Analyzing Errors on The Use of Past Tense in Argumentative Writing of Tenth Grade Students At SMAN 2 Fakfak West Papua
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v1i1.613Keywords:
Error Analysis, Simple Past Tense, Argumentative Writing, FakfakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kesalahan menulis karangan argumentasi dengan menggunakan kata lampau di SMAN 2 FakFak. Klasifikasi jenis kesalahan dalam penelitian ini berdasarkan pada prosedur yang dibuat oleh Dulay dan analisis kesalahan menggunakan prosedur yang dibuat oleh Ellis. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskripsi dalam menjelaskan dan menganalisis kesalahan data yang diperoleh. Data peneltian diperoleh berdasarakan hasil tes siswa pada penggunaan kata lampau. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 FakFak periode akademik 2020/2021, Kelas X IPA 1 terdiri dari 12 siswa. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalis hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua siswa melakukan kesalahan dalam menulis karangan argumentasi dengan menggunakan kata lampau. Siswa kurang memahami dan memperhatikan perubahan kata kerja dan bentuk masa lalu yang berkelanjutan. Mereka membuat kesalahan di bagian tambahan, kelalaian, kesalahan informasi dan salah urus. Oleh karena itu disarankan kepada siswa untuk lebih giat lagi menulis sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam penulisan karangan argumentasi.
The objective of this study was to identify types of errors in the use of past tense in an argumentative writing at SMAN 2 FakFak. The classification of the types of errors in this study was based on procedure made by Dulay and the error analysis procedure made by Ellis. This study used descriptive analysis method to describe and analyse the errors of the data collected. The data were collected from students’ tests in the use of Simple Past Tense. The sample of this study was tenth grade students of SMAN 2 FakFak, academic year 2020/2021, the class of X IPA 1 consisting of 12 students. Data analysis was done by identifying and analysing the students’ tests. The results show that most of students made an error when writing an argumentative writing using past tense. They did not understand and pay attention on verb changes in past tense and past continuous. The students also made errors in addition parts, omission, malformation and disordering. Therefore, it is suggested for students to frequently practice in argumentative writing in order to minimize mistakes