  • Nia Astarina Mas’ud Bagian Hukum Kesehatan, Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar
  • Indar - Bagian Hukum Kesehatan, Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar
  • Haeranah - Bagian Hukum Kesehatan, Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar

Keywords:

perlindungan hukum kesehatan, TPA Tamangapa, Perlindungan hukum kesehatan, TPA Tamangapa

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perlindungan hukum bagi kesehatan warga di kawasan pemukiman TPA Tamangapa dan peranan pemerintah Kota Makassar dalam menjamin kesehatan warga disekitar TPA Tamangapa.
Penelitian ini berupa penelitian normatif dan empiris, yaitu meneliti data sekunder lebih dahulu dilanjutkan dengan meneliti data primer di lapangan. Data dianalisis dan disajikan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar warga telah lama bermukim di kawasan TPA Tamangapa dan sebagian besarnya merasa terganggu dengan keberadaan TPA apalagi mengenai pencemaran udaranya walaupun sebagian besar warga tidak mengalami keluhan kesehatan. Penegakan hukum terhadap kesehatan warga diatur dalam perundangundangan. Perlindungan hukum kesehatan warga disekitar TPA Tamangapa dilaksanakan oleh Puskesmas dan Pustu setempat dibawah instruksi dari Dinas Kesehatan. Warga juga memiliki kesadaran untuk berobat ke Puskesmas jika sakit dan mengikuti penyuluhan oleh Puskesmas. ISPA merupakan penyakit terbesar jumlah penderitanya pada bulan September – November 2017. Warga juga menggunakan air PDAM dalam kegiatan sehari-hari. Sementara untuk saran terkait keberadaan TPA Tamangapa sebagian besar warga meminta untuk dipindahkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2018-09-06