Gambaran Perilaku Phubbing pada Dewasa Awal yang Bermain Game Online di Kota Makassar

Authors

  • Adinda Nurfadilah Zein Palureng Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Minarni Minarni Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Andi Nur Aulia Saudi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.2236

Keywords:

Phubbing, Game Online, Dewasa Awal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran Perilaku Phubbing Pada Dewasa Awal Yang Bermain Game Online Di Kota Makassar. Responden yang berpartisipasi sebanyak 322 responden yang berada pada rentang usia 18-25 tahun. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala Perilaku Phubbing  yang dimodifikasi oleh peneliti sendiri. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dewasa Awal Yang Bermain Game Online di Kota Makassar memiliki Perilaku Phubbing pada kategori Sangat Tinggi yang artinya rata-rata Dewasa Awal Yang Bermain Game Online Di Kota Ma|kassar memiliki tingkat Perilaku Phubbing yang Sangat Tinggi.

References

Azwar. S. (2012). Metode Penelitian: Yogyakarta. Pustaka pelajar.

Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2016). How “phubbing” becomes the norm: The antecedents and consequences of snubbing via smartphone. Computers in Human Behavior, 63, 9-18.

Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2018). The effects of “phubbing” on social interaction. Journal of Applied Social Psychology, 48(6), 304-316.

Coyne, S. M., Dyer, W. J., Densley, R., Money, N. M., Day, R. D., & Harper, J. M. (2015). Physiological Indicators of Pathologic Video Game Use in Adolescence. Journal of Adolescent Health, 56(3), 307–313. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.10.271

Griffiths, M.D. (2008) Videogame addiction: further thoughts and observations. International Journal of Mental Health and Addiction 6: 182–185.

Haigh, A. (2015). Stop Phubbing . tersedia di http://stopPhubbing

Isrofin, B., & Munawaroh, E. (2021). The Effect of Smartphone Addiction and Self-Control on Phubbing Behavior. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 6(1), 15-23.

Mehroof, M., & Griffiths, M. D. (2010). Online Gaming Addiction: The Role Of Sensation Seeking, Self-Control, Neuroticism, Aggression, State Anxiety, And Trait Anxiety. Cyberpsychology, Behavior, And Social Networking, 13(3), 313-316.

Normawati, M. S., & Priliantini, A. (2018). Pengaruh kampanye “let’s disconnect to connect” terhadap sikap anti phubbing (survei pada followers official account line starbucks indonesia). Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 155–164.

Thalib, T. (2019). Hubungan Media Multitasking Dan Inhibitory Control Dimoderatori Oleh Chronotype Pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Downloads

Published

2023-06-30