Hubungan Tipe Kepribadian Big Five dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Universitas Bosowa

Authors

  • Mirnawati Sarira Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Musawwir Musawwir Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • A. Nur Aulia Saudi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2303

Keywords:

Kecemasan Berbicara di Depan Umum, Tipe Kepribadian Big Five, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara tipe kepribadian big five dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa Universitas Bosowa Makassar. Penelitian ini dilakukan terhadap 340 mahasiswa yang berusia 18-25 tahun di Universitas Bosowa Makassar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti ada 2 yaitu skala kecemasan berbicara di depan umum Personal Report Of Communication Apprehension (PRCA-24) yang dikembangkan oleh McCroskey dan skala yang telah diadaptasi oleh Hanif Akhtar & Saifuddin Azwar (2019) yaitu International Personality Item Pool-Big Five (IPIP-BFM-50) oleh Goldberg (1992) dengan reliabilitas pada masing-masing tipe kepribadian yaitu extraversion 0,836, agreeableness 0,762, conscientiousness 0,811, neuroticism 0,862 dan openness to experience 0,768. Hasil analisis memberikan kesimpulan: 1) tipe kepribadian neuroticism dan kecemasan berbicara di depan umum terdapat hubungan negatif dengan nilai -0,258. 2) tipe kepribadian extraversion dan kecemasan berbicara di depan umum terdapat hubungan positif dengan nilai 0,232. 3) tipe kepribadian openness to experience dan kecemasan berbicara di depan umum terdapat hubungan positif dengan nilai 0,295. 4) tipe kepribadian concientiousness dan kecemasan berbicara di depan umum terdapat hubungan positif dengan nilai 0,236. 5) tipe kepribadian agreableness dan kecemasan berbicara di depan umum terdapat hubungan positif dengan nilai 0,305.

References

Asmadi. (2008). Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Salemba Medika.

Ahadiyanto, N. (2020). Hubungan Dimensi Kepribadian The Big Five Personality dengan Tingkat Kesejahteraan Psikologis Narapidana. Jurnal Al-Hikmah, 18(1), 105-116

Azwar, S. (2015). Dasar-Dasar Psikometrika Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ajang, Rahmat. 2018. Belajar Pemrograman Dasar Arduino. https://kelasrobot.com/belajar-pemrograman-dasar-arduino/ diakses pada tanggal 27 Maret 2019.

Anwar, A. I. (2009). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kecemasan Berbicara didepan umum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Fakultas Psikologi USU, tidak diterbitkan.

Budysan, T., & Sidjaja, F. F. (2019). Hubungan antara tipe kepribadian Big Five dengan adiksi internet pada mahasiswa di Surabaya. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 7(1), 31-42.

Creswell, J.W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cervone D., & Pervin L.A. (2012). Kepribadian: Teori dan Penelitian Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Dami, Z. A., & Curniati, S. (2018). Pola Asuh Autoritatif dan Jenis Kelamin sebagai Prediktor Big Five Personality Factors: Implikasinya Bagi Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(4), 182- 196.

England, L.A., Herbert J.D. (2012).Acceptance-Based Exposure Therapy for Public Speaking

Anxiety. Journal of Contextual Behavioral Science 1,66-72. http://dx.doi.org./10.1016/j.jcbs2012.07.001.

Elmenfi, F., & Gaibani, A. (2014). The Role of Gender in Influencing Public Speaking Anxiety. International Journal of Gender and Women’s Studies, 2(2), 105-116.

Hamdi, A.S., & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Loffredo, D.A & Opt,S.K. (2000).Rethinking Communication Apprehension: A Myers-Briggs Perspective. The Journal of Psychology, 134(5), 556-570.

Monart, H., & Kase, L. (2007). The Confident Speakers, Beat Your Nerves And Communicate at Your Best In Any Situation. USA: McGraw-Hill.

McCroskey,J.C. (2006). An Introduction to Rhetorical Communication: A Western Rhetorical Perspective, Ninth Edition. USA: Pearson Education, Inc.

Maruna, S., & Mann, R. E. (2006). A Fundamental Contribution Error? Rethinking Cognitive Distortion. Legal and Criminological Psychology, 11, 155-177.

Nevid, J.S., Rathus, S.A., Green, B. (2005). Psikologi Abnormal Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Novasari, E. P. (2016). Pengaruh Big Five Personality terhadap Subjective WellBeing Pada Remaja yang Menggunakan Twitter. Jurnal Psikologi, 1-27.

Rapika, S., & Sari, A. P. (2017). Pengaruh kepribadian dan kemampuan intelektual terhadap kompetensi guru di SMKN 3 Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(2), 64-76

Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 1. Yogyakarta: Kasisius.

Abdullah, S., Sipon, S., Sawai, R. P., & Baharudin, D. F. (2012). Strategi daya tindak versi Bahasa Melayu. AL-’ABQARI: Journal of Islamic Social Sciences and Humanities.

Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Siallagan, D. F. (2011). Fungsi dan peranan mahasiswa. Bengkulu: UNIB

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sianipar, A.R.B. dan Haryanti, K. 2014. Hubungan Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja dengan Intensi Turnover pada Karyawan Bidang Produksi CV. X. Jurnal Psikodemensia, 13(1), 98-114.

Wahyuni, S. (2014). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara pada mahasiswa psikologi. eJournal Psikologi, 2(1), 51-64.

Wahyuni, S. (2013). Panduan Praktis Biogas. Jakarta. Penebar Swadaya

Widhiarso, W. (2010). Uji Hipotesis Komparatif. Yogyakarta: FPUGM.

Wisudiani, R., & Fardana, N. A. (2014). Hubungan antara faktor kepribadian big five dengan perilaku prososial pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 3(1), 97-104

Winarni, R. (2013). Kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi di depan umum pada mahasiswa. Cognicia, 1(2).

Zamani, Z. A., Nasir, R., Desa, A., Khairudin, R., & Yusooff, F. (2014). Family functioning, cognitive distortion and resilience among clients under treatment in drug rehabilitation centres in Malaysia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 140, 150-154.

Zulfadri, D., & Raudatussalamah, R. (2019). Tipe Kepribadian Big Five, Sense of Humor dan Subjective Well-Being pada Mahasiswa UIN Suska Riau. Jurnal Psikologi, 15(1), 75-84.

Downloads

Published

2023-12-29