Pengaruh Coping Stres Terhadap Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2101Keywords:
Coping stress, Resiliensi Akademik, DaringAbstract
Kecemasan dan stres adalah beberapa masalah yang dapat muncul dari pembelajaran jarak jauh online. Salah satu cara untuk melawan tekanan adalah dengan menerapkan teknik bertahan hidup. Coping adalah proses yang terjadi untuk melewati situasi stres yang melibatkan interaksi berulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana coping stress mempengaruhi resiliensi akademik mahasiswa Makassar yang mengikuti pembelajaran daring. Eksplorasi ini diarahkan pada 407 mahasiswa di kota Makassar. Peneliti menggunakan dua skala sebagai instrumen pengumpulan data yaitu skala kesiapan menyebarkan resiliensi akademik yang telah dikembangkan sebelumnya sesuai dengan teori resiliensi akademik dan skala coping stress yang memiliki validitas logis. Metode analisis regresi langsung digunakan untuk menganalisis data. Adapun hasil dari penelitian ini yakni Nilai R-squared sebesar 0,637 menunjukkan bahwa coping stress berpengaruh terhadap resiliensi akademik dengan persentase sebesar 63,7%.
References
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108.
Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimentional Construct Measure. Frontiers in Psychology. 7, 1-11.
Fitri, H. U., & Kushendar. (2019). Konseling Kelompok Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1(2), 67–74.
Gunawan, D. N. (2018). Hubungan strategi coping dengan kualitas hidup caregiver keluarga penderita Skizofrenia di RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang (Doctoral dissertation). Universitas Airlangga
Lal, K. (2014). Academic stress among adolescent in relation to intelligence and demographic factors. American International Journal of Research in Humanities, Arts and Social Sciences, 5 (1), 123–129. http://iasir.net/AIJRHASSpapers/AIJRHASS14-150. pdf
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. New York: Springer Publishing Company.
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemi Covid 19. Jurnal Psikologi, 10(1), 31–39.
Martin, A.J., & Marsh, H.W (2003). Acamedic Resilience and the Four Cs: Confidence, Control, Composure, and Commitment. Paper presented at NZARE AAREE, Auckland, New Zealand.
Maslakhatun, U. (2014). Problem-Problem, Strategi Coping Dan Resiliensi Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Indonesia Dokumen.
Odgen, J. (2004). Health Psychology: A Text Book (3th Ed).USA:McGrawHill, Inc. Psikologi Univeritas Airlangga. Jurnal Psikologi. 7, 58-80.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.
Radley, A. (2005). Making sense of illness. The social psychology of health and disease. London: Sage Publication.
Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor: 7 Keys to Finding Your Strength and Overcoming Life’sHurdles. Harmony/Rodale. ISBN: 9780767911924.
Rismelina, D. (2020). Pengaruh Strategi Coping dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswi Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 195–201.
Rochimah, F. A. (2020). Dampak Kuliah Daring terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Ditinjau dari Aspek Psikologi.
Santrock, J.W. (2005). PSYCHOLOGY: Essentials, Updated Second Edition. Mc Graw-Hill Companies.
Sarason. (1999). Abnormal Psychology. New-Jersey: Prentical Hall.
Sari, P, K., P & Indrawati, E., S. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan X Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, Vol. 5 No. 2 Hal: 177-182.
Siswanto, S. (2007). Kesehatan Mental: Konsep, Cakupan, dan Perkembangannya. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo.
Tarigan, A. H. Z., Appulembang, Y. A., & Nugroho, I. P. (2021). Pengaruh Stress Management Terhadap Resiliensi Mahasiswa Semester Akhir Di Palembang.
Tumanggor, R, O., dkk. (2015). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Resiliensi Akademik, Mastery Goal Orientation dan Prestasi Belajar. Seminar Psikologi & Kemanusiaan. Jakarta: ISBN: 978-979-796-324-8.
Wahyuni, E. N. (2017). Mengelola Stres dengan Pendekatan Cognitive Behavior Modification (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Baru Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan UIN Maliki Malang). Tadrib, 3(1), 98–117.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 A. Suci Paramitha, Minarni Minarni, Andi Muhammad Aditya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.