Gambaran Citra Diri pada Pengguna Facebook Di Kota Makassar

Authors

  • Sephliana J. Mantunges Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Musawwir Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Arie Gunawan H. Zubair Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

Keywords:

Citra Diri, Pengguna Facebook, Sosial Media

Abstract

Survei dari Pew Internet & American Life Project, menyatakan 54% pengguna internet memiliki kebiasaan memposting foto dirinya ke dalam situs jejaring sosial facebook Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran citra diri pada pengguna facebook di Kota Makassar. Citra diri merupakan persepsi tentang diri kita sendiri, dan seringkali tidak kita sadari, karena memiliki bentuk yang sangat halus atau abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yaitu metode non probability sampling. Responden penelitian ini terdiri dari 400 orang pengguna aktif facebook yang berusia 15 sampai 25 tahun yang berdomisili di Kota Makassar. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat citra diri adalah modifikasi dari alat ukur Mulitdimensional Body Self Relation Questionnaire-Appearance Scales (MBSRQ-AS) yang dibuat berdasarkan teori Cash (2005), yang terdiri dari aspek evaluasi penampilan, orientasi penampilan, dan kepuasaan terhadap bagian tubuh. Hasil analisis validitas menunjukkan 38 item memenuhi syarat sedangkan reliabilitas berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 0.71. Hasil penelitian dibuat berdasarkan lima kategori yaitu jenis kelamin, pekerjaan, usia, jumlah teman di Facebook dan jenis postingan di Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat citra diri yang dimiliki oleh pengguna facebook di Kota Makassar berada pada kategori sedang.

References

APJII. (2020). Survei pengguna internet APJII 2019-Q2 2020: Ada kenaikan 25.5 Juta Pengguna Internet Baru di RI.

Ardi, P. (2008). Hubungan antara Citra Diri (Self-Image) dengan Aspirasi Kerja pada Salesman.

Cash, T. F., & Pruzinsky, T. (2002). Body Image: A Handbook of Theory, Research, and Clinical Practice (1st ed.). The Guilford Press.

Cash, T., & Fleming, E. (2002). The impact of body image experiences: Development of the body image quality of life inventory.

Dacey, J., & Kenny, M. (1997). Adolescent development, 2nd ed (pp. xxv, 565). Brown & Benchmark Publishers.

Daniels, E. A., Gillen, M. M., & Markey (eds.), C. H. (2018). Body Positive: Understanding and Improving Body Image in Science and Practice. Cambridge University Press.

Hidayat, R., Malfasari, E., & Herniyanti, R. (2019). Hubungan Perlakuan Body Shaming dengan Citra Diri Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 79.

Kirsh, S. J., Atwater, E., & Duffy, K. G. (2014). Psychology for living: Adjustment, growth, and behavior today (11th ed.). Pearson.

Musawwir, Zubair, A. G. H., & Inayah, N. (2021). Inferioritas Pada Siswa Smp dan Mts Di Pulau Ternate. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 8–15.

Papalia, D., Olds, S., & Feldman, R. (2009). Human Development (11th ed.). McGraw-Hill Education.

Ramadhani, T. N., & Putrianti, F. G. (2014). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Citra Diri pada Remaja Akhir. Jurnal Spirits, 4(2), 22–32.

Razani, A. (2021). Hubungan antara Citra Tubuh dengan Kecemasan Penampilan Sosial pada Perempuan Hamil Usia Dewasa Awal-Ubaya Repository.

Rifauddin, M. (2016). Fenomena Cyberbullying pada Remaja. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan.

Suseno, A. O., & Dewi, K. S. (2014). Hubungan antara Ketidakpuasan Bentuk Tubuh dengan Intensi Melakukan Perawan Tubuh pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Empati, 3(3): 20–31.

Thomas, C., & Linda, S. (2011). Body Image, Second Edition: A Handbook of Science, Practice, and Prevention-Second Edition (Second Edition, Second Edition). The Guilford Press.

Downloads

Published

2021-12-20