Pengaruh Gratitude terhadap Resiliensi pada Dewasa Awal di Kota Makassar

Authors

  • Analda Putri Armafansa Fakultas Psikilogi. Universitas Bosowa
  • Musawwir Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sri Hayati Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v2i2.1825

Keywords:

Resiliensi, Gratitude, Dewasa Awal

Abstract

Resiliensi yaitu mampu bangkit dari tekanan yang dialami, mampu melewati tantangan-tantangan dalam kehidupan serta mampu bangkit kembali setelah mengalami kesulitan besar dalam kehidupan, sehingga mampu bertahan dan menyelesaikan masalah dengan baik. Pada saat ini banyak individu yang jarang mengungkapkan rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari hal ini dapat berdampak negatif dan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gratitude terhadap resiliensi pada dewasa awal di Kota Makassar. Sampel pada penelitian ini berjumlah 403 responden yang merupakan seseorang yang telah berusia 18-25 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala resiliensi yang di buat oleh Wahyuliani Safitri (2020) dengan nilai reliabilitas sebesar 0.867 dan skala gratitude yang di buat oleh Reza Malik Akbar (2018) dengan nilai reliabilitas sebesar 0.746. Hipotesis diuji dengan menggunakan teknik analisi regresi sederhana dengan bantuan program analisis data SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gratitude berpengaruh terhadap resiliensi pada dewasa awal di Kota Makassar dengan kontribusi sebesar 38% (p=0.000; p<0,05) dengan arah pengaruh positif, semakin tinggi gratitude, maka resiliensi juga semakin meningkat.

References

Abdullah, S., & Susanto, T. E. (2015). Statistika Tanpa Stress. Jakarta: Transmedia Pustaka. Akbar, M. R. (2018). Hubungan Kebersyukuran Dengan Psychological Well Being Pada

Pasien Yang Mengidap Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Akin. I., & Radford, L. (2018). Exploring the development of student self esteem and resilience in urban schools. Contemporary issues in education research, 11(1), 17-24.

Dawson. (2013). Resilience: The role of optimism, perceived autonomy support and perceived social support in first year university student. Journal of education and training studies, 1(2). 8-22.

Amelia, S., Asni, E., & Chairilsyah, D. (2014). Gambaran Ketangguhan Diri (Resiliensi) pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jurnal Psikologi, 1(1), 173-189.

Ayudia, K. V. F., & Solicha. (2014). Resiliensi Penyandang Tuna Daksa: Pengaruh Dukungan Sosial Dan Gratitude Dalam Membentuk Individu Yang Resilien. Journal of Psychology, 19(2), 151-170.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2018). Dasar-dasar Psikometrika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2019). Konstruksi Tes Kemampuan Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial jlid 2 (edisi 10). Jakarta: Erlangga.

Bernard, B. (2004). Resiliency: What We Have Learned. San Francisco: Wasted Regional Educational Laboratory.

Cannon, J. T. (2002). Expriences of the 1989 Loma Priete earthquake: A narrative analaysis (Doctoral dissertation, Saybrook Graduate School, 2002). Disertation Abstracts International, 64(4), 19-38.

Casmini. (2007). Emotional Parenting. Yogyakarta: Pilar Media.

Cassidy, S. (2016). The academic resilience scale (ARS-30): A new mulitidimensional construct measure. Frontiers in Psychologi, 1(1), 1-18.

Connor, K. M., & Davidson J. R. T. (2003). Spirituality, Resilience, and Anger in Survivors of Violent Trauma: A Community Survey. Journal of Traumatic Stress, 16(4), 487- 494.

Deswanda, A.R. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi resiliensi remaja yayasan sosial di Jakarta Selatan. Jurnal Psikologi, 8(2), 465-473.

Dhohiri, T. R. (2007). Tim Sosiologi, Sosiologi 3 suatu Kajian Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Yudhistira Ghalia Indonesia.

Dweck, C. (2017). Mindset - Changing the way you think to fulfil your potential. Washington DC: Robinson.

Edwina P. I. O & Tessalonika S (2021). Peran Mindset Terhadap Resiliensi Keluarga Pada Dewasa Awal. Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 183-194.

Ekasari, M. F., Riasmini, N. M., & Hartini, T. (2018). Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia Konsep dan Berbagai Intervensi. Malang: Wineka Media.

Emmons, R. A., & Crumpler, C. A. (2000). Gratitude as a human strength: Appraising the evidence. Journal of Social and Clinical Psychology, 19(10), 56-69.

Emmons, R. A., & Mc Cullough, M. E. (2004). The psychology of gratitude. New York: Oxford University Press.

Emmons, R. A. (2007). Thanks! How the new science of gratitude can make you happier. New York: Houghton Mifflin Company.

Emmons, R. A., & Shelton, C. M. (2002). Handbook of positive psychology, New York: Oxford University Press.

Greenberg, L. S. (2002). Emotion-focused therapy: Coaching clients to work through their feelings. Washington DC: APA.

Grotberg, E. H. (2001). Resilience programs for children in disaster. Ambulatory Child Health. 8(2), 1-16.

Hendriani, W. (2018). Resiliensi Psikologis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Kencana Prenaoamedi group.

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Ibrahim, S. W. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Santri Pondok Pasantren Di Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Bosowa.

Jannah, R., Martha, S. P., Aziz, S. N & Nina, Z. S. (2019). Makna kebahagiaan mahasiswa perantau. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 1(1), 22-29.

Jurjewicz, H. (2016). How spirituality leads to resilience a case study of immigrants. European Journal of Science and Theology, 12(4), 17-25.

Kumar, A., & Dixit, V. (2014). Forgiveness, gratitude and resilience among Indian youth. Journal of health & wellbeing, 5(12), 651-691.

Lazarus, R., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal and coping. New York: Springer Publishing Company.

Lopez, S. J., & Snyder, C. R. (2003). Positive psychological assessment: A handbook of models and measures. Washington DC: American Psychological Association.

Lufiana, H. U. (2020). Bersyukur dan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologi Islam. 3(1), 1-21.

Margono, S. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Marti., dkk (2016). Character strengths predict resilience over and above positive affect, self efficacy, optimism, social support, self esteem, and life satisfaction. The Journal of Positive psychology. 4(6), 51-90.

McCullough, M. E., Emmons, R. A., & Tsang J. A. (2002). The Grateful Disposition : A Conceptual And Empirical Topography. Journal of Personality and Social Psychology, 82(1), 112-127.

McConnel, T. (2019). from Gratitude. In Roberts, R & Telech, D. The Moral Psychology of Gratitude. New York: Rowman & Littlefield International.

Mondi, C. F., & Reynolds, A. J. (2017). Predictors of depressive symptoms in emerging adulthood in a low-income urban cohort. Journal of Applied Development Psychology, 2(50), 45-59.

Mujahidah, E., & Ratih, A. L. (2018). Pengaruh Resiliensi dan Empati terhadap Gejala Depresi pada Remaja. Jurnal Psikologi, 14(1), 60-75.

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). Psychosocial Resilience. American Journal of Orthopsychiatry, 57(8), 316-332.

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor: 7 Essential Skills for Overcoming Life’s Inevitable Obstacles. New York: Broadway Books.

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor. New York: Broadway Books. Santrock, J.W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga.

Seligman, M. E. P. (2002). Authentic happiness: Using the new positive psychology to realize your potential for lasting fulfillment. New York: Free Press.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif dan kulatitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Watkins, P. C., Wooward, K., Stone, T., & Kolts, R. L. (2003). Gratitude and happinesss: Development of a measure gratitude and relationship with Subjective well-being. Social Behavior and Personality, 31(5), 431-452.

Downloads

Published

2022-12-31