Analisis Fungsi Self-Talk sebagai Prediktor Strategi Regulasi Emosi pada Karyawan Sales di PT. Bosowa Berlian Motor Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.2157Keywords:
Regulasi Emosi, Self-Talk, SalesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah fungsi self-talk dapat menjadi prediktor terhadap strategi regulasi emosi pada karyawan sales di PT. Bosowa Berlian Motor. Penelitian ini dilakukan terhadap 155 karyawan sales penjualan ritel aktif di PT Bosowa Berlian Motor. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti ada dua skala, yakni skala Emotion Regulation Questionnaire dan Self-Talk Scale. Data dianalisis menggunakan teknik analisis berganda. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yakni: 1) fungsi self-talk positif dapat menjadi prediktor strategi cognitive reappraisal, sedangkan fungsi self-talk negatif tidak dapat menjadi prediktor. 2) fungsi self-talk negatif dapat menjadi prediktor strategi expressive suppression, sedangkan self-talk positif tidak dapat menjadi prediktor.
References
Andreotti, C., Thigpen, J. E., Dunn, M. J., Watson, K., Potts, J., Reising, M. M., ... Compas, B. E. (2013). Cognitive reappraisal and secondary control coping: Associations with working memory, positive and negative affect, and symptoms of anxiety/depression. Anxiety, Stress & Coping: An International Journal, 26, 20–35. https://doi.org/10. 1080/10615806.2011.631526.
Brinthaupt, T. M., Hein, M. B., & Kramer, T. E. (2009). The Self-talk Scale: Development, factor analysis, and validation. Journal of Personality Assessment, 91(1), 82-92. DOI: 10.1080/00223890802484498.
Brinthaupt, T.M. (2019). Individual Differences in Self-talk Frequency: Social Isolation and Cognitive Disruption. Frontiers in Psychology. 10(1088). 1-7.
Germer, C. K. (2009). The mindful path to self-compassion: Freeing yourself from destructive thoughts and emotions. New York, NY: Guilford.
Gross, J. J., & John, O. P. (2003). Individual differences in two emotion regulation processes: Implications for affect, relationships, and well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 85, 348–362. https://doi.org/10.1037/0022-3514.85.2.348.
Gross, J. (2014). Handbook of Emotional Regulation. New York: The Guilford Press.
Hamilton, R., Scott, D., & MacDougall, M. P. (2007). Assessing The Effectiveness of Self-talk Interventions on Endurance Performance. Journal of Applied Sport Psychology, 226-239.
Hurlock, E.B. (1994) Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (eds.5). Jakarta: Erlangga.
Jim, R. (2011). Dahsyatnya terapi bicara positive self talk therapy (Rusman, ed.). Yogyakarta: Arta Pustaka.
Jobber, D., Lancaster, G., & FitzHugh, K.L. (2019). Selling and Sales Management. New York : Pearson.
Kalokerinos, E. K., Greenaway, K. H., & Denson, T. F. (2014). Emotion reappraisal but not suppression downregulates the experience of positive and negative emotion. Emotion, 15, 271–275. https://doi.org/10.1037/emo0000025.
Konefal, J. (2014). A Non-Invasive Treatment for Critical Self-talk and Its Negative Emotional Effect. The Journal of Alternative and Complementary Medicine. 20(5),
Martin, G., & Pear, J. (2015). Behavior Modification. Pearson Education, INC.
Praptono, E., & Idayanti, S. (2020). Hukum Perusahaan. Yogyakarta : Tanah Air Beta.
Radde, H., Nurrahmah, Nurhikmah, & A.Nur. (2021). Uji Validitas Konstrak dari Emotion Regulation Questionnaire Versi Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Confirmatory Factor Analysis. Jurnal Psikologi Karakter. 1(2). 152-160.
Raharti, Mujiasih. (2001). Manajemen Penjualan dan Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.
Ratmoyo. (2012). ES-PE-GE Cara Menjadi Profesional di Bidang Direct Marketing. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Rinanda. (2006). Manajemen Diri. Bandung: Liberty.
Setyowati, R., Anganthi, N., & Asyanti, S. (2015). Depresi pada difabel akibat kecelakaan. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 13(2), 87-93.
Soekadji, S. (1983). Modifikasi Perilaku Penerapan Sehari-hari dan Penerapan Profesional. Yogyakarta: Liberty
Tandjung, JW. (2004). Marketing Management: Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan, Edisi Kedua. Malang: Bayumedia.
Wahyuni, S (2013). Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa SMK. E-Journal Psikologi, 1(1): 88-9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syahani Wardhania Fahirah Zaelani Islami, Sitti Syawaliyah Gismin, Nurhikmah Nurhikmah, Sulaiman Sulaiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.