PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN VOCASIONAL YANG EFEKTI UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS ANAK PANTI ASUHAN DI KOTA MAKASSAR
Keywords:
Model Pelatihan Vocasional Life Skills, Kompetensi KeterampilanAbstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendesain Model Pelatihan Vocasional dan perangkat pelatihan yang efektif, sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan mutu pelatihan khususnya pelatihan yang dilaksanakan bagi anak panti asuhan di kota Makassar. Pelatihan yang dilaksanakan selama ini tidak sesuai harapan, mengutip data World Economic Forum 2014, bahwa indeks daya saing Indonesia pada tahun 2014-2015 menduduki peringkat ke-34 dari 144 negara yang ada di dunia dan salah satu pilar yang dinilai adalah pendidikan dan pelatihan (Republika 2014 : 1). Model pelatihan Vocasional Life Skills (Model PVLS) dikembangkan berdasarkan alur pengembangan Borg and Gall (2003) dengan empat tahap yaitu (a) studi pendahuluan, (b) Pengembangan Produk, (c) validasi Model dan (d). uji coba lapangan. Subyek penelitian adalah adalah anak panti asuhan yang ada di kota Makassar.Teknik pengumpulan data adalah (a) observasi, (b) wawancara, (c) studi dokumentasi, (d) uji kompetensi. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah model PVLS yang divalidasi oleh validator setelah itu diujicobakan untuk mengetahui keefektifan model. Untuk menganalisis perolehan data tersebut digunakan analisis deskriptif kualitatif yang hasilnya efektif dalam meningkatkan kompetensi keterampilan anak panti asuhan.