Parenting Style Sebagai Prediktor Terhadap Inferiority Feeling Pada Mahasiswa di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.1317Keywords:
Parenting Style, Inferiority Feeling, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parenting style terhadap inferiority feeling pada mahasiswa di Kota Makassar. Inferiority feeling dalam penelitian ini merupakan penilaian diri seseorang secara negatif, dimana seseorang berlarut-larut dalam perasaan negatif. Parenting style dalam penelitian ini merupakan cara mengasuh anak yang dilakukan oleh orang tua dalam kehidupan sehari-hari, yang berperan penting dalam proses perkembangan anak. Jumlah sampel dalam penelitian berjumlah 418 subjek (124 laki-laki, 294 perempuan) mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Inferiority Feeling dengan reliabiltas (a = 0,908). Skala parenting style, dimana reliabilitas dimiliki oleh masing-masing gaya pengasuhan; tipe otoriter (a = 0,752), tipe demokrasi (a = 0,752), tipe permisif (a = 0,675), dan tipe pengabaian atau neglecting (a = 0,728). Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Kesimpulan penelitian ini adalah parenting style terbukti dapat menjadi prediktor terhadap inferiority feeling pada mahasiswa di Kota Makassar. limitasi penelitian ini adalah penyebaran demografi responden.
References
Adler, A. (1927). Understanding Human Nature. New York: Greenburg.
Adler, A. (1956). The Individual Psychology. New York: D. Appleton & CO Brodway.
Arefian, R., Ghajari, E., Mansobi, H., & Motlagh, M. (2016). The Relationship between Parenting Styles in the Formation of the Inferiority Complex. Journal of Applied Environmental and Biological Sciences, 5(128), 192-195.
Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. Journal of Early Adolescene, 11(1), 56-95.
Einstein, G., & Indrawati, E. (2016). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Perilaku Agresif Siswa/Siswi SMK Yudhakarya Magelang. Jurnal Empati, 491-502.
Frank, L. (2021). A Study of Student's Perceived of Inferioirty Complex at A Community Collage in Hong Kong. Inggris: Nottingham University.
Lally, M., & French, S. (2017). Lifespan Development: A Psychological Perspective. California: Collage Lake Country.
Mindarsih, & Ayu. (2017). Pola Asuh Orang Tua Berhubungan dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Warungboto Yogyakarta. Jurnal Pendidikan & Ilmu Kesehatan, 1-17.
Salam, R. (2016). Pola Pengasuhan Anak di Kampung Nelayan Kelurahan Untia Makassar. Jurnal Sejarah dan Budaya, 7(2), 1-10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fatimah A. Syarifah, Hasniar A. Radde, Syahrul Alim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.