Analisis Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karuwisi Makassar

Authors

  • Cicilia Cicilia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa
  • Muhammad Bakri Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pasccasarjana, Universitas Bosowa
  • A. Rizal Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Universitas Bosowa

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Ular Tangga, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui analisis media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karuwisi Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan penedekatan deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karuwisi Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pembelajaran bahasa Indonesia media permainan ular tangga terbukti efektif untuk meningkatkan berbagai keterampilan siswa, seperti menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, serta keterampilan sosial dan kerja sama. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti kesulitan dalam mendapatkan pemahaman komprehensif siswa dan fokus siswa pada aspek permainan. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan evaluasi yang holistik dan beragam, serta penggunaan metode yang tepat untuk memastikan semua siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan mencapai hasil belajar yang optimal.

References

Alvisari, D. (2017). Efektivitas Permainan Tradisional Pada Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(2), 122–129.

Amanda, N., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Budel (Buku Berjendela) pada Tema Keluargaku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17384

Atmoko, D. (2019). Pelaksanaan Perjanjian Serta Perlindungan Hukum Praktek Bisnis Waralaba Di Indonesia. Krtha Bhayangkara, 13(1), 44–75. https://doi.org/10.31599/krtha.v13i1.14

Dharma, K. Y., Sugihartini, N., & Arthana, I. K. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Dengan Model Pembelajaran Klasikal Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Tk Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 298–307. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14481

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., Setiawati, F. A., & Amalia, R. N. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454

Sitorus, J., Ndona, Y., & Saragi, D. (2022). Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 107955 Lubuk Pakam. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 477–481. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1889

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Cicilia, C., Bakri, M., & Rizal, A. . (2025). Analisis Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karuwisi Makassar. EduPrimaria of Journal, 1(1), 54–60. Retrieved from https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4387