Penggunaan Media Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Berbahasa Di Tk Al Qur'an Al-Hikam Tunjung Burneh Bangkalan

Authors

  • Kasmiyah Kasmiyah Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Hetty Purnamasari Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Yuni Hanifah Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3962

Keywords:

Berhitung, Bermain, Media Angka

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah yaitu adakah peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka?, dan bagaimana peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka Di TK Al Qur'an Al-Hikam Tunjung Burneh Bangkalan. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka Di TK Al Qur'an Al-Hikam Tunjung Burneh Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Hubungan korelasi peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka secara signifikansi diperoleh 0.003 dimana nilai ini < 0.05 artinya secara signifikansi hubungan korelasi antara variabel sangat kuat. Ditinjau dari nilai korelasi atau pearson correlations hubungan peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka diperoleh nilai sebesar 0.651 nilai ini menunjukkan besar dari korelasi antara variabel. Kesimpulannya nilai hubungan korelasi sebesar 65,1% sangat berkorelasi. Nilai R Square sebesar 0,424 dimana nilai ini memberikan informasi bahwa pengaruh atau efektivitas dari peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka sebesar 0,424 atau 42,4 % sangat berpengaruh.

This research has several problem formulations, namely, is there an increase in numeracy skills using the playing method assisted by number media and how is the numeracy ability increased using the number media assisted playing method in the Al Qur'an Al-Hikam Tunjung Burneh Bangkalan Kindergarten?. The aim of the research is to determine the increase in ability counting using the playing method assisted by number media at the Al Qur'an Al-Hikam Tunjung Burneh Bangkalan Kindergarten. This research uses a quantitative approach and the correlation relationship between increasing numeracy skills with playing methods assisted by number media has a significance value of 0.003, where this value is <0.05, meaning that the correlation relationship between variables is very strong. Judging from the correlation value or Pearson correlations, the relationship between increasing numeracy skills with playing methods assisted by number media, a value of 0.651 is obtained. This value shows the magnitude of the correlation between the variables. In conclusion, the correlation value of 65.1% is highly correlated. The R Square value is 0.424, where this value provides information that the influence or effectiveness of increasing numeracy skills using playing methods assisted by number media is 0.424 or 42.4%, which is very influential.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adkhiyah (2019), Pengaruh pembelajaran Student Teams Achievement Division dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika Volume 1 Nomor 2.

Aunio, P., & Niemivirta, M. (2010). Predicting Children’s Mathematical Performance in Grade One by Early Numeracy. Learning and Individual Differences, 10(1), 427–435.

Aunio, P. et al. (2014). The Development of Early Numeracy Skills in Kindergarten in Low, Average, and High-Performance Groups. Journal of Early Childhood Research, 13(1), 1–14.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Arikunto, S. 2009.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: RinekaCipta.

Crebert, G., Patrick, C.-J., & Cragnolini, V. (2011). Team work Skills Toolkit. In Griffith Graduate Attributes (pp. 1–43).

Fery Kurniawan Ady Putra (2014), Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKR 1 Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Konvensional Di SMKN 1 Madiun. JPTM, Volume 02 Nomor 03. H. 1-8.

Hidayati, R. (2010). Dasar-dasar Membaca, Menulis, dan Berhitung. Bandung: Berlian Press.

Huda, Miftahul (2015), Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Intan Oka Yurisma (2022), Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu Vol. 6 (no.1). h. 191.

Kleemans, T., Marieke Peeters, Eliane Segers, & Ludo Verhoeven. (2012). Child and Home Predictors of Early Numeracy Skills in Kindergarten. Early Childhood Research Quarterly, 27(3), 471–477.

Lai, E. R. (2011). Collaboration: A Literature Review. United States of America: Pearson

Lai, E. R. & Viering, M (2012). Assessing 21st Century Skills: Integrating Research Findings. United States of America: Pearson.

Lie. 1993. Cooverative learning. Jakarta Grasindo

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maulani, dkk. (2020), Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika di SMKN 5 Jember. @saintifika Vol. 22 No.1. H. 30-36.

Mustafia, I. D. 2018. Problem solving skill: effectiveness on think pair share with comic. IJTLM. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakarta.Vol. 1, No. 2.

Musarofah, S. 2021. Analisis Perkembangan Pendekatan Sentra Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2021), H 13

Musi, M. A. (2016). Peningkatakan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Demonstrasi dengan Media Gambar. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 19(1), 36–41.

Nur, Mohamad. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains & Matematika Sekolah Unesa.

Patintingan, M. L. (2015). Penerapan Metode Jarimatika Di TK Asoka Makassar. Jurnal KIP, 4(1), 733– 747.

Putri, L. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan menggunakan strategi bermain stick angka di Paud. Belia jurnal: Jurnal Ilmiah PG-PA UD IKIP Veteran Semarang, 2 (2), hlm. 3.

Purwati, Dwijayanti, Mosik. 2013. Implementasi Teams Games Tournaments Berbasis Percobaan Fisika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Physics Educational Journal. ISSN 2252- 6935. Vol 2 (1): 45-53.

Rahman, T. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif (Berhitung) Pada Anak Usia Dini. STKIP Banten. JoEE 1 (1) (2020): 1-7.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Saida, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power point untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komunikasi,3, 8695-8705.

Sasi D.N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Dan Konitif Anak Melalui Senam Irama, (Bandung, Edisi No 1, 2020) H, 48.

Subhan. 2009. Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Berbentuk Cerita pada Bidang Studi Matematika. Pendidikan Matematika.STAIN (tidak diterbitkan)

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Suprapti, E. (2015). Peningkatan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini dengan Microsoft Powerpoint Ispring pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan. Jurnal Pedagogi, 2(2), 1–21.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Terj. Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Tanzeh, A. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Teras), Hal. 99

Wahyudi, D dan Haryono, 2014.Efektifitas Model Teams Games Tournaments (TGT) Dengan Media Sulap Untuk Menyelesaikan Soal Fisika Kelas VII SMP Negeri 1 Karimunnjawa. Indonesian Journal Of Curriculum and Educational Technology Studies. ISSN 2252-6447. Vol. (3) No.1: 64-69.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal UNM, 19(2), 1–17.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Kasmiyah, K., Purnamasari, H., & Hanifah, S. Y. (2023). Penggunaan Media Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Berbahasa Di Tk Al Qur’an Al-Hikam Tunjung Burneh Bangkalan. Bosowa Journal of Education, 4(1), 195–200. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3962