MODEL KINERJA KOPERASI MASYARAKAT PESISIR

(Studi Koperasi Pada Tiga Kabupaten Kawasan Pesisir di Sulawesi Selatan)

Authors

  • Muhlis Ruslan Dosen Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Bosowa

Keywords:

Masyarakat Pesisir, Kinerja Lembaga Koperasi, Kesejahteraan Anggota

Abstract

Kinerja koperasi masyarakat pesisir diorientasikan pada peningkatan kesejahteraan anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis kesejahteraan anggota melalui kinerja kelembagaan koperasi pada tiga kawasan pesisir di Sulawesi Selatan.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Studi kasus digunakan untuk menguji kinerja kelembagaan, dan kesejahteraan anggota. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis SEM (Structural Equation Modelling).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja kelembagaan koperasi ditandai dengan pertumbuhan usaha yang dijalankan, pertambahan  hasil usaha yang dicapai dalam kurun waktu tertentu, perkembangan jumlah usaha yang dikelola koperasi, tingkat pertambahan jumlah anggota, tingkat pertambahan  penyertaan modal anggota, tingkat pertambahan pendapatan anggota, tingkat perkembangan sisa hasil usaha (SHU), tingkat efisiensi pengelolaan  hasil usaha, dan tingkat penerimaan SHU tepat waktu. Kesejahteraan anggota ditandai dengan peluang membiayai pendidikan anggota koperasi, peluang memenuhi kebutuhan mengikuti jenjang pendidikan anggota, peluang memenuhi kebutuhan mengikuti kegiatan kursus keterampilan bagi anggota,  tingkat kelancaran dan produktivitas usaha anggota, perkembangan pangsa pasar, peningkatan volume penjualan, dan  peningkatan penghasilan usaha anggota.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-12-15