STUDI PENCEMARAN LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) PADA PERMUKAAN DAN SEDIMEN DI PERAIRAN PANTAI TIDORE KOTA TIDORE KEPULAUAN

Authors

  • Ainuddin - Dosen Program Studi Ilmu Kelautan Fakulktas Ilmu Kelautan Universitas Nuku

Keywords:

Pelabuhan Rum, Pelabuhan Goto, Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI), Spektrofotometrik Serapan Atom (SSA)

Abstract

              Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsentrasi logam berat kadmium (Cd) pada permukaan perairan dan pada sedimen dan sekaligus untuk mengetahui kualitas air di perairan Pantai Tidore Kota Tidore Kepulauan.  Penelitian ini dilakukan pada 3 stasiun yaitu di Pelabuhan Rum , Pelabuhan Goto dan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Kota Tidore Kepulauan.
              Penelitian ini merupakan penelitian survey dan laboratorium, dimana pengambilan sampel dilakukan secara langsung di lapangan kemudian dianalisis menggunakan Spektrofotometrik Serapan Atom (SSA) yang dilakukan di Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit Menular Kelas I Manado.
              Berdasarkan hasil pengukuran kualitas perairan di lokasi penelitian ditinjau dari parameter fisika kimia umumnya masih layak untuk kehidupan bagi organisme perairan atau biota laut demikian pula konsentrasi dan bahan pencemar logam berat kadmium (Cd) yang ditemukan baik pada permukaan perairan maupun sedimen di perairan Kota Tidoe Kepulauan sesuai uji laboratorium nilai konsentrasinya masih dibawah ambang batas (NAB) yang diperkenankan.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-09-18