Faktor Penyebab Perilaku Berisiko Masyarakat Kota Makassar Selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Masa Pandemi Covid-19: Studi Deskriptif Kualitatif

Authors

  • Niswatul Hasanah Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sulasmi Sudirman Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Syahrul Alim Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.1287

Keywords:

Perilaku berisiko, Masyarakat, Pandemi Covid 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab masyarakat kota Makassar memunculkan perilaku berisiko selama Adaptasi Kebiasaan Baru di masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian menggunakan metode qualitative descriptive (QD). Pengumpulan data melalui wawancara FGD (Focus Group Discussion) pada 8 orang responden, dan dilanjutkan dengan wawancara mendalam pada dua orang yakni tokoh agama dan perangkat pemerintahan. Hasil Analisis menunjukan bahwa, terdapat tiga faktor penyebab perilaku berisiko masyarakat yakni pertama faktor pembentuk perilaku berisiko yaitu kepercayaan, sikap, keyakinan, pengetahuan, dan nilai. Kedua faktor yang mendorong perilaku berisiko yakni keterjangkauan sumber daya kesehatan, proritas dan komitmen masyarakat terhadap kesehatan, tempat tinggal, ekonomi, informasi serta ada faktor lain yang mempengaruhi yaitu budaya dan religiusitas. Faktor ketiga yakni faktor pengendali risiko meliputi umpan balik dan dukungan positif dari pihak ketiga, serta adanya pemberian bantuan dari pihak ketiga. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat tiga faktor utama penyebab perilaku berisiko yaitu pertama nilai, sikap, dan pengetahuan individu. Kedua faktor pendorong perilaku berisiko dipengaruhi kondisi ekonomi. Ketiga yakni pengendali risiko meliputi umpan balik dan dukungan positif dari pihak ketiga, serta adanya bantuan biaya dari pihak ketiga.

References

Baban., A, Cracium.C. (2007). Changing Health-Risk Behaviors: a Review Of Theory and Evidence-Based Intervention in Health Pchology. Jurnal of Cognitive and Behavioral Pschorherapies. 7 : 1.

BPS RI. (2020). Hasil Survei Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Budiharto. (2013). Pengantar Ilmu Perilaku Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan Gigi. Penerbit Buku Kedokteran EGC : Jakarta.

Fauzie, Yanna.,Y (2020). New Normal dan Ancaman Bagi Ekonomi RI.

Fitriani, A. (2016). Peran Religiusitas Dalam Meningkatkan Psychological Well Being. Jurnal Psikologi Agama, 1-23.

Harahap, S. R. (2020). Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid-19. Al-Hikmah: Media Dakw (Fitriani, 2016) (Ramadhana, 2020)ah, Komunikasi, Sosial, dan Budaya, 45-53.

Ishak, K. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengangguran dan Inflikasinya Terhadap Indek Pembangunan Indonesia. Jurnal Ekonomi, 22-38.

Kementerian Kesehatan, I. U. (2020). Survei Penerimaan Vaksin Covid-19 di Indonesia. Indonesia: WHO, KEMENKES, UNICEF.

Nicola., M. dkk. (2020). The Socio-Economic Implication Of The Coronavirus And Covid-19 Pandemik: A Review, International Journal Of Surgery, 78, hlm. 185-193. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.04.018.

Norken, I. Nyoman dkk. (2015). Pengantar Analisis dan MANAJEMEN Risiko Pada Proyek Konstruksi. Jakarta : Udayana University Press.

Notoatmodjo S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Rahman, M. A. (2019). Nilai, Norma, dan Keyakinan Remaja dalam Menyebarkan Informasi Sehari-hari Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 25-28.

Ramadhana, M. R. (2020). Mempersiapkan Ketahanan Keluarga Selama Adaptasi Kebiasaan Baru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 61-68.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Research And Development (R&D). Bandung : Alfabeta.

Suharyat, Y. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat, dan Perilaku Manusia. Jurnal Academia, 1-19.

Wahyuningsih, A. S. (2016). Hubungan Pengetahuan Dengan Tingkat Kepatuhan Pengobatan Pada Pasien Tuborkulosis DI RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis, 46-51.

World Health Organization. (2020). Situation Report Coronaviruse.

Yusuf, M. A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Amp; Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-12-29