Harga Diri, Regulasi Emosi, dan Perilaku Asertif pada Mahasiswa

Authors

  • Nurrahmah Nurrahmah Program Studi Psikologi Universitas Bosowa
  • Titin, P. Florentina Program Studi Psikologi Universitas Bosowa
  • Hasniar A. Radde Program Studi Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v1i1.1092

Keywords:

Harga Diri, Regulasi Emosi, Perilaku Asertif

Abstract

Perilaku asertif merupakan tindakan yang dilakukan individu untuk menyampaikan informasi secara jujur dan sopan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku asertif, harga diri, dan regulasi emosi pada mahasiswa; untuk mengetahui kemampuan harga diri dan regulasi emosi secara bersama-sama dalam memprediksi perilaku asertif pada mahasiswa; serta untuk mengetahui kemampuan masing-masing variabel independen dalam memprediksi perilaku asertif pada mahasiswa di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian berjumlah 434 mahasiswa di Kota Makassar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu skala adaptasi dari skala Assertiveness Formative Questionnaire, skala The State Self Esteem Scale, serta skala Emotion Regulation Questionnaire. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data regresi linear berganda. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu harga diri dan regulasi emosi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku asertif (p<0.05); harga diri dapat menjadi prediktor terhadap perilaku asertif secara positif dan signifikan (p<0.05); regulasi emosi dapat menjadi prediktor terhadap perilaku asertif secara signifikan (p<0.05). Penjelasan mengenai hasil penelitian akan dibahas lebih lanjut.

Downloads

Published

2021-07-06