Celebrity Worship pada Penggemar K-pop Berdasarkan Demografi

Authors

  • Priska Barrang Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Arie Gunawan Hazair Zubair Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Musawwir Musawwir Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.2279

Keywords:

Celebrity Worship, Demografi, Penggemar K-pop

Abstract

Celebrity worship ialah perilaku berlebihan yang dilakukan penggemar terhadap selebriti yang idolakan, dimana penggemar terlalu melibatkan dirinya dalam setiap kehidupan idola yang dipengaruhi oleh kebiasaan penggemar dalam mempelajari tentang kehidupan selebriti idolanya seperti mencari, membaca, ataupun mendengar tentang informasi yang memiliki hubungan dengan idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan celebrity worship pada penggemar K-pop berdasarkan demografi (jenis kelamin, usia, pendidikan). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan 428 responden. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan sebesar 0.332 celebrity worship penggemar K-pop berdasarkan jenis kelamin, sebesar 0.006 celebrity worship penggemar K-pop berdasarkan usia, sebesar 0.649 celebrity worship penggemar K-pop berdasarkan pendidikan. Dengan demikian, hasil penelitian di peroleh bahwa tidak ada perbedaan celebrity worship penggemar K-pop berdasarkan jenis kelamin dan pendidikan, dan ada perbedaan celebrity worship penggemar K-pop berdasarkan usia.

References

Arundati, Vania., & Arisanti. (2019). Perilaku Celebrity Worship pada anggota Fandom EXO dalam Komunitas EXO-L Bandung. Komunikasi, 13 (1) : 53-72.

Ceneca, R. C. (2019). Hubungan Body Image dengan Celebrity worship pada Mahasiswa di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Darfiyanti, D., & Putra, M. G. (2012). Pemujaan terhadap Idola Pop sebagai Dasar Intimate Relationship pada Dewasa Awal: sebuah Studi Kasus. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 1 (2) : 53-60.

Dwitanti., Tambunan., & Ningsih. (2015). Kelekatan dan Intimasi Pada Dewasa Awal. Jurnal Psikologi, 8(1) : 18-24.

Jahja. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Kencana Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kompas.Tv. (2020). Kisah Sedih Penggemar BTS yang Bunuh Diri, Ayahnya Benci K-Pop hingga Sempat Curhat ke Suga. https://www.kompas.tv/article/106550/kisah-sedih-penggemar-bts-yang-bunuh-diri-ayahnya-benci-k-pop-hingga-sempat-curhat-ke-suga), Diakses 3 Desember 2021.

Tribunnews.com. (2017). (https://www.tribunnews.com/seleb/2017/12/20/dua-fans-di-indonesia-dikabarkan-mencoba-bunuh-diri-usai-jonghyun-shinee-meninggal-kisahnya-viral) . Diakses pada tanggal 3 Desember 2021.

Lestari, L., Zaharuddin., & Afifah, S. (2021). Celebrity Worship pada Dewasa Awal Penggemar K-Pop di Palembang. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1 (1) : 29-41. P-ISSN 2807-1956, e-ISSN 2807-1964.

Liu, J. K. (2013). Idol Worship, Religiosity, and Self-Esteem among University and Secondary Students in Hong Kong. Discovery SS Student E-journal.

Lynn, M., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and Measurement Celebrity Worship. British Journal of Psychology.

Maltby, J., Houran, J., & McCutcheon, L. E. (2003). A clinical interpretation of attitudes and behaviors associated with celebrity worship. The Journal of Nervous and Mental Disease, 191(1), 25-29.

Maltby., Day., McCutcheon., Houran., & Ashe. (2004). Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. British Journal of Psychology, 95 (4) : 411-428. doi:10.1348/0007126042369794.

Maltby., Giles., Barber., & McCutcheon (2005). Intense-personal celebrity worship and body image: Evidence of a link among female adolescents. British Journal of Health Psychology, 10 (1) : 17-32. doi:10.1348/135910704x15257.

Maulida, A., Viridanda, W. Y., Nisa, H., & Sari, N. (2021). Tingkat Pemujaan Selebriti pada Komunitas Penggemar K-pop di Aceh. Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah, 4(1), 48-74.

Munica, R. (2021). Gambaran Celebrity Worship Terhadap Idola-K-pop pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Journal Of Multidicsiplinary Research and Development, 4(2) : 247-256.

Putri, A., & Muzakir, A. (2022). Analisis Sentimen Cyberbullying KPOP di Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes. Journal of Syntax Literate, 7(9).

Putri, M., & Savira, I. (2021). Gambaran Citra Diri Fanboy (Sebuah Studi Kasus Pada Penggemar Laki-Laki Musik Korea Dalam Komunitas Fandom. Character:Jurnal Penelitian Psikologi, 8 (6) : 1-13.

Raviv, A., Bar-Tal, D., Raviv, A., & Ben-Horin, A. (1996). Adolescent idolization of pop singers: Causes, expressions, and reliance. Journal of Youth and Adolescence, 25, 631- 650. DOI:10.1007/BF01537358

Siti, N.A. (2023). Tinjauan Hukum Islam terhadap Perilaku Komsumtif Penggemar K-pop di Kalangan Remaja Islam (Studi Pada Fanbase Boygroup Seventeen) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Sunarni. (2016). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Identitas Diri Remaja Usia SMA di Kota Yogyakarta. E-Journal Bimbingan dan Konseling, 1 (5) : 1-11.

Widjaja., & Ali. (2015). Gambaran Celebrity Worship Pada Dewasa Awal di Jakarta. Humaniora, 6 (1) : 21-28.

Downloads

Published

2023-06-30