Analisis Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karuwisi Makassar
Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Ular Tangga, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui analisis media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karuwisi Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan penedekatan deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karuwisi Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pembelajaran bahasa Indonesia media permainan ular tangga terbukti efektif untuk meningkatkan berbagai keterampilan siswa, seperti menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, serta keterampilan sosial dan kerja sama. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti kesulitan dalam mendapatkan pemahaman komprehensif siswa dan fokus siswa pada aspek permainan. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan evaluasi yang holistik dan beragam, serta penggunaan metode yang tepat untuk memastikan semua siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan mencapai hasil belajar yang optimal.
References
Alvisari, D. (2017). Efektivitas Permainan Tradisional Pada Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(2), 122–129.
Amanda, N., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Budel (Buku Berjendela) pada Tema Keluargaku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17384
Atmoko, D. (2019). Pelaksanaan Perjanjian Serta Perlindungan Hukum Praktek Bisnis Waralaba Di Indonesia. Krtha Bhayangkara, 13(1), 44–75. https://doi.org/10.31599/krtha.v13i1.14
Dharma, K. Y., Sugihartini, N., & Arthana, I. K. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Dengan Model Pembelajaran Klasikal Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Tk Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 298–307. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14481
Izzaty, R. E., Ayriza, Y., Setiawati, F. A., & Amalia, R. N. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454
Sitorus, J., Ndona, Y., & Saragi, D. (2022). Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 107955 Lubuk Pakam. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 477–481. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1889
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cicilia Cicilia, Muhammad Bakri, A. Rizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.