Gambaran Self-Compassion pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA Makassar

Authors

  • Gusti Ayu Putu Melanie Kristiantari Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Titin Florentina Purwasetiawatik Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • A. Nur Aulia Saudi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.2100

Keywords:

Self-compassion, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan

Abstract

Menjalani kehidupan dalam lapas merupakan hal yang dapat menyebabkan munculnya emosi-emosi negatif yang berdampak pada kesehatan mental narapidana. Masalah-masalah dalam hidup yang terus terjadi membuat narapidana harus lebih bisa menyanyangi diri dan memiliki rasa kesadaran diri yang timbul dari dalam diri, perilaku dari menyayangi diri disebut Self-compassion. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai self-compassion pada narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas IA Makassar. Sampel dalam penelitian ini yaitu narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas IA Makassar sebanyak 280 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa self-compassion pada narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas IA Makassar cukup baik, dengan mayoritas narapidana berada pada kategori sedang sebesar 44,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa narapidana masih perlu diadakannya peningkatan dikarenakan narapidana masih memiliki kecenderungan dalam mengkritik diri secara berlebihan, melebih-lebihkan masalah dan juga perasaan saat berada dalam permasalahan.

References

Cleare, S., Gumley, A., & O’Connor, R. C. (2019). Self-compassion, self-forgiveness, suicidal ideation, and self-harm: A systematic review. Clinical Psychology and Psychotherapy. Advance online publication. doi: 10.1002/cpp.2372

Neff, K. (2011). Self-compassion: Stop beating yourself up and leave insecurity behind. New York: Harper Collins Publisher Inc.

Neff, K. D. (2003). Self-compassion: an alternative conceptualization of a healthy attitude toward oneself. Self and Identity, 2, 85-102.

Neff, K. D. (2012). The science of self-compassion. In C. Germer & R. Siegel (Eds.), Compassion and Wisdom in Psychotherapy (pp. 79-92). New York: Guilford Press

Neff, K. D., & Germer, C. K. (2013). A pilot study & randomized controlled trial of the mindful self-compassion program. Journal of Clinical Psychology, 69(1), 28–44.

Neff, K., & Germer, C. (2017). Self-Compassion and Psychological. The Oxford handbook of compassion science, 371.

Neff, K., & Germer, C. (2018). The Mind Self-compassion Workbook. New York: The guilford Press.

Ramadhani, F., Nurdibyanandaru, D. (2014). Pengaruh Self-compassion terhadap kopetensi emosi remaja akhir. Jurnal psikologi klinis dan kesehatan mental. 3, 120-126

Riza, M., Herdiana, I. (2013). Resiliensi pada narapidana lakilaki di Lapas Klas 1 Medaeng. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial. 1(3), 142-147.

Santi, A., Asrina, A., & Nurlinda, A. (2020). Problem Focus Coping Pada Narapidana Seumur Hidup Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 1(1), 38-47.

Sari, N. P., & Rahmasari, D. (2020). Self-compassion caregiver pecandu napza di BNN Provinsi Jawa Timur. Character: Jurnal Penelitian Psikologi. 7(3).

Downloads

Published

2023-06-30