Bosowa Journal of Education https://journal.unibos.ac.id/jpe <p><strong>Bosowa Journal of Education </strong>merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara peer review diterbitkan oleh Postgraduate Bosowa University Publishing. Terbit dua kali dalam satu tahun.</p> <p><strong>Bosowa Journal of Education </strong>menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia dini. Bagi penulis yang memiliki artikel pada bidang ini dapat disesuaikan dengan panduan penulisan dan template kemudian disubmit secara online di website jurnal dengan melakukan registrasi terlebih dahulu.</p> en-US a.muhibuddin@universitasbosowa.ac.id (Andi Muhibuddin) jainuddin@universitasbosowa.ac.id (Jainuddin) Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Model Problem Based Learning Berbasis Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik UPT SPF SD Negeri Mangkura I Kota Makassar https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3826 <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>problem based learning</em> berbasis audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan pengaruh model pembelajaran <em>problem based learning</em> berbasis audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah <em>pretest-posttest control group design.</em> Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Mangkura I Makassar, kelas V-A sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen, dan kelas V-B sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis, dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis uji-t (uji<em> paired sample t-test</em>) maka diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran <em>problem based learning</em> berbasis audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik karena setelah digunakan model pembelajaran ini peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan kemampuan berpikir kritisnya, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran <em>problem based learning</em> berbasis audio visual terhadap motivasi belajar karena motivasi belajar peserta didik meningkat secara signifikan setelah menggunakan model pembelajaran ini.</p> <p><em>The purpose of the study was to determine: (1) the effect of problem-based learning model based on audio visual on students' critical thinking ability, and (2) the effect of problem-based learning model based on audio visual on students' learning motivation. This type of research is a pretest-posttest control group design. The sample in this study were fifth grade students at SDN Mangkura I Makassar, 32 students in class V-A as the experimental class, and 31 students in class V-B as the control class. The data collection methods used are critical thinking skills tests, and questionnaires. While the data analysis techniques used are descriptive statistics and inferential statistical analysis. Based on the results of the t-test analysis (paired sample t-test), it was concluded that: (1) there is an effect of problem-based learning model based on audio visual on the critical thinking ability of students because after using this learning model students experience a significant increase in their critical thinking ability, (2) there is an effect of problem-based learning model based on audio visual on learning motivation because students' learning motivation increases significantly after using this learning model.</em></p> Sunarsi Sunarsi, Muhammad Yunus, Sundari Hamid Copyright (c) 2023 Sunarsi Sunarsi, Muhammad Yunus, Sundari Hamid https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3826 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Kemandirian Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Soreang Kota Parepare https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3888 <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN di Kecamatan Soreang Kota Parepare, mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN di Kecamatan Soreang Kota Parepare dan mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan expost facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 60 siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) emandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Hal ini terlihat dari analisis data yang menunjukkan adanya hubungan positif antara tingkat kemandirian belajar dengan skor hasil belajar IPA. Besar sumbangan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 35% dan sisanya sebesar 65% disumbang oleh variabel-variabel lain selain kemandirian belajar, (2) motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Temuan ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa berhubungan positif dengan tingkat keberhasilan belajar mereka dalam mata pelajaran IPA. Besar sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 82% dan sisanya sebesar 18% disumbang oleh variabel-variabel lain selain motivasi belajar, (3) kemandirian belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN di Kecamatan Soreang, Kota Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat siswa memiliki kombinasi yang baik antara motivasi belajar dan kemandirian belajar, maka hasil belajar IPA meningkat. Besar sumbangan motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 82% dan sisanya sebesar 18% disumbang oleh variabel-variabel lain selain motivasi dan kemandirian belajar. Motivasi belajar lebih dominan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa daripada kemandirian. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar, fokus lebih diberikan pada meningkatkan motivasi siswa. Siswa yang termotivasi cenderung mencapai hasil belajar yang lebih baik dalam mata pelajaran IPA.</p> <p><em>The objectives of this study are: (1) to determine the influence of learning independence on the science learning outcomes of fifth-grade students at elementary schools in Soreang District, Parepare City, (2) to ascertain the influence of learning motivation on the science learning outcomes of fifth-grade students at elementary schools in Soreang District, Parepare City, and (3) to investigate the combined influence of learning independence and learning motivation on the science learning outcomes of fifth-grade students at elementary schools in Soreang District, Parepare City. This research employs a quantitative approach with an ex post facto design. The population for this study consists of fifth-grade students at elementary schools in Soreang District, Parepare City. The sample size for this study is 60 students. The results of this study indicate that (1) learning independence significantly influences the science learning outcomes of fifth-grade students at elementary schools in Soreang District, Parepare City. This is evident from the data analysis, which shows a positive relationship between the level of learning independence and the scores of science learning outcomes. The contribution of learning independence to learning outcomes is 35%, while the remaining 65% is contributed by variables other than learning independence. (2) Learning motivation has a significant influence on the science learning outcomes of fifth-grade students at elementary schools in Soreang District, Parepare City. This finding demonstrates that the level of students' learning motivation is positively associated with their success in learning science. The contribution of learning motivation to learning outcomes is 82%, while the remaining 18% is contributed by variables other than learning motivation. (3) Learning independence and learning motivation together influence the science learning outcomes of fifth-grade students at elementary schools in Soreang District, Parepare City. The results of the study indicate that when students have a good combination of learning motivation and learning independence, their science learning outcomes improve. The contribution of motivation and learning independence to learning outcomes is 82% and the remaining 18% is contributed by other variables besides motivation and learning independence. Learning motivation is more dominant in influencing student learning outcomes than independence. Therefore, to improve learning outcomes, more focus is given to improving student motivation. Motivated students tend to achieve better learning outcomes in science subjects.</em></p> Darmawati Pattah, Syahria Madjid, Agustinus Jarak Patandean Copyright (c) 2023 Darmawati Pattah, Syahria Madjid, Agustinus Jarak Patandean https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3888 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Tingkat Pendidikan Pelatihan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Di Kecamatan Nabire Papua Tengah https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3878 <p>Kinerja guru yang tidak optimal dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut ialah tingkat pendidikan guru yang tidak sesuai dengan pekerjaan, pelatihan yang tidak diberikan kepada guru secara berkesinambungan untuk mengembangkan bahkan mengasah kemampuan serta lingkungan kerja yang tidak memberikan rasa aman dan nyaman bagi guru untuk melakukan pekerjaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan, pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinrja guru sehingga penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang secara spesifik menggunakan pendekatan korelasional yang artinya melihat adanya hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Untuk mengetahui hubungan antara variabel, penelitian ini menggunakan cara pengambilan data menggunakan angkat dan dokumentasi yang nantinya data akan diolah dengan menggunakan SPSS versi 26 dengan berbagai teknik anaisis data uji. Teknik analisis data didalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi berganda simultan, dan pengujian hipotesis. Dari hasil teknik analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi (hubungan) antara tingkat pendidikan antara variabel Tingkat Pendidikan (X1), Pelatihan (X2) dan Lingkungan Kerja (X3) dengan variabel Kinerja Guru (Y) korelasi (hubungan) tersebut dapat dilihat dari hasil uji korelasi berganda simultan yang menunjukkan hasil Sig F Change 0,000 atau &lt; 0,05. Serta nilai R 0,90 yang artinya derajat hubungan antara Tingkat Pendidikan (X1), Pelatihan (X2) dan Lingkungan Kerja (X3) terhadap Kinerja Guru merupakan korelasi sempurna. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa nilai Sig atau Signifikansi diperoleh nilai Sig F 0,00 yang artinya H1 diterima sesuai dengan ketentuan dari uji F yaitu Jika nilai Sig F &lt; 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima atau ada hubungan antara variabel bebas (tingkat pendidikan, pelatihan dan lingkungan kerja) terhadap variabel terikat (kinerja guru).</p> <p><em>The purpose of this study was to determine the relationship between the level of education, training and work environment on teacher performance. This research uses a quantitative method that specifically uses a correlational approach which means analyzing the relationship between one variable and another. Data obtained using questionnaires and documentation, then analyzed using SPSS version 26. Data analysis techniques in this study are descriptive analysis, normality test, linearity test, simultaneous multiple correlation test, and hypothesis testing. From the results of data analysis techniques, it can be concluded that there is a correlation (relationship) between the level of education between the variables of Education Level (X1), Training (X2) and Work Environment (X3) with the variable Teacher Performance (Y) the correlation (relationship) can be seen from the results of the simultaneous multiple correlation test which shows the results of Sig F Change 0.000 or &lt;0.05. As well as the R value of 0.90 which means that the degree of relationship between the Level of Education (X1), Training (X2) and Work Environment (X3) on Teacher Performance is a perfect correlation. The results of hypothesis testing also show that the Sig or Significance value obtained is Sig F value of 0.00, which means that H1 is accepted in accordance with the provisions of the F test, namely if the Sig F value &lt;0.05 then Ho is rejected and H1 is accepted or there is a relationship between the independent variables (level of education, training and work environment) on the dependent variable (teacher performance).</em></p> Virawaty Abdul Karim, Sundari Hamid, Syahria Madjid Copyright (c) 2023 Virawaty Abdul Karim, Sundari Hamid, Syahria Madjid https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3878 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Penerapan Strategi Know, Want, Learning (K-W-L) Di Kabupaten Sidrap https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3877 <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan strategi K-W-L (<em>Know-Want-Learn</em>) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa, peningkatkan hasil belajar membaca pemahaman, dan penerapan strategi K-W-L (<em>Know-Want-Learn</em>) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V UPT SD Negeri 5 Lawawoi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (<em>Classroom</em> <em>Action</em> <em>Research</em>)<em>.</em> Sampel berjumlah 18 siswa, terdiri atas 8 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu menganalisis hasil observasi dan analisis hasil tes kemampuan membaca pemahaman.Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh hasil tes keterampilan membaca pemahaman siklus I dengan nilai rata-rata 57,02 dan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 55%, begitu pula dengan tes hasil belajar dengan nilai rata-rata 52,33 dan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 33%, selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II yakni nilai rata-rata setiap individu 86,27 dengan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 89% untuk kemampuan membaca pemahaman dan untuk hasil belajar mengalami peningkatan nilai ratar-ata yakni 89,41 dengan kriteria ketuntasan sebesar 94%..</p> <p><em>The research objectives were to find out: (1) the application of the K-W-L (Know-Want-Learn) strategy in improving students' reading comprehension learning outcomes, (2) the improvement of reading comprehension learning outcomes, and (3) the application of the K-W-L (Know-Want-Learn) strategy in improving students' reading comprehension learning outcomes in fifth grade UPT SD Negeri 5 Lawawoi. This type of research is Classroom Action Research (PTK). The sample amounted to 18 students, consisting of 8 male students and 10 female students. The data collection methods used are tests and observations, while the data analysis techniques used are analyzing the results of observations and analyzing the results of reading comprehension ability tests. Based on the results of the analysis, the results of the reading comprehension skills test in cycle I were obtained with an average value of 57.02 and the criteria for learning completeness reached 55%, as well as the learning outcomes test with an average value of 52.33 and the criteria for learning completeness reached 33%, then experienced an increase in cycle II, namely the average value of each individual 86.27 with the criteria for learning completeness reaching 89% for reading comprehension skills and for learning outcomes increased the average value of 89.41 with the criteria for completeness of 94%. Based on these results, it can be concluded that the application of the K-W-L (Know-Want-Learn) strategy in improving student reading comprehension learning outcomes in fifth grade students of UPT SD Negeri 5 Lawawoi</em><em>.</em></p> Misnawati Lapi, Syahria Madjid, Mas'ud Muhammadiah Copyright (c) 2023 Misnawati Lapi, Syahria Madjid, Mas'ud Muhammadiah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3877 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Hubungan Penguasaan Kosakata Dan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Puisi Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3876 <p>Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Komunikasi berbahasa ini dijabarkan menjadi empat keterampilan berbahasa yakni keterampilan membaca (reading), mendengarkan (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara penguasaan kosakata dan minat membaca dengan keterampilan menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Pinrang, yakni UPTD SDN 105 Pinrang dan UPTD SDN 106 Pinrang dengan sampel sebanyak 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyebaran angket/kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis uji t parsial, dan uji regresi linear. Hasil menunjukkan 1) Ada hubungan antara variabel penguasaan kosakata dan variabel keterampilan menulis puisi peserta didik kelas V SD di Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig 0,000 &lt; 0,05 sehingga Hipotesis diterima, artinya terdapat hubungan. 2) Tidak ada hubungan antara variabel minat membaca dan variabel keterampilan menulis puisi peserta didik kelas V SD di Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig 0,056 &gt; 0,05 sehingga Hipotesis ditolak, artinya tidak terdapat hubungan.</p> <p><em>The purpose of this study is to analyze the relationship between vocabulary mastery and interest in reading with poetry writing skills in fifth grade students of elementary schools in Pinrang Regency. This type of research is quantitative with the research subjects are fifth grade students of elementary schools in Pinrang Regency, namely UPTD SDN 105 Pinrang and UPTD SDN 106 Pinrang with samples of 32 students. The data collection methods used were observation and questionnaire. The data analysis method uses partial t test analysis, and linear regression test. The results of the research showed that: (1) There is a relationship between the vocabulary mastery variable and the variable poetry writing skills of fifth grade elementary school students in Suppa District, Pinrang Regency. This is evidenced by the sig value of 0.000 &lt;0.05 so that the hypothesis is accepted, meaning that there is a relationship between the vocabulary mastery variable and the variable poetry writing skills. (2) There is no relationship between the variable of interest in reading and the variable of poetry writing skills of fifth grade students in Suppa District, Pinrang Regency. This is evidenced by the sig value of 0.056 &gt; 0.05 so that the hypothesis is rejected, meaning that there is no relationship between the variable of interest in reading and the variable of poetry writing skills</em><em>.</em></p> Irma Arifin, Asdar Asdar, Rahmania Rahmania Copyright (c) 2023 Irma Arifin, Asdar Asdar, Rahmania Rahmania https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3876 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dan Minat Menulis Pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3875 <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan penguasaan kosakata siswa kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare dan hubungan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan penguasaan kosakata siswa kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare, sebanyak 25 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, (1) Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang linear antara variable penguasaan kosakata dengan variable keterampilan menulis karangan deskriptif siswa, (2) Minat menulis berkorelasi positif degan keterampilan menulis karangan deskriptif siswa, (3) Pengasaan kosakata dan minat menulis secara bersama- sama mempengaruhi keterampilan menulis karangan deskriptif siswa.</p> <p><em>The purpose of this study was to determine: (1) The relationship between descriptive essay writing skills and the vocabulary mastery of class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare, (2) The relationship between descriptive essay writing skills and vocabulary mastery of class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare. This type of research is quantitative research with a correlational approach. The number of samples in this research was class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare, totaling 25 students. The data collection methods used are tests and questionnaires, while the data analysis techniques used are descriptive statistical approaches and inferential statistical analysis. Based on the results of data analysis showed that: (1) There is a linear relationship between the variable vocabulary mastery with variable descriptive essay writing skills of students, (2) Writing interest is positively correlated with students' descriptive essay writing skills, (3) Vocabulary mastery and writing interest together affect students' descriptive essay writing skills.</em></p> Hastuti Hastuti, Andi Hamsiah, Mas'ud Muhammadiah Copyright (c) 2023 Hastuti Hastuti, Andi Hamsiah, Mas'ud Muhammadiah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3875 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pemberian Tugas Dan Penguatan Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SD Di Gugus VI Kecamatan Tallo Kota Makassar https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3874 <p>Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara pemberian tugas dengan prestasi belajar dan hubungan pemberian penguatan dengan prestasi belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Tallo Kota Makassar. Sampel penelitian ini berjumlah 61 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan software Statistikal Package for the Social Sciens (SPSS) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan significant antara pemberian tugas terhadap prestasi belajar (p-value 0,001) dan adanya hubungan signifikan antara pemberian penguatan terhadap prestasi belajar (p-value 0,001).</p> <p><em>This study aims to describe the relationship between giving assignments and learning achievement of elementary school students in Cluster VI Tallo District, Makassar City and the relationship between giving reinforcement and learning achievement of elementary school students in Cluster VI Tallo District, Makassar City. The research approach used was quantitative approach. The population in this study were fifth grade elementary school students Cluster IV Tallo District Makassar City. The sample of this study amounted to 61 students. The sampling technique used simple random sampling, the instrument used in this study was a questionnaire. Data analysis using software Statistical Package for the Social Sciens (SPSS) version 25. The results showed that there was a significant relationship between giving assignments to learning achievement (p-value 0.001) and there was a significant relationship between giving reinforcement to learning achievement (p-value 0.001) of elementary school students in Cluster VI Tallo District, Makassar City</em><em>.</em></p> Nashrullah Nashrullah, Asdar Asdar, Agustinus Jarak Patandean Copyright (c) 2023 Nashrullah Nashrullah, Asdar Asdar, Agustinus Jarak Patandean https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3874 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Komparasi Penerapan Strategi Konflik Kognitif Dan Strategi Peta Konsep Dalam Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3849 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada siswa kelas V Sekolah Dasar, pemahaman konsep IPA dengan menggunakan strategi peta konsep dalam pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada siswa kelas V Sekolah Dasar dan perbedaan pemahaman konsep IPA yang menggunakan strategi konflik kognitif dengan strategi peta konsep pada pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar, kelas eksperimen I di UPT SD Negeri 102 Pinrang dengan jumlah sebanyak 27 siswa menggunakan pembelajaran kooperatif Team Games Tournament dengan strategi konflik kognitif dan kelas eksperimen II di UPT SD Negeri 100 Pinrang sebanyak 25 siswa menggunakan pembelajaran kooperatif Team Games Tournament dengan strategi peta konsep. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil belajar kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II dan setelah dilakukan uji T diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05. Maka dapat disimpulkan menolak H0 dan menerima H1 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil pemahaman konsep IPA antara siswa yang menggunakan strategi konflik kognitif dengan strategi peta konsep dalam model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi konflik kognitif memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan strategi peta konsep terhadap pemahaman konsep IPA siswa berdasarkan peningkatan skor nilai rata-rata siswa.</p> <p><em>The purpose of this research is to describe: (1) understanding of science concepts using cognitive conflict strategies in Team Games Tournament type cooperative learning for fifth grade elementary school students, (2) understanding of science concepts using concept map strategies in Team Games Tournament type cooperative learning in fifth grade elementary school students, (3) differences in understanding of science concepts using cognitive conflict strategies and concept map strategies in Team Games Tournament type cooperative learning in fifth grade elementary school students. The type of research used a comparative quantitative method with a pretest-posttest control group design. The subjects of this research were class V of Elementary School, experimental class I at UPT SD Negeri 102 Pinrang with a total of 27 students using Team Games Tournament cooperative learning with cognitive conflict strategies and experimental class II at UPT SD Negeri 100 Pinrang with 25 students using cooperative learning Team Games Tournament with concept map strategy. The data collection methods used are tests and observations, while the data analysis techniques used are descriptive analysis and inferential statistical analysis. The learning outcomes of experimental class II were higher than experimental class I and after carrying out the T test, the sig (2-tailed) value was obtained which was smaller than the predetermined significance level. So it can be concluded that we reject H0 and accept H1 which states that there is a difference in the results of students' understanding of science concepts between students who were taught using the cooperative learning model Team Games Tournament cognitive conflict strategy and the cooperative Team Games Tournament concept map strategy. This shows that the use of the Team Games Tournament cooperative learning model, cognitive conflict strategy, has a greater influence than the use of the Team Games Tournament cooperative learning model, concept map strategy on students' understanding of science concepts.</em></p> Supardi Supardi, Muhammad Yunus, Sundari Hamid Copyright (c) 2023 Supardi Supardi, Muhammad Yunus, Sundari Hamid https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3849 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Efek Moderasi Motivasi Belajar Pada Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Pinrang https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3848 <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan model <em>quantum teaching</em> dengan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar, pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar dan terdapat interaksi moderasi penerapan model <em>quantum teaching</em> dengan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (<em>quasy experiment</em>). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. </em>Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 168 Pinrang dan siswa kelas V UPT SD Negeri 98 Pinrang. Siswa kelas V UPT SD Negeri 168 Pinrang yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V UPT SD Negeri 98 Pinrang sebagai kelas kontrol berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif memberikan gambaran keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kovariat (ANOVA) dengan taraf signifikan 5%. Analisis deskritif dan inferensial dibantu dengan menggunakan program SPSS Versi 24. Sebelum data dianalisis dengan ANOVA terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan uji <em>One-Sample Kolmogrov-Smirnov</em>. Uji homogenitas menggunakan <em>Leven’s Test of Equality of Error Variances.</em> Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) terdapat perbedaan signifikan penggunaan model quantum teaching dengan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat, terbukti dengan tingginya skor yang diperoleh setelah menggunakan model pembelajaran <em>Quantum Teaching</em>, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Tinggi rendahnya motivasi belajar siswa berpengaruh pada keterampilan berpikir kritis siswa. Terbukti dari perbedaan skor keterampilan berpikir kritis yang diperoleh. (3) Tidak terdapat interaksi moderasi penerapan model <em>quantum teaching</em> dengan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan demikian, variabel-variabel ini tidak saling berkaitan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.</p> <p><em>This study aims to determine (1) the difference in the use of quantum teaching models with direct learning models on critical thinking skills of Fifth grade students Elementary School Pinrang Regency (2) the effect of learning motivation on critical thinking skills of grade V elementary school students (3) there is a moderating interaction between the application of quantum teaching models with learning motivation on critical thinking skills Fifth grade students Elementary School Pinrang Regency. This research employs a quasi-experimental design. The design used in this study is the Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. The subjects in this study were fifth-grade students of UPT SD Negeri 168 Pinrang and UPT SD Negeri 98 Pinrang. There were 23 students in the fifth grade of UPT SD Negeri 168 Pinrang as the experimental group and 21 students in the fifth grade of UPT SD Negeri 98 Pinrang as the control group. The instruments used in this study were critical thinking skills and learning motivation instruments. The research data were analyzed using descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis provides an overview of critical thinking skills. Data were analyzed using Analysis of Covariance (ANOVA) with a significance level of 5%. Descriptive and inferential analysis was aided by the SPSS Version 24 program. Before the data were analyzed with ANOVA, prerequisite tests were conducted, namely the normality test and homogeneity test. The normality test used the One-Sample Kolmogorov-Smirnov test. The homogeneity test used Leven's Test of Equality of Error Variances. The research results obtained are (1) there is a significant difference in critical thinking skills of students facilitated by the quantum teaching model and conventional learning. The Anova test results show that the quantum teaching model is significantly different from conventional learning in improving critical thinking skills. (2) there is an influence of learning motivation on the critical thinking skills of Fifth grade students Elementary School Pinrang Regency. (3) There is no moderation interaction between the application of the quantum teaching model and learning motivation on the critical thinking skills of Fifth grade students Elementary School Pinrang Regency. Thus, these variables are not interrelated in improving students' critical thinking skills.</em></p> Fitriani H Fitriani, Muhammad Yunus, Burhan Burhan Copyright (c) 2023 Fitriani H Fitriani, Muhammad Yunus, Burhan Burhan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3848 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Peningkatan Kemampuan Menulis Esai Narasi Melalui Teknik Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Era Merdeka Belajar Kelas V UPTD SD Negeri 53 Parepare https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3847 <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan teknik <em>mind mapping</em> dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis Esai Narasi melalui penerapan teknik <em>mind mapping</em> pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 53 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), . Hasil penilaian kemampuan menulis esai narasi dari base line sampai siklus II dengan skor rata-rata yaitu (61,1), (69), (81,18). Hasil penilaian Ketuntasan Belajar sampai siklus II yaitu siklus I (tuntas 43%, dan tidak tuntas 57%) dan untuk siklus II (tuntas 90% dan tidak tuntas 10%) Kesimpulan, proses pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan menulis esai narasi melalu teknik <em>mind mapping</em> pada siswa kelas V mengalami peningkatan.</p> <p><em>The purpose of this study to know the increase in student learning activities through the application of mind mapping techniques and to describe the improvement of the ability to write narrative essays through the application of mind mapping techniques at class V UPTD students SD Negeri 53 Parepare. This study used a qualitative approach with descriptive methods. The form of research is Classroom Action Research (PTK). The assessment results show that the ability to write narrative essays from the base line to cycle II with an average score of (61.1), (69), (81.18). The results of the Learning Completeness assessment until cycle II are cycle I (43% complete, and 57% incomplete) and for cycle II (90% complete and 10% incomplete). Based on the data obtained, it can be concluded that the learning implementation process and the ability to write narrative essays through the mind mapping technique have increased at class V UPTD students SD Negeri 53 Parepare.</em></p> Hadijah Hadijah, Andi Hamsiah, Asdar Asdar Copyright (c) 2023 Hadijah Hadijah, Andi Hamsiah, Asdar Asdar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3847 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Keterpenuhan Sarana Prasarana Terhadap Motivasi Dan Kinerja Guru UPTD SD Negeri Di Kecamatan Soreang Kota Parepare https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3844 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan keterpenuhan sarana prasarana terhadap motivasi dan kinerja guru pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi target sebanyak 24 sekolah dasar di Kecamatan Soreang. Populasi tersebut kemudian disampling sehingga terpilih sampel sebanyak 56 orang guru dan 6 orang kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyebaran angket/kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap motivasi guru sebesar dengan nilai hasil koefisien sebesar 0,572. 2) Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Guru dibuktikan dengan nilai hasil koefisien sebesar 0.344. 3) Keterpenuhan sarana dan prasarana berpengaruh terhadap motivasi guru dengan nilai hasil koefisien sebesar 0.173. 4) Keterpenuhan sarana dan prasarana berpengaruh terhadap kinerja guru dengan nilai hasil koefisien sebesar 0.313. Berdasarkan perhitungan secara statistik, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan keterpenuhan sarana prasarana terhadap motivasi dan kinerja guru pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Soreang Kota Parepare.</p> <p><em>The purpose of this study was to describe the influence of the principal's leadership and the fulfillment of infrastructure facilities on teacher motivation and performance of elementary schools in Soreang District, Parepare City. This study is a quantitative study with a correlation approach. The population was 24 elementary schools in Soreang District. The sample was 56 teachers and 6 principals. The data collection method used was observation and questionnaire distribution. The data analysis method uses normality test, linearity test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. The results showed that: (1) Principal leadership affects teacher motivation with a coefficient value of 0.572. (2) Principal leadership affects teacher performance as evidenced by the coefficient value of 0.344. (3) The fulfillment of facilities and infrastructure affects teacher motivation with a coefficient value of 0.173. (4) The fulfillment of facilities and infrastructure affects teacher performance with a coefficient value of 0.313. Based on statistical calculations, it can be concluded that there is a positive and significant influence between the principal's leadership and the fulfillment of infrastructure facilities on teacher motivation and performance of elementary schools in Soreang District, Parepare City</em><em>.</em></p> Jamilah Jamilah, Sundari Hamid, Burhan Burhan Copyright (c) 2023 Jamilah Jamilah, Sundari Hamid, Burhan Burhan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3844 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Implementasi Metode Debat Bahasa Kei Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SD Naskat Maluku Tenggara https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3843 <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat dalam bahasa Kei terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Desain yang digunakan adalah <em>posttest only control group design</em>. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas V. Teknik pengambilan sampel dalam penelitan ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 31 siswa, kemudian siswa dibagi menjadi dua kelas. Pada kelas eksperimen adalah yang berjumlah 15 siswa dan kelas kontrol berjumlah 16 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket, tes belajar, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif hasil belajar bahasa Kei kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara pada kelompok eksperimen dengan menggunakan metode debat lebih baik dari pada kelompok kontrol tanpa menggunakan metode debat. Hasil penelitian secara inferensial, yaitu: 1) Ada pengaruh metode debat dalam bahasa kei terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara, 2) ada pengaruh metode debat dalam bahasa Kei terhadap prestasi siswa kelas V SD Naskat Matias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara.</p> <p><em>This study aims to determine the effect of debate method in Kei language on students' motivation and learning achievement. The design used was posttest only control group design. This research was conducted in the fifth grade of SD Naskat Mathias 3 Langgur B, Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency, even semester of the 2022/2023 academic year. The population in this study were all students in class V. The sampling technique in this research used simple random sampling technique. The sample in this study were all fifth grade students with a total of 31 students, then the students were divided into two classes. The experimental class was 15 students and the control class was 16 students. The research instruments used were observation sheets, questionnaires, learning tests, interviews and documentation. This research uses quantitative research with experimental type. Data analysis techniques using descriptive statistics and inferential statistics. The results of the study descriptively learned Kei language learning results grade V SD Naskat Mathias 3 Langgur B, Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency in the experimental group using the debate method was better than the control group without using the debate method. Inferential research results include: 1) There is an influence of the debate method in Kei language on the learning motivation of fifth grade students of SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency, 2) there is an influence of the debate method in Kei language on the achievement of fifth grade students of SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency</em><em>.</em></p> Kristiang Rumangun, Mas'ud Muhammadiah, Andi Hamsiah Copyright (c) 2023 Kristiang Rumangun, Mas'ud Muhammadiah, Andi Hamsiah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3843 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pengembangan Bahan Ajar PKN Berbasis Kearifan Lokal Subtema Indahnya Budaya Negeriku Pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 97 Kabupaten Pinrang https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3842 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal dengan sub tema Indahnya Budaya Indonesia yang teruji valid untuk siswa kelas IV UPT SD Negeri 97 Kabupaten Pinrang, menghasilkan bahan ajar Pkn berbasis kearifan lokal dengan sub tema Indahnya Budaya Indonesia yang praktis bagi siswa kelas IV UPT SD Negeri 97 Kabupaten Pinrang dan menghasilkan bahan ajar Pkn berbasis kearifan lokal dengan sub tema Indahnya Budaya Indonesia yang efektif bagi siswa kelas IV UPT SD Negeri 97 Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini Research and Development (R &amp; D). Desain penelitian menggunaan prosedur yang diadaptasi menggunakan model pengembangan Borg &amp; Gall. Subjek penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar sebanyak 16 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal. Hasil Penelitian pengembangan ini adalah Setelah melalui uji validasi bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal sub tema Indahnya Budaya Negeriku dinyatakan valid, baik dari segi materi (isi dan penyajian) maupun dari segi media (ketatagrafikan dan kebahasaan). (2) berdasarkan hasil angket dari responden (guru) bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal sub tema Indahnya Budaya Negeriku dinyatakan praktis. Hal tersebut diperoleh yakni rata-rata indikator pada kategori baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar praktis digunakan dalam pembelajaran, (3) bahan ajar PKN berbasis kearifan lokal sub tema Indahnya Budaya Negeriku dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut diperoleh dari Efektivitas bahan ajar ini diukur dari hasil belajar siswa yang meningkat dengan rerata nilai yang diperoleh dari hasil tes belajar siswa meningkat sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar. Dengan demikian, bahan ajar Pkn berbasis kearifan lokal sub tema Indahnya Budaya Negeriku dinyatakan efektif dan layak untuk digunakan.</p> <p><em>The purpose of this research is to: (1) produce validated civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of Indonesian Culture" for fourth-grade students at UPT Elementary School 97, Pinrang Regency, (2) create practical civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of Indonesian Culture" for fourth-grade students at UPT State Elementary School 97, Pinrang District, (3) develop effective civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of Indonesian Culture" for fourth-grade students at UPT State Elementary School 97, Pinrang District. This research adopts a Research and Development (R&amp;D) approach with a design based on the Borg &amp; Gall development model. The subjects of this research were 16 fourth-grade elementary school students. Data collection methods used were observation and questionnaires. This research resulted in the production of civic education teaching materials based on local wisdom. The development of these teaching materials yielded the following outcomes: (1) The civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of My Country's Culture" were validated, both in terms of content (material and presentation) and media (graphics and language), after undergoing validation. (2) According to the responses from the respondents (teachers) in the questionnaire, the civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of My Country's Culture" were deemed practical. The average indicator fell within the 'good' category. This indicates that the teaching materials are practical for use in learning. (3) The civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of My Country's Culture" were declared effective for use in learning. This was determined by the improvement in student learning outcomes, as evidenced by the increase in average test scores before and after using the teaching materials. Thus, the civic education teaching materials based on local wisdom with the sub-theme "The Beauty of My Country's Culture" are declared effective and suitable for use.</em></p> Adriyanto Adriyanto, Mas'ud Muhammadiah, Syamsul Bahri Copyright (c) 2023 Adriyanto Adriyanto, Mas'ud Muhammadiah, Syamsul Bahri https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3842 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Gugus III Kota Parepare https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3841 <p>Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh pada pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan animasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SD di Gugus III Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Populasi yaitu seluruh siswa kelas V SD gugus III Kecamatan Soreang Kota Parepare yang berjumlah 154 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 71 Parepare yang berjumlah 39 orang sebagai kelas eksperiment dan UPTD SD Negeri 63 Parepare yang berjumlah 43 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretest dan posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan analisis data, Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media animasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Gugus III Kota Parepare.</p> <p><em>The purpose of the study is to analyze the effect of learning based on the Realistic Mathematic Education (RME) approach assisted by animation on mathematics learning outcomes of class V UPTD elementary school students in Cluster III Parepare City. This type of research is a quasi experimental design. The population is all students in class V of Elementary School Cluster III, Soreang District, Parepare City, totaling 154 people. The samples in this study were 39 students of class V UPTD SD Negeri 71 Parepare as the experimental class and UPTD SD Negeri 63 Parepare, totaling 43 people as the control class. The instruments used to collect data were pretest and posttest. The data collection methods used are observation and written tests, while the data analysis techniques used are descriptive statistical approaches and inferential statistical analysis. Based on data analysis, the results of the research showed that there was an effect of the Realistic Mathematic Education (RME) learning approach assisted by animation media on the mathematics learning outcomes of class V Cluster III students in Parepare City</em><em>.</em></p> Nettinawati Nettinawati, Muhammad Yunus, Burhan Burhan Copyright (c) 2023 Nettinawati Nettinawati, Muhammad Yunus, Burhan Burhan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3841 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3840 <p>Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan penerapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi dan pengaruh penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian <em>Ex-Post Facto. </em>Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas 1 sampai kelas 5 UPT SPF SDN DAYA II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 292 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A sebanyak 28 peserta didik melalui jalur zonasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji hipotesis maka diperoleh kesimpulan bahwa: Proses penerimaan peserta didik baru adalah tahap-tahap yang akan dilakukan oleh calon peserta didik baru yang akan mendaftar dalam sebuah lembaga pendidikan mulai dari mendaftar sampai penentuan kelulusan, calon peserta didik ini nantinya akan mengikuti setiap kegiatan yang telah ditentukan oleh lembaga pendidikan sebagai syarat utama diterima dilembaga pendidikan tersebut dan Terdapat pengaruh secara signifikan penerimaan siswa didik baru berbasis sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.</p> <p><em>The purpose of the study is to analyze: (1) the implementation of the zoning system-based acceptance of new students (PPDB) in Biringkanaya District, Makassar City, (2) the effect of the zoning system-based acceptance of new students (PPDB) in Biringkanaya District, Makassar City. This type of research is Ex-Post Facto research. This research is descriptive correlational. The population in this study were students grade 1 to 5 UPT SPF SDN DAYA II, Biringkanaya District, Makassar City, for the 2022/2023 academic year, totaling 292 people. The sample in this research was 28 class III A students through the zoning route. The data collection methods used are questionnaires and documentations, the data analysis technique used is inferential statistical analysis. Based on the results of the normality test and hypothesis test, it is concluded that: The process of accepting new students is the stages that will be carried out by prospective new students who will register in an educational institution starting from registering until determining graduation, these prospective students will then follow every activity that has been determined by the educational institution as the main requirement for acceptance at the educational institution and there is a significant influence on the acceptance of new students based on the zoning system on the learning achievement of UPT SPF SD Negeri Daya II students, Biringkanaya District, Makassar City</em><em>.</em></p> Nurwahidah Usman, Sundari Hamid, Mas'ud Muhammadiah Copyright (c) 2023 Nurwahidah Usman, Sundari Hamid, Mas'ud Muhammadiah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3840 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pengaruh Iklim Keluarga, Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Verbal, Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik UPTD SD Negeri 14 Parepare https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3839 <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim keluarga, kemampuan berpikir logis, kemampuan verbal, dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare<strong> dan</strong> pengaruh yang signifikan iklim keluarga, kemampuan berpikir logis, kemampuan verbal, dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA baik secara sendiri-sendiri (parsial) maupun secara bersama-sama pada peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare. Penelitian ini menggunakan <em>Ex post facto</em>. Hasil penilaian (1) Iklim keluarga (x1) tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA (Y) peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare., (2) Kemampuan berpikir logis (x2) tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y) IPA peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan verbal (X3) terhadap hasil belajar (Y) IPA peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare, (4) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri (X4) terhadap hasil belajar (Y) IPA peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare.</p> <p><em>This research aims to determine: (1) the influence of family climate, logical thinking ability, verbal ability, and self-efficacy on science learning outcomes in class IV UPTD students at SD Negeri 14 Parepare, (2) the significant influence of family climate, logical thinking ability, verbal ability, and self-efficacy on science learning outcomes both individually (partially) and collectively for class IV UPTD students at SD Negeri 14 Parepare. This research uses Ex post facto. Assessment results conclude that: (1) Family climate (x1) has no significant effect on the science learning outcomes (Y) of class IV students at UPT SD Negeri Parepare, (2) Logical thinking ability (x2) has no significant effect on science learning outcomes (Y) class IV students at UPT SD Negeri Parepare, (3) There is a significant influence between verbal ability (X3) on learning outcomes (Y) science of class IV students at UPT SD Negeri Parepare, (4) There is no significant influence between efficacy self (X4) on the learning outcomes (Y) of science for class IV students at UPT SD Negeri Parepare</em><em>.</em></p> Anna Maryam, Muhammad Yunus, Sundari Hamid Copyright (c) 2023 Anna Maryam, Muhammad Yunus, Sundari Hamid https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3839 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Penerapan Strategi Porpe Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 73 Parepare https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3837 <p>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi membaca siswa kelas IV UPTD SD Negeri 73 Parepare dengan menerapkan strategi PORPE. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru kelas dan 25 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dengan kategori cukup (C). Pada siklus II aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran sehingga telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan strategi PORPE dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV UPT SDN 73 Parepare dengan data yang diperoleh dari soal evaluasi akhir siswa.</p> <p><em>This study aims to determine the reading literacy skills of class IV students UPTD SD Negeri 73 Parepare by applying the PORPE strategy. This research used Classroom Action Research (PTK). The type of approach used is a qualitative approach. The data collection techniques used were observation, tests and documentation. The research subjects were 1 class teacher and 25 students. The research was conducted in two cycles. The results of this study indicate that the activities of teachers and students in cycle I have not yet reached the success indicator with the sufficient category (C). In cycle II, the activities of teachers and students have increased in the learning process so that it has reached the success indicator with the good category (B). The conclusion of this study is that the application of the PORPE strategy can improve the reading skills of of class IV students UPTD SD Negeri 73 Parepare with data obtained from the students' final evaluation questions.</em></p> Nelfi Sartika, Andi Hamsiah, Asdar Asdar Copyright (c) 2023 Nelfi Sartika, Andi Hamsiah, Asdar Asdar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3837 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3835 <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran <em>Cooperative Integrated Rading And Compotin</em> (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare pemahaman peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare dan penerapan model pembelajaran <em>Cooperative Integrated Rading And Compotin</em> (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare sebanyak 25 orang peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V pada siklus I sebesar 71,36, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai 85,76. Untuk ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai tuntas sebesar 60% dan tidak tuntas sebesar 40%, sedangakn pada siklus II diperoleh nilai tunttas sebesar 96% dan tidak tuntas 4%., artinya penerapan model pembelajaran <em>Cooperative Integrated Reading and Composition</em> (CIRC) dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.</p> <p><em>The aims of the study are to find out: (1) the effect of the application of the Cooperative Integrated Rading and Compotin (CIRC) learning model in improving the reading comprehension skills of class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare, (2) to determine whether the application of the Cooperative Integrated Rading and Compotin (CIRC) learning model can improve the reading comprehension skills of class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare. This type of research is Class Action Research (PTK). The number of samples in this research was 25 students in class V UPTD SD Negeri 73 Parepare. The data collection method used is observation. tests and documentation, while the data analysis technique used is a descriptive statistical approach. Based on the results of the analysis, the average score for reading comprehension skills for class V students in cycle I was 71.36, while in cycle II the score was 85.76. For student learning completeness in cycle I, the score was 60% complete and 40% incomplete, while in cycle II the score was 96% complete and 4% incomplete, it means that the application of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model in learning reading comprehension skills for class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare has a significant impact on improving student learning outcomes.</em></p> Sulaiha Lapi, Andi Hamsiah, Rahmaniah Rahmaniah Copyright (c) 2023 Sulaiha Lapi, Andi Hamsiah, Rahmaniah Rahmaniah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3835 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Efektivitas Metode Problem Based Learning Dengan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3832 <p>Pembelajaran yang baik apabila guru mampu mengelola kelas dengan pembelajaran yang inovatif dengan menggunkan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa berusaha sendiri seperti pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode <em>Problem Based Learning</em> dan metode pembelajaran saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis efektivitas metode Based Learning dengan Pembelajaran saitifik terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan <em>non equivalent</em> <em>control group design</em>. Populasi dalam penelitian berjumlah 419 sampel 52 orang siswa. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu SPSS versi 26 dengan Teknik analisis data <em>Independent Sampel T-test</em> ,analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menemukan nilai signifikansi sebesar 0,034 dengan kata lain yakni 0,034 &lt; 0,05 sehingga H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima yakni ada perbedaan peningkatan hasil belajar IPA tentang organ pernapasan manusia antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> dengan yang diajarkan pembelajaran saintifik sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> dengan kelas yang menerapkan metode pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar kelas V di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.</p> <p><em>Good learning if the teacher is able to manage the class with innovative learning using learning methods that can make students try on their own, such as in science learning using the Problem Based Learning method and scientific learning methods. This research aims to analyze the effectiveness of the Based Learning method with scientific learning on learning outcomes. This research uses quasi-experimental research, using a non-equivalent control group design. The population in the study amounted to 419 samples of 52 students. Research data was collected using questionnaires and observations. The data analysis technique used is SPSS version 26 with the Independent Sample T-test data analysis technique, data analysis consists of a normality test, homogeneity test and t test. The results of the research found a significance value of 0.034, in other words, namely 0.034 &lt; 0.05, so H0 was rejected and H1 was accepted, namely that there was a difference in the increase in science learning outcomes regarding human respiratory organs between students taught Problem Based Learning and those taught scientific learning so it can be concluded that there is a difference in effectiveness between classes that apply the Problem Based Learning learning method and classes that apply scientific learning methods on class V learning outcomes in Suppa District, Pinrang Regency</em><em>.</em></p> Hakiki Hakiki, Mas'ud Muhammadiah, Asdar Asdar Copyright (c) 2023 Hakiki Hakiki, Mas'ud Muhammadiah, Asdar Asdar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3832 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Keterampilan Menulis Deskripsi Berbasis Permainan Baraccung Siswa Kelas III UPT SD Negeri 181 Pinrang https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3828 <p>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis deskripsi siswa dan mengetahui peningkatan proses serta hasil belajar menulis karangan siswa kelas III UPT SD Negeri 181 Pinrang dengan menggunakan media permainan <em>Baraccung.</em> Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru kelas dan 25 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran pada aspek guru berada pada kualifikasi baik (B) dan pada aspek siswa berada pada kualifikasi kurang. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik, dari aspek siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan tes hasil belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media permainan <em>Baraccung </em>dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa di kelas III UPT SD Negeri 181 Pinrang.</p> <p><em>The purpose of the research is to determine the students' description writing skills and determine the improvement of the process and learning outcomes of writing essays for class III students UPT SD Negeri 181 Pinrang by using Baraccung game as media. This research is a class action research (PTK). The type of approach used is a qualitative approach. The data collection techniques used were observation, tests and documentation. The research subjects were 1 class teacher and 25 students. The research was conducted in two cycles. In cycle I, the results of research on the learning process on the teacher's aspect were in good qualification (B) and on the student's aspect were in poor qualification. While in cycle II the results of research on the learning process from the teacher aspect were in good qualifications, from the student aspect were in good qualifications (B) and the learning outcomes test was in good qualifications (B). The conclusion of this study is that the use of Baraccung game media can improve the learning outcomes of writing descriptive essays of class III students UPT SD Negeri 181 Pinrang</em><em>.</em></p> Hawira Hawira, Mas'ud Muhammadiah, Syahria Madjid Copyright (c) 2023 Hawira Hawira, Mas'ud Muhammadiah, Syahria Madjid https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3828 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pemanfaatan Cerita Pendek Sebagai Media Pembelajaran Materi Menemukan Gagasan Pokok Pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3827 <p>Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas IV belum mencapai target sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan memanfaatkan cerita pendek sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar materi menemukan gagasan pokok bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media cerita pendek pada materi gagasan pokok di Kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi gagasan pokok dengan penerapan media cerita pendek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 19 siswa dan 1 guru. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan media cerita pendek pada materi gagasan pokok dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang.</p> <p><em>The problem in this study is the learning outcomes of class IV students have not reached the target in accordance with the minimum completeness criteria (KKM). The problem in this research is whether using short stories as a learning media can improve the learning outcomes of the material in finding the main ideas of Indonesian for class IV students UPT SD Negeri 102 Pinrang. This research is Classroom Action Research (PTK) which aims to determine the process of applying short story media to main idea material in Class IV and to determine the increase in learning outcomes in main idea material by applying short story media. The approach used in this study is a qualitative approach. The data collection techniques used are observation, tests and documentation. The research subjects were class teachers and students, totaling 19 students and 1 teacher. The research was carried out in two cycles. In cycle I, the research results on the learning process were in good qualifications (B) and the learning test results were in poor qualifications (K). Meanwhile, in cycle II the results of research on the learning process were in good qualifications (B) and the results of learning tests were in good qualifications (B). The conclusion of this research is that the application of short story media to the main idea material can improve the learning process and outcomes of class IV students UPT SD Negeri 102 Pinrang</em><em>.</em></p> Hatira Hatira, Mas'ud Muhammadiah, Andi Hamsiah Copyright (c) 2023 Hatira Hatira, Mas'ud Muhammadiah, Andi Hamsiah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3827 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Nilai Karakter Kepedulian Sosial Dan Kedisiplinan Siswa Generasi Alpha Di Sekolah Dasar Negeri Baraya II Kota Makassar https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3825 <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahuipengaruh keaktifan mengikuti pramuka terhadap karakter kepedulian sosial siswa generasi alpha, mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti pramuka terhadap kedisiplinan siswa generasi alpha, dan mengetahui severapa besar pengaruh keaktifan mengikuti pramuka terhadap karakter soaial siswa generasi alpha, (4) mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan terhadap karakter sosial siswa generasi alpha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korasional. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan pendekatan SEM PLS dengan 60 sampel siswa kelas IV, V, dan VI SDN Baraya II Kota Makassar. Berdasarkan nilai koefisien jalur didapatkan bahwa variabel keaktifan mengikuti pramuka tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karakter kepedulian sosial siswa generasi alpha. Variabel keaktifan mengikuti pramuka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa generasi alpha. Variabel keaktifan mengikuti pramuka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel karakter sosial. Variabel kepedulian sosial tidak memiliki pengaruh yang singnifikan dengan nilai koefisien.</p> <p><em>This study aims to determine: (1) the effect of active participation in scouts on the social care character of alpha generation students, (2) the effect of active participation in scouts on the discipline of alpha generation students, (3) how the effect of active participation in scouts on the social character of alpha generation students, (4) how discipline affects the social character of alpha generation students. This research is a quantitative study with a correlational method. Data processing was carried out using the SEM PLS approach with 60 samples of students in grades IV, V, and VI of SDN Baraya II Makassar City. Based on the coefficient value, it is found that the scouting activity variable does not have a significant influence on the social care character of alpha generation students. The scouting activity variable has a significant influence on the discipline of alpha generation students and the scouting activity variable has a significant influence on the social character variable. The social care variable does not have a significant influence with the coefficient value</em><em>.</em></p> Andi Nurhayati, Muhammad Yunus, Rahmania Rahmania Copyright (c) 2023 Andi Nurhayati, Muhammad Yunus, Rahmania Rahmania https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3825 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pendidikan Karakter Dan Motivasi Guru Terhadap Interaksi Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar Di Kota Parepare https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3824 <p>Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan motivasi guru terhadap interaksi sosial peserta didik di Sekolah Dasar Kecamatan Ujung Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik Sekolah Dasar di Kecamatan Ujung Kota Parepare berjumlah 121 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis uji t parsial, uji F simultan dan uji regresi linear berganda. Hasil temuan menunjukkan 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan karakter terhadap interaksi sosial yang dibuktikan dengan nilai 0,000 &lt; 0,05 yang berarti berhubungan. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi guru terhadap interaksi sosial yang dibuktikan dengan nilai 0,000 &lt; 0,05 yang berarti berhubungan. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan karakter dan motivasi guru secara bersama-sama terhadap interaksi sosial diperoleh nilai sig 0,000 &lt; 0,05 yang berarti berhubungan. Jadi, ada pengaruh yang positif dan signifikan pendidikan karakter terhadap interaksi sosial peserta didik di Sekolah Dasar Kecamatan Ujung Kota Parepare.</p> <p><em>The purpose of this study was to analyze the effect of character education and teacher motivation on the social interactions of students in Elementary Schools, Ujung District, Parepare City. This type of research is quantitative with the research subjects being elementary school students in Ujung District, Parepare City, totaling 121 students. The data collection method used is observation and distribution of questionnaires. Methods of data analysis using partial t test analysis, simultaneous F test and multiple linear regression test. The findings show 1) There is a positive and significant effect of character education on social interaction as evidenced by a value of 0.000 &lt;0.05 which means it is related. 2) There is a positive and significant influence of teacher motivation on social interaction as evidenced by a value of 0.000 &lt;0.05 which means it is related. 3) There is a positive and significant influence of character education and teacher motivation together on social interaction obtained a sig value of 0.000 &lt;0.05 which means they are related. So, there is a positive and significant effect of character education on the social interactions of students in Elementary Schools, Ujung District, Parepare City</em><em>.</em></p> Nureni Idris, Syamsul Bahri, Sundari Hamid Copyright (c) 2023 Nureni Idris, Syamsul Bahri, Sundari Hamid https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3824 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3823 <p>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran <em>SAVI </em>(<em>Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) </em>terhadap peningkatan motivasi belajar dan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar. Jenis penelitian ini <em>quasi ekperimental</em> <em>design</em>, dan desain penelitian yang digunakan yaitu <em>non-equivalent control group</em>. Populasi yaitu seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar yang berjumlah 323 orang, sampelnya yaitu kelas V-c dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V-d dengan jumlah siswa 24 orang sebagai kelas control. instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretest dan postest untuk keterampilan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran <em>SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektua</em><em>) </em>dan angket untuk motivasi belajar<em>. </em>Data analisis menggunakan analisis statistik deskriptif pembelajaran <em>SAVI </em><em>(Somatic, Auditory, Visual, Intelektual</em><em>)</em> pada kelas eksperimen motivasi belajar sebesar 89,24 dan untuk keterampilan berbicara sebesar 88,40 dengan <em>sig</em> 0,00 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran <em>SAVI </em><em>(Somatic, Auditory, Visual, Intelektual</em><em>) </em>motivasi belajar sebesar 53,50 dan keterampilan berbicara sebesar 45,83 dengan <em>sig</em> 0,00. Data tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran <em>SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual)</em> terhadap peningkatan motivasi belajar dan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar.</p> <p><em>The aims of this study was to describe the effect of the SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) learning model on increasing learning motivation and Indonesian speaking skills of fifth grade students at SD Cluster I Makassar District. The type of research is quasi-experimental design, the research design used is a non-equivalent control group. The population is all students of class V SD Cluster I, Makassar District, totaling 323 students, the sample is class V-c with 25 students as the experimental class and class V-d with 24 students as the control class. The instruments used to collect data are pretest and posttest. for speaking skills using the SAVI learning model and questionnaires for learning motivation. The data were analyzed using descriptive statistical analysis of SAVI learning in the experimental class learning motivation of 89.24 and for speaking skills of 88.40 with a sig of 0.00 while in the control class that did not apply the SAVI learning model learning motivation of 53.50 and speaking skills of 45.83 with a sig of 0.00. The data shows there is an effect of SAVI learning model on increasing learning motivation and Indonesian speaking skills in fifth grade students at SD Gugus I Makassar District</em><em>.</em></p> Yulianti Yulianti, Asdar Asdar, Andi Hamsiah Copyright (c) 2023 Yulianti Yulianti, Asdar Asdar, Andi Hamsiah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3823 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Keyakinan Guru Tentang Kreativitas Anak Usia Dini https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3783 <p>Kreativitas merupakan kemampuan yang dibutuhkan di era abad 21. Kemampuan tersebut harus dimulai sejak anak usia dini, maka sangat penting khususnya bagi guru anak usia dini untuk memberikan berbagai kegiatan untuk dapat mendukung kemampuan kreativitas anak. Studi yang akan dilakukan bertujuan untuk mengetahui keyakinan guru tentang kreativitas anak usia dini. Sampel yang digunakan sebanyak 44 guru pendidikan anak usia dini yang ada di kabupaten Magelang, Jawa tengah, Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah <em>Questionnaire Examining Student Teachers’ Beliefs about Creativity</em> (QESTBC). Hasil dan implikasi dari penelitian ini akan dibahas pada studi ini.</p> <p><em>Creativity is an ability that is needed in the 21st century. This ability must start from early childhood, so it is very important, especially for early childhood teachers, to provide various activities to support children's creative abilities. The study that will be carried out aims to determine teachers' beliefs about early childhood creativity. The sample used was 44 early childhood education teachers in Magelang district, Central Java, Indonesia. The instrument used was the Questionnaire Examining Student Teachers' Beliefs about Creativity (QESTBC). The results and implications of this research will be discussed in this study</em><em>.</em></p> Bariah Esti Kastufi, Hermahayu Hermahayu, Reza Edwin Sulistyaningtyas Copyright (c) 2023 Bariah Esti Kastufi, Hermahayu Hermahayu, Reza Edwin Sulistyaningtyas https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3783 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Metode Proyek Untuk Anak Usia 5 – 6 Tahun https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3770 <p>Kemampuan motorik halus para siswa kelas B di BA Aisyiyah Mendut berdasarkan hasil observasi awal terindikasi masih rendah. Sebagian besar anak masih kesulitan dalam menulis, melipat kertas, mewarnai dengan rapi serta membentuk kertas origami dengan baik. Penyampaian guru didalam kelas kurang bervariasi dan hanya mengguankan media sederhana yang berulang sehingga kurang menarik bagi anak. Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui metode proyek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelompok B BA Aisyiyah Mendut dengan total siswa 10 orang. Tahapan tindakan dilakukan dalam tahapan tahapan (a) perencanaan (<em>planning</em>), (b) tindakan <em>(acting</em>). (c) pengamatan (<em>observing),</em> (d) refleksi (<em>reflecting).</em> Pengambilan data dilakukan dengan observasi. Analisis teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan skor yang diperoleh dengan skor ideal dalam kelas. Hasil tindakan yang dilakukan menunjukkan bahwa target pencapaian dan kriteria ketuntasan telah tercapai dengan menggunakan metode proyek dapat meningkatkan kemampuan motorik halus kelompok B BA Aisyiyah Mendut.</p> <p><em>Based on the results of initial observations, the fine motor skills of class B at BA AIsyiyah Mendut are indicated to be still low. Most children still have difficulty in writing, folding paper, coloring neatly and forming origami paper well. The teacher’s delivery in the classroom is less varied and only uses simple, repetitive media so it is less interesting for children. This research </em><em>aims to improve fine motor skills through the project method. This research used the classroom action research method which was carried out in group B BA Aisyiyah Mendut with a total of 10 students. Action stages are carried out in stages (a) planning (b) action (acting). (c) observation, (d) reflection. Data collection was carried out by observation. Analysis of data analysis techniques in this research was carried out by comparing the scores obtained with the ideal scores in the class. The results of the actions taken show that the achievement targets and completion criteria have been achieved using the project method to improve the fine motor skills of group B BA Aisyiyah Mendut</em><em>.</em></p> Dian Pramitasari, Khusnul Laely Copyright (c) 2023 Dian Pramitasari, Khusnul Laely https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3770 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800 Penggunaan Media Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Berbahasa Di Tk Al Qur'an Al-Hikam Tunjung Burneh Bangkalan https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3962 <p>Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah yaitu adakah peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka?, dan bagaimana peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka Di TK Al Qur'an Al-Hikam Tunjung Burneh Bangkalan. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka Di TK Al Qur'an Al-Hikam Tunjung Burneh Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Hubungan korelasi peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka secara signifikansi diperoleh 0.003 dimana nilai ini &lt; 0.05 artinya secara signifikansi hubungan korelasi antara variabel sangat kuat. Ditinjau dari nilai korelasi atau pearson correlations hubungan peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka diperoleh nilai sebesar 0.651 nilai ini menunjukkan besar dari korelasi antara variabel. Kesimpulannya nilai hubungan korelasi sebesar 65,1% sangat berkorelasi. Nilai R Square sebesar 0,424 dimana nilai ini memberikan informasi bahwa pengaruh atau efektivitas dari peningkatan kemampuan berhitung dengan metode bermain berbantuan media angka sebesar 0,424 atau 42,4 % sangat berpengaruh.</p> <p><em>This research has several problem formulations, namely, is there an increase in numeracy skills using the playing method assisted by number media and how is the numeracy ability increased using the number media assisted playing method in the Al Qur'an Al-Hikam Tunjung Burneh Bangkalan Kindergarten?. The aim of the research is to determine the increase in ability counting using the playing method assisted by number media at the Al Qur'an Al-Hikam Tunjung Burneh Bangkalan Kindergarten. This research uses a quantitative approach and the correlation relationship between increasing numeracy skills with playing methods assisted by number media has a significance value of 0.003, where this value is &lt;0.05, meaning that the correlation relationship between variables is very strong. Judging from the correlation value or Pearson correlations, the relationship between increasing numeracy skills with playing methods assisted by number media, a value of 0.651 is obtained. This value shows the magnitude of the correlation between the variables. In conclusion, the correlation value of 65.1% is highly correlated. The R Square value is 0.424, where this value provides information that the influence or effectiveness of increasing numeracy skills using playing methods assisted by number media is 0.424 or 42.4%, which is very influential</em><em>.</em></p> Kasmiyah Kasmiyah, Hetty Purnamasari, Sri Yuni Hanifah Copyright (c) 2023 Kasmiyah Kasmiyah, Hetty Purnamasari, Sri Yuni Hanifah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/3962 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800