Gambaran Kepuasan Kerja Karyawan Kantor Pos (Persero) Di Kota Makassar

Authors

  • Novita Andriani Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sri Hayati Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Arie Gunawan Hazairin Zubair Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.1290

Keywords:

Kepuasan Kerja, Karyawan, Kantor Pos

Abstract

Dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) diperlukan manajemen yang baik dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kepuasan kerja karyawan kantor Pos (PERSERO) di Kota Makassar. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan subjek penelitian ini dilakukan terhadap seluruh karyawan kantor Pos di Kota Makassar sebanyak 284 orang (L=186 orang, dan P=98 orang). Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan skala kepuasan kerja dengan nilai reliabilitas 0,956. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu, terdapat 35 responden atau 12,35% yang berada pada kategori rendah, 213 responden karyawan atau 75,0% yang berada pada kategori sedang, dan terdapat 36 responden karyawan atau 12,7% yang berada pada kategori tinggi. Kepuasan kerja pada karyawan kantor Pos di Kota Makassar tergolong baik, walaupun pada setiap karyawan memiliki kepuasan kerja yang berbeda-beda, dan jika perusahan dapat memberikan kenyamanan pada karyawan seperti tempat kerja yang nyaman, pemberian bonus, dan pemberian promosi jabatan, maka tingkat kepuasan kerja pada karyawan akan semakin baik. Limitasi penelitian ini yaitu hanya dapat digeneralisasikan pada karyawan kantor Pos di Kota Makassar saja dan tidak dapat digeneralisasikan oleh kantor pos di kota lainnya.

References

Fattah, H. (2017). Kepuasan Kerja & Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Elmatera (Anggota IKAPI).

Herzberg, F. (1973). Work and the Nature of Man. New York: The World Publishing Company.

Herzberg, F. (2011). Herzberg’s motivation-hygiene theory and job statisfaction. Clevalend: World Publishing Company.

Hessel, N. S. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kreitner, Robert & Kinicki, Angelo. (2003). Organizational / Behavior, Fifth, Richard D. Irwan, Inc.

Nurbahar, R. (2015). Kepuasan kerja karyawan di pt indonesia (persero) cabang kebumen. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Robbins, S. P. (1996). Perilaku organisasi: konsep kontroversi aplikasi jilid 1. Jsakarta: Prenhallindo.

Robbins, Stephen P. & Timothy A Judge (2008). Perilaku Organisasi. Edisi ke-12. Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan, G. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja pada Karyawan PT. Multi Hokkindo Addji. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Spector, P. E. (1997). Job Satisfaction: application, assessment, cause, and consequences. California: Sage Publications.

Syahputra, D.R.H (2019). Kontribusi Locus of Control Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Devisi Lineside PT. X. Universitas Bosowa Makassar.

Yudha, K. (2018). Pengaruh Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Pegadaian Syariah Kantor Cabang Simpang Patal Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Downloads

Published

2023-12-29