RESOLUSI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Authors

  • Ghaliyah Nimassita Triseptya Universitas Patria Artha Makassar
  • Eki Dita Riandika Universitas Patria Artha Makassar
  • Nuroktaviana - Universitas Patria Artha Makassar

Keywords:

goal setting, profesi akuntan, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), goal setting, profesi akuntan, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Abstract

Masyarakat indonesia kini telah memasuki lingkungan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak akhir tahun 2015. Berlakunya MEA menyebabkan semua kantor jasa akuntansi ASEAN bisa beroperasi di Indonesia. Di Indonesia sendiri, perbandingan ketersediaan akuntan profesional dengan kebutuhan dunia kerja, masih kurang. Hal ini adalah kesempatan bagi akuntan Indonesia untuk menunjukkan keahlian, pengetahuan dan semangat dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resolusi mahasiswa jurusan akuntansi dalam menghadapi MEA. Penelitian ini dikategorikan penelitian kualitatif dan menggunakan metode wawancara tertulis. Penelitian ini dilakukan di 2 Perguruan tinggi swasta dan 2 perguruan tinggi negeri. Hasil penelitian menunjukkan pada umumnya membahas mengenai resolusi, strategi dan dukungan lingkungan dalam proses belajar mahasiswa akuntansi mencapai resolusi untuk menghadapi MEA. Penelitian ini juga membahas tentang tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran di kampus saat ini dan masukan mahasiswa sebagai agent of change terhadap sistem pengajaran untuk dapat menciptakan akuntan profesional dalam menghadapi MEA. 

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2018-09-06