Peran Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Di SD Negeri 228 Lagaroang Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • Norma Norma Sekolah Dasar Negeri 228 Lagaroang Kabupaten Luwu Timur
  • Sukmawati Marjuni Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Arifuddin Mane Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1480

Keywords:

Analisis, Kinerja Guru, Pembelajaran

Abstract

. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kinerja guru terhadap pelaksanaan sistem pembelajaran di SD Negeri 228 Lagaroang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru terhadap pelaksanaan sistem pembelajaran di SD Negeri 228 Lagaroang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri 228 Lagaroang Kecamatan Malili.  Subjek penelitian adalah Pengawas sekolah, Kepala sekolah, dan Guru di SD Negeri 228 Lagaroang. sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kinerja guru di SD Negeri 228 Lagaroang mengalami peningkatan, dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran tersebut mengacu pada proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pada proses pembelajaran, guru mampu menghadapi kendala dalam situasi apapun dalam lingkungan sekolah. Guru di SD Negeri 228 Lagaroang Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif bagi siswa. Hal tersebut juga tidak lepas dari kualifikasi pendidikan dimana Pemerintah Daerah dan kepala sekolah memfasilitasi guru dengan melakukan evaluasi terhadap kinerja guru, memberikan bimbingan, bantuan, dan pengawasan terhadap masalah yang berkaitan dengan pengembangan pengajaran berupa perbaikan program dan kegiatan belajar mengajar.

The problem formulation in this study is how the teacher's performance towards the implementation of the learning system in SD Negeri 228 Lagaroang. This research aims to find out the performance of teachers towards the implementation of the learning system in SD Negeri 228 Lagaroang.This type of research was qualitative research. The research location was SD Negeri 228 Lagaroang District Malili East Luwu Regency. The subjects of the study were the Superintendent of the school, principal, and teacher at SD Negeri 228 Lagaroang. Data sources were primary data sources and secondary data sources. The data collection techniques used are observation, interview, and documentation. Data analysis techniques used were data reduction, data presentation, and making conclusion.  The results showed that the analysis of teacher performance at SD Negeri 228 Lagaroang had increased, in improving the learning competence it refers to the process of planning, implementing, and evaluating the learning process, teachers were able to face obstacles in any situation in the school environment. Teachers at SD Negeri 228 Lagaroang, Malili District, East Luwu Regency can create a conducive learning atmosphere for students. This is also inseparable from educational qualifications where the Regional Government and school principals facilitate teachers by evaluating teacher performance, providing guidance, assistance, and supervision of problems related to teaching development in the form of program improvements and teaching and learning activities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainsworth, Murray; Neville Smith; Anne Millership, Managing Performance Managing People, terjemahan Tanto Supriyanto, Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer, 2007.

Albi Anggito, et.al, “ Metodologi Penelitian Kualitatif”, Sukabumi : CV. Jejak, 2018

Aunurrahman,” Belajar dan Pembelajaran” Bandung : Alfabeta : 2013

Daryanto, Standar Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Diana Khairani Sofyan, “ Pengaruh Lingkungan kerja Terhadap Kinerja Kerja Pegawai BAPPEDA,” Universitas Malikusaleh, Vol.2, No.1, Tahun 2013.

Didi Pianda, “ Kinerja Guru” ,Sukabumi : CV Jejak, Tahun 2018.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

H. H. Hudoyo, Pengembangan Kurikulum Matematika & Pelaksanaannya Di depan Kelas, Surabaya: Usaha Nasional. 1979

Halsey, G.D., Bagaimana Memimpin & Mengawasi Pegawai Anda, terjemahan Anaf S. Bagindo & M. Ridwan, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Helma Nur, Tesis: Evaluasi Kinerja Guru Tesertifikasi “ Palembang: Universitas PGRI Palembang, 2018.

Ibadullah Malawi,”Evaluasi Pendidikan”, Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA, 2016

Indah Hari Utami, Et.al,”Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta”, Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Ismail, “Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru PAI Dalam Pembelajaran”, Vol.4, No.2, Tahun 2015.

Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional, Pedoman Kinerja, Kualifikasi Dan Kompetensi Guru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Karlof, Bengt dan Svante Ostblom, Banchmarking: A Signpost to Excellence in Quality and Productivity, New York: John Wiley & Sons, 1994.

Mualimul Huda, “Kompetensi Kepribadian Guru dan Motovaso Belajar Siswa”, Vol.11, No.2, Tahun 2017.

Muhammad hasan, “ Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa , Vol.5, No.2,Tahun 2017.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosdakarya, 2005

Nasution, Dedaktik Asas – asas Mengajar, Bandung: Jemmars, 2009

Nana Sudjana, “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017

Nurdin, Syafruddin, Guru Profesional & Implementasi Kurikulum, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Oemar Hamalik, Guruan Guru, Konsep Dan Strategi, Bandung: Mandar Maju, 2005

Partanto, Pius A. & M. Dahlan Al Barry, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arbola, 1994

Rulitawati et.al,”Model Pengelolaan Kinerja Guru” Palembang : Tunas Gemilang Pres, tahun 2020.

Samsudin, Sadili, Manajemen Sumber Daya, Bandung: Pustaka Setia, 2006

Sanjaya, Wina, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi,Jakarta: Prenada Media, 2005.

Silverius, Suke, Guru Pahlawan yang Dipahlawankan Dalam Persebaran Guru Menurut Kebutuhan Sekolah, dalam Selintas Pendidikan Indonesia Di awal Tahun 2003: Tujuh Isu Pendidikan, Jakarta: Depdiknas, 2003.

Siti Suprihatin, “ Upaya Guru Dalam Meningkatka Motivasi Belajar siswa,” Universitas Muhammadiyah Metro, Vol.3, No.1,Tahun 2015.

Syafruddin Nurdin, Guru Profesional & Implementasi Kurikulum, Jakarta: Quantum Teaching, 2005

Undang-Undang Guru dan Dosen, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Uno, Hamzah B., Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Woolfolk, Anita E., Educational Psychology for Teachers, Boston: Allyn and Bacon,1984.

Zainal Arifin, “ Evaluasi Pembelajaran” Bandung: PT Remaja Rosdakarya : 2017

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Norma, N., Marjuni, S., & Mane, A. (2022). Peran Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Di SD Negeri 228 Lagaroang Kabupaten Luwu Timur. Bosowa Journal of Education, 2(2), 116–121. https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1480