Resilience Academic sebagai Prediktor terhadap Burnout Academic pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Kota Makassar

Authors

  • Muh Fikri Khaekal Khaekal Program Studi Psikologi Universitas Bosowa
  • Arie Gunawan H. Zubair Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Minarni Program Studi Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v2i2.1875

Keywords:

Academic Burnout, Resilience Academic, Mahasiswa Akhir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resilience academic dapat menjadi predictor terhadap academic burnout pada mahasiswa akhir di Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan terhadap 432 Mahasiswa di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur psikologi yaitu Skala Academic Burnout dari Anwar (2021) dan Resilience Academic dari Raodah (2021), kemudian kedua alat ukur tersebut dimodifikasi oleh peneliti sesuai dengan konteks penelitian. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resilience academic dapat menjadi predictor terhadap academic burnout pada mahasiswa akhir di Kota Makassar, dengan nilai kontribusi sebesar 27,6%.

References

Alimah, S., Swasti, K. G., & Ekowati, W. (2016). Gambaran Burnout Pada Mahasiswa Keperawatan Di Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130-141.

Anwar, D. R. (2021). Perbandingan Academic Engangement Sebagai Prediktor Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Kedokteren Berdasarkan Jenis Kelamin Di Kota Makassar (Skripsi). Universitas Bosowa, Makassar, Indonesia.

Ashari, N., & Salwah. (2020). Pengaruh Resiliensi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika : Pedagogy, 5(1), 1-8.

Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self Esteem, dan Resiliensi Terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 491-498.

Aziz, A. & Raharjo, P. (2013). Faktor-Faktor Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Menyusun Skripsi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tahun Akademik 2011/2012 (skripsi). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Azwar, S. (2019). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in psychology, 7, 1787.

Connor, K. M. & Davidson, J. R. T. (2003). Development Of A New Resilience Scale: The Connor Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18, 76-82.

Dewi, R. P., Yosef, & Harlina (2017). Hubungan Antara Academic Self Confidence Dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 4(2), 14-27.

Fun, L. F., Kartikawati, I. N., Imelia, L., & Silvia, F. (2021). Peran Bentuk Social Support Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Psikologi Di Universitas “X” Bandung. Mediapsi, Vol.7(1),17-26.

Gold, Y., & Roth, R. A. (1993). Teachers Managing Stress and Preventing Burnout The Professional Health Solution. London: Falmer Press.

Grotberg, H. (2004). Children and Caregivers : the role of resilience. Journal of International Council of Psychological (ICP) Convention, China.

Hayati, I., & Fitria, S. (2018). Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada BMT El-Munawar Medan. Intiqad, 10(1), 50-66.

Helton, L. R., & Smith, M. K. (2004). Mental Health Practice With Children And Youth: A Strengths And Well-Being Model. Haworth Social Work Practice Press.

Hobfoll, S. E. (2002). Social and Psychological Resources and Adaptation. 6 (4),307-324. https://doi.org/10.1037//1089-2680.6.4.307

Hosinabadi-farahani, Kasirlou, & Inanlou (2016). Academic Burnout: A Descriptive analytical Study of Dimensions and Contributing Factors in Nursing Student. Austin Journal of Nursing & Health Care, 3(2), 1033.

Indrawati, T. (2019). Pengaruh Resiliensi dan Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Guru di PAUD Rawan Bencana ROB. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2, 71-82.

Izzati, R., Suardiman, S., Ayriza, Y., Purwandar., Hiryanto., & Kusmaryani. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.

Lee, E. (2019). Effect of Resilience on Academic Burnout of Nursiing Student. Journal of The Korea Academic Indusstial Cooperation, 20(6), 178-187.

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2008). Academic buoyancy: Towards an understanding of students' everyday academic resilience. Journal of school psychology, 46(1), 53-83.

Maslach, C., & Jackson, S. E. (1981). The Measurement Of Experienced Burnout. Journal Of Occupational Behavior, 99-113.

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Burnout. Annual Riview Of Psychologi, 52, 397-422.

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Burnout. Annual Riview Of Psychologi, 52, 397-422.

Maylani, P., & Kusdiyanti, S. (2021). Pengaruh Resiliensi terhadap Academic Burnout Mhasiswa di Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Psikologi, 7(2), 374-380.

Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 201-211.

Muna, N. R. (2013). Efektivitas Teknik Self Regulation Learning ¬¬dalam Mereduksi Tingkat Kejenuhan Beajar Siswa di SMA Insan Cendikia Sekarkemuning Cirebon. Jurnal Holistik, -14(2),57-78.

Oyoo, S. (2018). Academic Resilience as a Predictor of Academic Burnout among Form Four Students in Homa-Bay County, Kenya. International Journal of Education and Research, 187-200.

Primita, H. Y., & Wulandari, D. A. (2014). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Burnout pada Atlet Bulutangkis di Purwokerto. Psychoidea, 12(1), 10-19.

Puspitaningrum, K. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Burnout Pada Mahasiswa Dalam Mengerjakan Skripsi (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta

Putri, B. V. F. M., Amalia, E., & Sari, D. P. (2021). Hubungan Antara Burnout Dan Kualitas Tidur Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Mataram. Prosiding Saintek, 3, 282-292.

Rad, M., Shomoossi, N., Rakhshani, M. H., & Sabzevari, M. T. (2017). Psychological Capital and Academic Burnout in Students of Clinical Majors in Iran. Acta Facultatis Nedicae Naissensis, 34(4), 311-319.

Raodah, S. (2021). Tingkat Resiliensi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Di Masa Pandemi (Skripsi). Universitas Bosowa, Makassar, Indonesia.

Redityani, N., & Susilawati, L. (2021). Peran Resiliensi dan Dukungan Sosial terhadap Burnout pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 8(1), 86-94.

Schufeli, W. B., & Bakker, A. B. (2004). Job Demands, Job Resources, and Their Relationship With Burnout and Engagement: A Multi Sample Study. Journal of Organicational Behavior, 25, 293-315.

Schufeli, W. B., & Buunk, A. B. (2003). Burnout: An Overview Of 25 Yeaars Of Research And Theorizing Of Work And Health Psychology, 383-425.

Schufeli, W. B., & Hu, Q. (2009). The Factorial Validity of The Maslach Burnout Inventory Student Survey in China. Psychological Reports, 105, 394-408.

Schufeli, W. B., Martinez, I. M., Pianto, A. M., Salanova, M., & Bekker, a. B. (2002). Vurnout And Engagement In University Student – A Cross National Study. Journal Of Cross Cultural Psychology.33(5),464-481.

Simbolon, P., & Simbolon, N. (2021) Hubungan Academic Burnout Dengan Prokraktinasi Akademik Pada Mahasiswa Stikes Santa Elisabeth Medan. Jurnal Pendidikan, Vol.12(2), 96-108.

Siswoyo, Dwi dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers

Susanto, S., & Azwar, A. G. (2020). Analisis tingkat kelelahan pembelajaran daring dalam masa COVID-19 dari aspek beban kerja mental: Studi kasus pada mahasiswa Universitas Sangga Buana. Jurnal Techno-Socio Ekonomika, 13(2), 102–112.

Wasito, A. A., & Yoenanto, N. H. (2021). Pengaruh Academic Self Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Buletan Riset Psikolgi dan Kesehatan Mental, 1(1), 112-119.

Yeni & Niswati, I. (2012). Pengaruh Burnout Terhadap Motivasi Berprestasi Dalam Bekerja Sales. Psibernetika, 5(2), 33-45.

Downloads

Published

2022-12-31