Gambaran Coping Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Kota Makassar

Authors

  • Ibnu Dalfiqih Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sitti Syawaliah Gismin Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • A. Nur Aulia Saudi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.2154

Keywords:

Coping Stres, Skripsi, Mahasiswa

Abstract

Coping merupakan upaya untuk mengubah  perilaku dan kognisi yang dilakukan secara terus-menerus untuk mengendalikan tuntutan yang terjadi, terutama yang dianggap melampaui kemampuan individu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran coping stres pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 405 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan skala (angket) berdasarkan teori coping. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa dari 405 responden, terdapat 24 (6%) diantaranya berada pada tingkat skor yang sangat tinggi, 124 (31%) diantaranya berada pada tingkat skor tinggi, 101 (25%) diantaranya berada dalam tingkat skor yang sedang, 143 (35%) diantaranya berada dalam tingkat skor yang rendah dan 13 (3%) diantaranya berada dalam tingkat skor yang sangat rendah.

References

Achmadin, J. A. (2015). Strategi Coping stres pada mahasiswa baru fakultas Psikologi Univerisitas Muhammadiyah Malang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Baron, R. A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial, jilid 2 (Edisi 10). Jakarta: Erlangga.

Darmono & Hasan, A.M. (2004). Menyelesaikan Skripsi dalam Satu Semester. Malang: Grasindo.

Folkman, S., & Lazarus, R. S. (1980). An Analysis of Coping in a MiddleAged Community Sample. Journal of Health and Social Behavior, 21 (3),

Lazarus, R.S & Folkman, S. (1984). Stress appraisal and coping. Newyork: Springer Publishing Company.Inc.

Lazarus, R.S. dan Folkman, S. (1988). Ways of Coping Quistionaire Research Edition. Palo Alto: Consulting Psychologists Press.

Mashudi, Farid. (2014). Psikologi Konseling. Yogyakarta: Gramedia.

Masitoh, A. R., & Hidayat, E. N. (2018). Hubungan optimisme dengan mekanisme koping pada mahasiswa tingkat akhir di stikes muhammadiyah kudus dalam menghadapi skripsi. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 9(1), 97-103.

McCarty, W.P., Zhao, J.S., & Garland, B.E. (2007). Occupational stress and burnout between male and female police officers. Are there any gender differences? Policing: Int. J. Police Strateg. Manage. 30(4): 672-691.

Prakoso, H. (1996). Cara Penyampaian Hasil Belajar Untuk Meningkatkan Self Efikasi Mahasiswa. Jurnal Psikologi. Vol.2

Siswanto. (2007). Kesehatan Mental. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Thalib, T., Nurhikmah, A. M. A., & Primanhtoro, R. (2023). Rutinitas Berolahraga dan Implikasinya terhadap Stabilitas Self-criticism pada Mahasiswa. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 7(1): 1-7.

Wijayanti, N. (2013). Strategi coping menghadapi stres dalam penyusunan tugas akhir skripsi pada mahasiswa program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulianto, Aries. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.

Downloads

Published

2023-06-30