Perundungan pada Siswa SMP, Dinamika Kontrol Diri dan Konsep Diri: Faktor, Dampak dan Usaha Penanggulangan

Authors

  • Syamsul Bachri Thalib Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Herlina Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Tarmizi Thalib Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Nurul Habiba Makkatenni Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v1i2.1148

Keywords:

Perundungan, Kontrol Diri, Konsep Diri

Abstract

Perundungan masih sering terjadi di Sekolah. Sayangnya, gambaran perilaku tersebut masih perlu dieksplorasi lebih jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran psikologis perundungan pada siswa SMP, faktor penyebab, dampak dan usaha dalam mengatasinya. Dinamika kontrol diri, konsep diri pelaku dan korban serta pengaruh keduanya terhadap perundungan juga diperhatikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 345 siswa SMP atau sederajat pada semua tingkatan di Sulawesi Selatan dan 53 guru yang mempunyai pengalaman perundungan pada siswa. Data diambil dengan teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala perundungan, kontrol diri dan konsep diri yang telah diukur validitas dan reliabilitasnya. Pertanyaan terbuka juga diberikan untuk melihat faktor, dampak dan usaha penanggulangan kasus. Analisis dilakukan secara deskriptif, interpretatif dan regresi dengan menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perundungan tergolong tinggi. Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku perundungan adalah lingkungan siswa, kepribadian, perbedaan status sosial dan ekonomi, media, dan pengalaman masa lalu. Dampak perilaku perundungan bagi korban adalah munculnya kecemasan, rasa rendah diri, traumatik sedangkan bagi pelaku perilaku perundungan adalah tidak disenangi orang lain, merasa puas, malu, dan tertekan. Sekolah melakukan beberapa usaha untuk mengatasi perundungan, seperti pemberian nasehat, konseling, sosialisasi anti-bullying, memediasi konflik siswa, memanggil orangtua, hingga pemberian hukuman. Penelitian ini tidak menemukan pengaruh perundungan terhadap konsep diri dan kontrol diri.

References

Agustin. W.. Siregar. N.R.. & Jahada. (2018). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konsep diri siswa SMP Negeri 13 Kendari. Jurnal Bening. 2 (2): 113 – 124.

American Psychological Association. (2016). Policy brief: bullying prevention is a top APA priority. Journal of American Psychological Association. 47 (10).

Ani. S. D.. & Nurhayati. T. (2019). Pengaruh bullying verbal di lingkungan sekolah terhadap perkembangan perilaku siswa. Jurnal Edueksos. 8 (2): 88 – 101.

Arofah. I. Z.. Hudaniah. Zulfiana. U. (2018). Pengaruh perilaku bullying terhadap empati ditinjau dari tipe sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 6 (1): 74 – 92.

Baumeister. R. F.. Vohs. K. D.. & Tice. D. M. (2007). The Strength Model of Self-control. Current Directions in Psychological Science. Vol. 16. No. 6. 351-355.

Calhoun. J. F.. & Acocella. J. R. (1990). Psychology of Adjustment Human Relationship 3th ed. New York: McGraw-Hill.

Dyastuti. S. (2012). Mengatasi Perilaku Agresif Pelaku Bullying Melalui Pendekatan Konseling Gestalt Teknik Kursi Kosong. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 1(1): 30-35.

Fatimatuzzahro. A.. Nimah Suseno. M.. & Irwanto. B. (2018). Efektifitas Terapi Empati Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Petik. 3(2): 1-12.

Folastri. S.. & Prasetyaningsih. W. E. (2017). Gambaran Konsep Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Sumbangsih, Jakarta Selatan. Teraputik. 1(1): 33-40.

Haryadi. D. 2019. KPAI Catat 127 Kasus Kekerasan di Sekolah. diakses di https://www.ayobandung.com/read/2019/10/30/68647/kpai-catat-127-kasus-kekerasan-di-sekolah. pada tanggal 20 Februari 2020.

Hurlock. E. B. (1999). Chlid Development Jilid II. terjemahan Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Intani. C. P.. & Ifdil. I. (2018). Hubungan kontrol diri dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4(2): 65-70.

Karim. A. F. (2019). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Agresi Verbal pada Siswa di SMP Negeri 4 Ungaran. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Masdin. M. (2013). Fenomena Bullying dalam pendidikan. Al’ta’dib. Jurnal Tarbiyah STAIN Kendari.

Purnaningtyas. L.. F.. & Masykur. A.. M. (2015). Konsep Diri dan Kecenderungan Bullying pada Siswa SMK Semarang. Jurnal empati, 4(4): 186-190.

Roberts. J. A.. & Manolis. C. (2012). Cooking up a recipe for self-control: the three ingredients of self-control and its impact on impulse buying. Journal of Marketing Theory and Practice. Vol. 20. No. 2. 173-188.

Saifullah. F. (2016). Hubungan antara Konsep Diri dengan Bullying pada siswa-siswi SMP (SMP Negeri 16 Samarinda). Ejournal Psikologi. 4(2): 200-214.

Salmi. Hariko. & Afdal. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. I8I(2): 88-99.

Saraswatia. G. K.. Zulpahiyana. Z.. & Arifah. S. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja di SMP 13 Yogyakarta. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. 3(1). 33.

Saragi. M. P. D. (2017). Analisis Konsep Diri Siswa SMA 8 Padang dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Al-Irsyad. 7(2): 11-15.

Selvia. F.. & Sugiharto. D. Y. P. (2017). Teknik Cognitive Restructuring dan Thought Stopping dalam Konseling Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Perundungan Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. 6(1): 20-27.

Simarmata. S. W.. Marjohan. & Alijamar. (2017). Kontribusi konsep diri dan keterlibatan orangtua yerhadap kemampuan membina rapport dengan teman sebaya serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 29 Padang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 7 (1): 78-95.

Sheehan. M. (1999). Workplace Bullying: Responding with some emotional intelligence. International Journal of Manpower. 20(1/2). 57-69.

Shoemaker. P. J.. & Reese. S. D. (1996). Mediating the message: Theories of influence on mass media content. White Plains. NY: Longman.

Soraya. A. I.. & Badaruddin. M. S. (2019). Efektifitas Cerita Pendek Sebagai Media Kampanye “Stop Bullying” Terhadap Siswa SMP Di Kota Makassar: Fungsi Edukatif Karya Sastra. Jurnal Ilmu Budaya. 7(2): 266-272.

Sufriani. & Sari. E. P. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Bullying pada Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Idea Nursing Journal. 8(2).

Tumon. M. B. A. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 3(1): 1-17.

Widodo. S. T. M.. & Nita. V. (2019). Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 3 (1): 67-75.

Downloads

Published

2021-12-20