Tingkat Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Kependidikan Universitas Bosowa Angkatan 2020

Authors

  • Abdurrachman Rahim Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Bosowa
  • Tismi Dipalaya Program Studi Ilmu Pendidikan Alam, Universitas Bosowa
  • Nurwidyayanti Nurwidyayanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4640

Keywords:

Kesiapan Menjadi Guru, Mahasiswa Calon Guru, Universitas Bosowa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Bosowa angkatan 2020 untuk menjadi guru. Penelitian dilakukan di Universitas Bosowa dengan subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Bosowa angkatan 2020. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket di mana indikator kesiapan menjadi guru yang digunakan pada penelitian ini ada empat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Data kemudian diolah secara deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Adapun tingkat kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa jurusan kependidikan berada dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 82,10%. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Bosowa telah mampu mempersiapkan mahasiswa calon guru dengan sangat baik untuk terjun dalam dunia kerja berprofesi sebagai guru. Kompetensi kepribadian memperoleh skor tertinggi yakni 84,69% yang berada dalam kategori sangat baik. Begitupula dengan kompetensi sosial dan kompetensi pedagogik yang masing-masing mempunyai skor 83,69% dan 80,15% yang masing-masing berada dalam kategori sangat baik juga. Hal yang masih perlu ditingkatkan adalah kompetensi profesional yang masih mempunyai skor sebesar 79,88% yang berada pada kategori baik.

The purpose of this study is to assess the readiness level of students from the Educational Department at Universitas Bosowa, Class of 2020, to become teachers. The research was conducted at Universitas Bosowa, with the subjects being the students of the Educational Department from the Class of 2020. Data was collected using a questionnaire, where four indicators of teaching readiness were used: pedagogical competence, professional competence, personality competence, and social competence. The data was then analyzed descriptively using percentage formulas. The overall readiness level of the students to become teachers is categorized as very good, with an average percentage of 82.10%. This indicates that Universitas Bosowa has effectively prepared its students for a career in teaching. Personality competence received the highest score of 84.69%, placing it in the very good category. Similarly, social competence and pedagogical competence scored 83.69% and 80.15%, respectively, both also falling into the very good category. However, professional competence needs improvement, as it has a score of 79.88%, which falls into the good category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bafadal, I. (2021). Pengembangan Profesional Guru dalam Pendidikan Multikultural. Penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Depdiknas. (2019). Standar Kompetensi Guru dan Pengembangan Profesi. Jakarta: Depdiknas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, A. (2020). Kesiapan Emosional Guru dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Modern. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 35-50.

Munir, A. (2018). Teknologi dalam Pendidikan: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, Y. (2022). Kurikulum dan Pengalaman Praktik dalam Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 45-60.

Rahim, A., Azka, D. A., Maharani, A. E. S. H., & Dwikasari, L. G. (2024). Analysis Of Vocational Students’ Mathematics Learning Motivation In The 3T Region of West Halmahera. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 447–460. https://doi.org/10.31943/mathline.v9i2.646

Rasyid, M. (2021). Peran Institusi Pendidikan dalam Pelatihan Guru. Jakarta: Penerbit Universitas.

Ridwan, R. (2022). Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Penelitian, 14(3), 65-80.

Santosa, S. (2020). Kompetensi Sosial Guru dalam Konteks Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan dan Keterampilan, 8(1), 12-28.

Setiawan, H. (2021). Manajemen Kelas dan Praktik Pengajaran bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Studi Kelas, 9(2), 90-105.

Suryadi, I. (2019). Kesiapan Teknologi dalam Pendidikan Guru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 75-90.

Syukur, A. (2022). Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wulandari, N. (2021). Kesiapan Praktik Mengajar dalam Pelatihan Guru. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(4), 105-120.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Rahim, A., Dipalaya, T., & Nurwidyayanti, N. (2024). Tingkat Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Kependidikan Universitas Bosowa Angkatan 2020. Bosowa Journal of Education, 4(2), 313–318. https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4640