PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, RESPON MAHASISWA
Keywords:
Think Pair Share (TPS), Inkuiri Terbimbing, Aktivitas, Motivasi, Respon Mahasiswa, Think Pair Share (TPS), Inkuiri Terbimbing, Aktivitas, Motivasi, Respon MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS melalui pendekatan inkuiri dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan respon mahasiswa pada mata kuliah kimia anorganik..Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat deskriptif. Subjek penelitianadalah mahasiswa Biologi 1 semester I dengan jumlah mahasiswa 22 orang dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi, dan angket.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas, motivasi, respon Mahasiswa yang dibelajarkan melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Peningkatan aktivitas mahasiswa dari siklus I kesiklus II yakni73,83% menjadi 84,50% yang berarti mengalami peningkatan sebesar 10,67%. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TPS juga mengalami peningkatan sebesar 40,62% dimanapada siklus I sebesar 59,38% menjadi 100% pada siklus II. Sebanyak 83,33% siswa pada siklus I termotivasi belajar kimia sedangkan pada siklus II sebanyak 96,67% yang berarti ada peningkatan sebesar 13,34%. Aspek psikomotorik juga mengalami peningkatan yakni 84,38% menjadi 93,75%. Hal ini mengakibatkan hasil belajar kimia (aspek kognitif) secara klasikal mengalami perubahan dari 59,38% menjadi 96,88% yang berarti ada peningkatan sebesar 37,50%.