EduPrimaria of Journal https://journal.unibos.ac.id/epj <p><strong>EduPrimaria</strong><strong> of Journal</strong> merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara peer review memiliki e-ISSN: xxxx-xxxx (Online - Elektronik), dan p-ISSN: xxxx-xxxx (Print- Cetak) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bosowa. Terbit dua kali dalam satu tahun.</p> <p><strong>EduPrimaria</strong><strong> of Journal</strong> menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan bahasa dan sastra dan pendidikan anak usia dini. Bagi penulis yang memiliki artikel pada bidang ini dapat disesuaikan dengan panduan penulisan dan template kemudian disubmit secara online di website jurnal dengan melakukan registrasi terlebih dahulu.</p> en-US burhan@universitasbosowa.ac.id (Burhan) irwandi@universitasbosowa.ac.id (Andi Irwandi) Wed, 29 Jan 2025 14:00:40 +0800 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SDN Tamalanrea Kota Makassar https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4309 <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis digital terhadap hasil belajar siswa kelas IV di UPT SPF SDN Tamalanrea Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B sebanyak 56 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi yang dianalisis dengan analisis deskriptif, prasyarat, dan uji-t. Dari hasil analisis data terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif kelas IV A dan kelas IV B, dimana hasil belajar kelas IV B sebagai kelompok eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar kelas IV A sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t (Independent sampel test) diperoleh thitung &gt; ttabel = 5,405 &gt; 1,673, dimana nilai sig. (2-Tailed) sebesar 0,00 maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis digital berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SDN Tamalanrea Kota Makassar</p> Fiqrah Syalwana Akbar, Burhan Burhan , Susalti Nur Arsyad Copyright (c) 2025 Fiqrah Syalwana Akbar, Burhan Burhan , Susalti Nur Arsyad https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4309 Wed, 29 Jan 2025 00:00:00 +0800 Pengaruh Penguasaan ICT (Information And Communication Technology) Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar Negeri Di Gugus 4 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4310 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan ICT (<em>information and communication technology</em>) terhadap kinerja mengajar guru sekolah dasar negeri di gugus 4 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar negeri yang berada di gugus 4 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar yang berjumlah 38 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penguasaan ICT terhadap kinerja mengajar guru dilihat dari regresi linear yang memiliki persamaan bernilai positif</p> Amelia Paramma, Burhan Burhan, Ahmad Swandi Copyright (c) 2025 Amelia Paramma, Burhan Burhan, Ahmad Swandi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4310 Wed, 29 Jan 2025 00:00:00 +0800 Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Dampaknya Terhadap Minat Belajar Siswa UPT SPF SD Kalukuang IV Kota Makassar https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4311 <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa di UPT SPF SD Negeri Kalukuang IV Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Siswa kelas IV B di UPT SPF SD Negeri Kalukuang IV menjadi subjek dalam penelitian ini, dengan jumlah partisipan dalam penelitian ini berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada subjek penelitian dan melakukan observasi pembelajaran dikelas serta dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka berdampak positif terhadap minat belajar siswa di UPT SPF SD Negeri Kalukuang IV. Minat belajar siswa dalam penerapan kurikulum merdeka dapat dilihat melalui beberapa indikator kurikulum merdeka dan minat belajar itu sendiri. Hal tersebut dibuktikan dari hasil observasi dan wawancara dengan banyaknya ungkapan yang mendukung terhadap implementasi kurikulum merdeka</p> Cahyani Ayu Lestari, Sundari Hamid, Nurwidyayanti Nurwidyayanti Copyright (c) 2025 Cahyani Ayu Lestari, Sundari Hamid, Nurwidyayanti Nurwidyayanti https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4311 Wed, 29 Jan 2025 00:00:00 +0800 Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di SD Inpres Paropo Kota Makassar https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4313 <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Inpres Paropo Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, satu guru kelas rendah dan satu guru kelas tinggi, dua siswa kelas rendah dan dua siswa kelas tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemnetasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Inpres Paropo diterapkan melalui pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari seperti, kegiatan rutin, spontan, keteladanan, pengkondisian, budaya sekolah dan diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran. Namun, masih terdapat faktor penghambat, yakni karakter peserta didik yang beragam dan lokasi sekolah yang belum memiliki pembatas dengan rumah masyarakat setempat. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Inpres Paropo sudah diupayakan namun belum maksimal karena masih terdapat sejumlah faktor penghambat dalam pelaksanaannya.</p> Milkana Takko, Mas’ud Muhammadiah, Nurwidyayanti Nurwidyayanti Copyright (c) 2025 Milkana Takko, Mas’ud Muhammadiah, Nurwidyayanti Nurwidyayanti https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4313 Wed, 29 Jan 2025 00:00:00 +0800 Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar Inpres Paccerakkang Kota Makassar https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4315 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Guru wali kelas Vc, kepala sekolah dan siswa kelas Vc dengan jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 7 orang di SD Inpres Paccerakkang yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan wawancara pada subjek penelitian dan melakukan observasi pembelajaran di kelas yang diampunya serta dengan melakukan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wali kelas guru Vc ini telah menggunakan beberapa strategi dalam menanamkan karakter disiplin kepada peserta didik. Strategi tersebut seperti menerapkan didiplin positif, membuat kesepakatan kelas dan restitusi, melakukan pembiasan kepada peserta didik, mempusatkan perhatian peserta didik ketika ingin memulai pembelajaran, melakukan pendekatan diri pada peserta didik, memberikan motivasi dan contoh langsung atau keteladanan kepada peserta didik.</p> Nurhikma Nurhikma, Burhan Burhan, Nurwidyayanti Nurwidyayanti Copyright (c) 2025 Nurhikma Nurhikma, Burhan Burhan, Nurwidyayanti Nurwidyayanti https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4315 Wed, 29 Jan 2025 00:00:00 +0800 Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membangun Karakter Kreatif Siswa Di UPT SPF SD Inpres Panaikang 1/1 Kota Makassar https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4317 <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan profil pelajar Pancasila dalam membangun karakter kreatif siswa di UPT SPF SD Inpres Panaikang 1/1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila siswa dapat membangun karakter kreatif siswa dan dimensi profil pelajar Pancasila lainnya. Selain itu, siswa diberi ruang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membangun karakter siswa di UPT SPF SD Inpres Panaikang 1/1 Kota Makassar terimplementasi dengan baik.</p> Desi Desi, Burhan Burhan, Nurwidyayanti Nurwidyayanti Copyright (c) 2025 Desi Desi, Burhan Burhan, Nurwidyayanti Nurwidyayanti https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4317 Wed, 29 Jan 2025 00:00:00 +0800 Implementasi Project Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Di SDN Tamalanrea https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4322 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi project-based learning sebagai model pembelajaran dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka di SDN Tamalanrea kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Guru dan siswa di SDN Tamalanrea menjadi subjek dalam penelitian ini, dengan jumlah partisipan 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada subjek penelitia dan melakukan observasi pembelajaran dikelas yang diampunya serta dengan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Penerapan Project Based Learning Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Di SDN Tamalanrea kota Makassar melalui tahap 1). Perencanaan yang terdiri dari pembentukan tim proyek, memilih tema umum, menentukan topik, menentukan dimensi, elemen, dan sub-elemen profil pelajar pancasila, dan menyusun modul ajar, 2). Pelaksanaan, terdiri dari melakukan sosialisasi dengan orangtua siswa, menjalankan pembelajaran yang berpusat pada siswa, guru senantiasa membimbing siswa, kegiatan pembelajaran yang bervariasi, dan diadakannya perayaan belajar atau pameran, 3). Pasca pembelajaran, terdiri dari hasil karya siswa, refleksi, evaluasi, dan pemahaman baru siswa tentang isu yang berkaitan dengan tema dan topik yang dipilih.</p> Nurul Fitri Amelia, Ifa Safira, Tismi Dipalaya Copyright (c) 2025 Nurul Fitri Amelia, Ifa Safira, Tismi Dipalaya https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4322 Wed, 29 Jan 2025 00:00:00 +0800 Manajemen Pendidikan Inklusif Di UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Makassar https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4339 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan inklusif di UPT SPF SDN Kalukuang II Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah perangkat manajemen pendidikan inklusif, dan Sumber Daya Manusia (SDM) dari subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan wali kelas, serta guru pendamping anak berkebutuhan khusus di UPT SPF SDN Kalukuang II Makassar. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan observasi. Data yang dihasilkan dari wawancara dan observasi dianalisis lalu data disajikan kemudian data yang sudah disajikan tersebut disimpulkan sesederhana mungkin sehingga Nampak jelas hasil yang ingin dicapai dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan inklusif di sekolah SDN Kalukuang II Makassar belum berjalan cukup baik. Namun ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki lagi. Meski demikian manajemen di UPT SPF SDN Kalukuang II Makassar cukup baik dalam hal tenaga pendidik yang kompeten serta berpengalaman dalam menghadapi anak inklusif. Sikap kepala sekolah yang ramah dan loyal juga mempengaruhi komunikasi dengan guru maupun orangtua siswa serta membangun religiusitas dengan mengadakan seminar atau pelatihan anti Bullying di sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penanganan anak inklusif akan tertangani dengan maksimal jikalau manajemen pendidikan inklusif ada di sekolah tersebut terutama manajemen dana dan dukungan serta perhatian dari pemerintah.</p> Maryam Maryam, Muhammad Yunus, Ifa Safira Copyright (c) 2025 Maryam Maryam, Muhammad Yunus, Ifa Safira https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4339 Wed, 29 Jan 2025 00:00:00 +0800 Analisis Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karuwisi Makassar https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4387 <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui analisis media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karuwisi Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan penedekatan deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Karuwisi Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pembelajaran bahasa Indonesia media permainan ular tangga terbukti efektif untuk meningkatkan berbagai keterampilan siswa, seperti menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, serta keterampilan sosial dan kerja sama. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti kesulitan dalam mendapatkan pemahaman komprehensif siswa dan fokus siswa pada aspek permainan. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan evaluasi yang holistik dan beragam, serta penggunaan metode yang tepat untuk memastikan semua siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan mencapai hasil belajar yang optimal.</p> Cicilia Cicilia, Muhammad Bakri, A. Rizal Copyright (c) 2025 Cicilia Cicilia, Muhammad Bakri, A. Rizal https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4387 Wed, 29 Jan 2025 00:00:00 +0800 Analisis Sikap Disiplin Peserta Didik Di SDN 1 Rantebua Kabupaten Toraja Utara https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4389 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap disiplin peserta didik di SDN 1 Rantebua Kabupaten Toraja Utara. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan wali kelas 4 di SDN 1 Rantebua Kabupaten Toraja Utara. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap disiplin peserta didik di sekolah SDN 1 Rantebua sudah cukup baik. Sikap disiplin peserta didik di SDN 1 Rantebua dikatakan cukup baik karena sudah ada beberapa siswa yang sudah memiliki sikap disiplin dan guru kelas juga memiliki sikap disiplin yang tinggi sehingga memberikan contoh bagi peserta didik lainnya. Namun di sisi lain ada hambatan maupun kendala dalam proses sikap disiplin peserta didik di SDN 1 Rantebua yaitu peserta didik kurang menyadari pentingnya disiplin dan masih banyak peserta didik yang tidak mau diatur. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sikap disiplin peserta didik akan meningkat jika peserta didik sadar tentang pentingnya sikap disiplin dan guru memiliki sikap disiplin yang tinggi untuk menjadi contoh bagi peserta didik.</p> Jois Aprilia Batau, Muhammad Yunus, Sundari Hamid Copyright (c) 2025 Jois Aprilia Batau, Muhammad Yunus, Sundari Hamid https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4389 Wed, 29 Jan 2025 00:00:00 +0800 Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Rappojawa Nomor 71 Kota Makassar https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4949 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap implementasi kurikulum merdeka di SDN Rappojawa Nomor 71 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Guru di SDN Rappojawa Nomor 71 menjadi subjek dalam penelitian ini, dengan jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada subjek penelitian dan melakukan observasi pembelajaran di kelas yang diampunya serta dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SDN Rappojawa Nomor 71 Kota Makassar belum seluruhnya memahami kurikulum merdeka baik secara teoretis maupun praktis. Sebagian besar guru di SDN Rappojawa Nomor 71 belum mempunyai pengetahuan yang cukup memadai mengenai kurikulum merdeka sebagai bekalnya dalam melaksanakan kurikulum baru ini.</p> Fina Melani Putri, Muhammad Yunus, Burhan Burhan Copyright (c) 2025 Fina Melani Putri, Muhammad Yunus, Burhan Burhan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/epj/article/view/4949 Wed, 29 Jan 2025 00:00:00 +0800