Emotional Exhaustion terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi

Authors

  • A. Alifah Nur Sosialita MF Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sitti Syawaliyah Gismin Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sri Hayati Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

Keywords:

Emotional Exhaustion, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kelelahan emosional atau emotional exhaustion pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, mengetahui gambaran prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, dan mengetahui emotional exhaustion dalam memprediksi prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Sampel dari penelitian ini berjumlah 400 responden (laki-laki=109, perempuan=291) yang sedang mengerjakan tugas akhir dari berbagai universitas di Kota Makassar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah menggunakan skala emotiona exhaustion dan skala prokrastinasi akademik. Kedua skala tersebut dikonstruksi sendiri oleh peneliti dengan mengacu pada aspek-aspek emotional exhaustion) dan prokrastinasi akademik). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi sederhana menggunakan aplikasi SPSS 20 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa emotional exhaustion dapat menjadi prediktor terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi (p=0,000; p<0,05). Kedua variabel ini memiliki hubungan yang positif, berarti semakin besar kelelahan emosional (emotional exhaustion) yang dirasakan mahasiswa maka semakin tinggi pula kecenderungan ia melakukan prokrastinasi akademik.

References

Almeryasandy. F. (2013). Hubungan Antara Emotional exhaustion dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Skripsi. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Aziz. A & Raharjo. P. (2013). Faktor-Faktor Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Menyusun Skripsi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tahun Akademik 2011/2012. Psycho Idea. 11 (1). 61-68. ISSN: 1693-1076.

Ferrari. J.R. (2010). Still Procrastinating?. Canada: John Wiley & Sons. Inc.

Ferrari. J.R.. Johnson. J.L.. & McCown. W. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory. Research. and Treatment. New York: Plenum Press.

Nurrahmah. N.. Titin. P. F.. & Radde. H. A. (2021). Harga Diri. Regulasi Emosi. dan Perilaku Asertif pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Karakter. 1(1). 07-16.

Maslach. C. (1982). Burnout The Cost of caring. Englewood Cliffs. NJ Prentice-Hall.

Nasution. S. (2008). Berbagai Pendekatn Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pines. A.. Aronson. E.. & Elliot. (1989). CareerBurnout: Causes And Cures. New York: Free Press.

Santrock. J. W. (2012). Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Downloads

Published

2021-12-20