PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP DAYA INGAT PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS BOSOWA MAKASSAR

Authors

  • Andi Budhy Rakhmat Dosen Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar

Keywords:

Brain Gym, Daya Ingat

Abstract

Daya ingat memainkan peranan yang penting dalam proses belajar. Sebagian besar aktifitas belajar melibatkan fungsi kognitif terutama daya ingat yang pada prosesnya menyerap, mengolah dan menyimpan berbagai informasi yang telah dipelajari. Kegagalan dalam mempertahankan informasi yang diterima menyebabkan individu tidak mampu menggunakan informasi yang telah diterimanya untuk kemudian dimanfaatkan pada waktu datang apabila dibutuhkan. Begitupun halnya dalam proses belajar dalam sebuah institusi pendidikan, rendahnya daya ingatĀ  berpengaruh pada efektifitas belajar dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran.
Brain gym merupakan kumpulan gerakan sederhana yang dirancang untuk memudahkan kegiatan belajar. Melalui Brain Gym fungsi lateralisasi, pemfokusan dan pemusatan yang terlibat dalam proses belajar pada otak akan distimulasi. Tujuannya agar otak dapat berfungsi optimal dalam menjalankan fungsi-fungsinya. Gerakan-gerakan ringan pada brain gym melalui olah tangan dan kaki akan memberikan rangsangan pada otak sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti daya ingat, konsentrasi, kemampuan pemecahan masalah dan sebagainya.
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana pengaruh brain gym terhadap daya ingat mahasiswa fakultas psikologi di universitas Bosowa Makassar. Kajian terdahulu dalam sampel yang bebeda mengenai pengaruh brain gym terhadap daya ingat telah banyak dilakukan. Hasilnya terdapatĀ  peningkatan yang bermakna terhadap daya ingat setelah diberikannya brain gym.
Dalam pelaksanaan penelitian, tidak semua gerakan brain gym digunakan. Gerakangerakan brain gym akan disesuaikan dengan kepentingan penelitian. Daya ingat akan diukur menggunakan Digit Span yang merupakan bagian dari tes WAIS. Rancangan penelitian ini berupa Quasi Eksperimen dengan desain pretest-posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi Universitas Bososwa Makassar. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan paired sample t-test.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2018-02-08