Proyek Penguatan Profil Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Dalam Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Syurawahyuni Syurawahyuni UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Unggulan Mongisidi 1 Makassar
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Ifa Safira Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5293

Keywords:

Implementasi P5, Kearifan Lokal, Karakter Tanggung Jawab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis kearifan lokal dalam mengembangkan karakter tanggung jawab peserta didik di sekolah dasar. P5 adalah inovasi pembelajaran yang dikembangkan pemerintah untuk memperkuat karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Salah satu tema P5 yang diimplementasikan adalah tari tradisional Empat Etnis, yang dianggap efektif dalam membangun karakter tanggung jawab. Melalui proyek ini, peserta didik dapat mengembangkan sikap tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data induktif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan berbagai pihak yang terkait, termasuk guru, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 berbasis kearifan lokal mampu mengembangkan karakter tanggung jawab peserta didik di UPT SPF SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar. Proyek ini memberikan dampak positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta berkontribusi pada pembentukan karakter yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu, P5 berbasis kearifan lokal dapat terus dikembangkan untuk memperkuat karakter tanggung jawab peserta didik.

This study aims to examine the effectiveness of implementing the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) based on local wisdom in developing students' responsibility character in elementary schools. P5 is an educational innovation developed by the government to strengthen students' character in line with Pancasila values. One of the P5 themes implemented is the traditional dance of the Four Ethnicities, which is effective in fostering a sense of responsibility. Through this project, students are able to develop a responsible attitude in completing assigned tasks and applying it in daily life. This research uses a descriptive qualitative method with inductive data analysis. Data were collected through observations and in-depth interviews with relevant stakeholders, including teachers, students, and parents. The results show that the implementation of P5 based on local wisdom effectively develops students' responsibility character at UPT SPF SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar. This project has a positive impact that can be applied in daily life and contributes to character development aligned with Pancasila values. Therefore, the P5 based on local wisdom can be further developed to strengthen students' responsibility character.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adirinarso, D. (2023). I). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Membentuk Karakter Budaya Pada Siswa Kelas 4 Minu Tratee Putera Gresik. Nucl. Phys., 13(1).

Arafah, S. (2020). Moderasi Beragama: Pengarusutamaan Kearifan Lokal Dalam Meneguhkan Kepelbagaian (Sebuah Praktik Pada Masyarakat Plural). Mimikri: Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 6(1).

Ardila, R. M., Nurhasanah, & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373

Fitria, V., Hambali, & Supentri. (2023). Pengaruh Habituasi Nilai Karakter Tanggung Jawab terhadap Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas XI SMAN 1 Benai. Journal on Education, 05(03).

Gestiardi, R., & Suyitno, S. (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SEKOLAH DASAR DI ERA PANDEMI. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39317

Hartutik, H., Astuti, A., Priyanto, A. S., & Jelahu, T. T. (2023). Rancangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Sekolah Dasar Marsudirini Gedangan Semarang. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4). https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3329

Jainuddin, J., Dipalaya, T., & Mangampang, E. T. (2022). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP POLA GEOMETRI PADA RUMAH ADAT TONGKONAN DI TORAJA. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3). https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.328

Jainuddin, J., Ival Iman, & Abdurrachman Rahim. (2023). Etnomatematika Geometri Ukiran Dan Banua Toraya Nosu (Suku Toraja). Jurnal MSA ( Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya), 11(1). https://doi.org/10.24252/msa.v11i1.32145

Kurniawati, R., Budiarti, T. R., Indrawati, Y., Wahyuningsih, S. E., Jufri, L. Al, Setyorini, W., Priyanti, N., & Apriyansyah, C. (2023). WHAT’S THE MATTER WITH THE ASSESSMENT OF THE IMPLEMENTATION OF THE PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) IN TEACHERS? Cemerlang Proceeding INTERNATIONAL CONFERENCE EARLY CHILDHOOD.

Manuhutu, S. (2023). Sosialisasi Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Seram Bagian Barat (SBB). Jurnal Pengabdian Arumbai, 1(1). https://doi.org/10.30598/arumbai.vol1.iss1.pp42-47

Nurjanah, A. P., Anggraini, G., Metode, P., Peran, B., Meningkatkan, G., Tanggung, K., Anak, J., Andini, Y. T., & Ramiati, E. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran Guna Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1).

Veronika, F., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H. C., & Nisa, A. F. (2023). Evaluasi Efektivitas Penanaman Karakter Melalui Proyek P5 Di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08 Nomor 0.

Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Milenial. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 4(1). https://doi.org/10.35905/almaarief.v4i1.2518

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Syurawahyuni, S., Hamid, S., & Safira, I. (2025). Proyek Penguatan Profil Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Dalam Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Dasar. Bosowa Journal of Education, 5(2), 296–304. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5293