Pengaruh Celebrity Worship terhadap Perilaku Konsumtif pada ARMY di Masa Dewasa Awal

Authors

  • Salwa Fachlya Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Patmawaty Taibe Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Titin Florentina Purwasetiawatik Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.2006

Keywords:

Celebrity Worship, Perilaku Konsumtif, ARMY, Dewasa Awal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari celebrity worship terhadap perilaku konsumtif pada ARMY di masa dewasa awal. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh celebrity worship terhadap perilaku konsumtif pada ARMY di masa dewasa awal. Responden pada penelitian ini berjumlah 445 responden. Instrument penelitian yang digunakan pada skala ini adalah Skala Perilaku Konsumtif dan skala celebrity Atittude Scale. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan hasil yaitu terdapat pengaruh celebrity worship terhadap perilaku konsumtif pada ARMY di masa dewasa awal. Celebrity worship memberikan pengaruh pada perilaku konsumtif pada ARMY di masa dewasa awal. Hal itu dilihat dari nilai kontribusi sebesar 15.3% dan arah pengaruh bernilai positif, artinya semakin tinggi perilaku Celebrity Worship maka semakin tinggi juga perilaku konsumtif yang dimiliki oleh ARMY.

References

Dila, F. (2019). Hubungan Antara Bandwagon Effect Dan Celebrity Worship Pada Penggemar K-POP. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Engel, J.f. Blackwell, R.D. Miniard, P.W. (2018). Perilaku Konsumen Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta : Binarupa Aksara.

Heni, S. A. (2013). Hubungan antara kontrol diri dan syukur dengan perilaku konsumtif pada remaja SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Empathy Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1). 1-15

Koran, L.M., Faber, R.J., Aboujaoude, E., Large, M.D., & Serpe, R.T. (2006). Estimated Prevalence of compulsive buying behavior in the United States. The American Journal of Psychiatry. Vol.163, Issue 10.

Liu, K. (2013). Idol worship, religiosity, and self-esteem among university and secondary student in Hongkong. Discovery-SS Student E-Journal.

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Martin, M., & Cayanus, J. L. (2011). Celebrity worship, cognitive flexibility, and social complexity. Personality and Individual Differences, 37(7), 1475–1482.

McCutcheon, Lynn & Lange, Rense & Houran, James. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British journal of psychology (London, England : 1953). 93. 67-87.

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Putri, Dinda E; Rositawati, Sita. (2020). Pengaruh Celebrity Worship terhadap Perilaku Compulsive Buying pada Dewasa Awal Anggota Komunitas Baia Bandung. Prosding Psikologi. Vol.6 (1).

Santrock, J. W. (2012). Life-span development: Perkembangan masa hidup edisi ketigabelas, Jilid 2. (N. I. Sallama, Ed., & B. Widyasinta.). Jakarta: Erlangga.

Simalango, W. (2020). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Penggemar K-POP. Skripsi. Universitas Bosowa Makassar.

Swastha, B., & Handoko, H. (2011). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.

Downloads

Published

2023-06-30