Hubungan Self-Compassion dengan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Teknik di Kota Makassar

Authors

  • Filisia Pagayang Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Minarni Minarni Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Andi Nur Aulia Saudi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2304

Keywords:

Self-Compassion, Resiliensi Akademik, Mahasiswa Teknik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self-Compassion dengan resiliensi akademik pada mahasiswa teknik di kota Makassar. Sampel pada penelitian ini berjumlah 421 mahasiswa teknik yang ada di kota Makassar yang berusia 18-25 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala yaitu Academic Resilience Scale-30 (ARS-30) dan Self Compassion Scale (SCS). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Pearson Product-Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Self-Compassion dengan resiliensi akademik pada mahasiswa teknik di kota Makassar dengan nilai korelasi (r) sebesar 0.469 yang berarti kedua variabel memiliki hubungan yang positif dengan kekuatan korelasi antar variabel adalah sedang.

References

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7, 1–11.

CNN, Indonesia. (2021). “Diduga Stres Tugas Kuliah, Mahasiswi di Yogyakarta bunuh diri”. (Online). https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211022132907-12-710976/diduga-stres-tugas-kuliah-mahasiswi-di-yogya-bunuh-diri, diakses pada 04 Januari 2022)

Dwitya, K. N., & Priyambodo, A. B. (2020). Hubungan Self-Compassion dan resiliensi pada ibu dengan anak autisme. Prosiding Seminar Nasional dan Call Paper “Psikologi Positif Menuju Mental Wellness” Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang Bersama Asosiasi Psikologi Positif Indonesia (AP2I), 221-229.

Gilbert, P. & Procter, S. (2006). Compassionate Mind Training for People with High Shame and Self-Criticism: Overview and Pilot Study of a Group Therapy Approach. Clinical Psychology and Psychotherapy, 13, 353-379

Hadi, S. (2017). Statistik Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hart, C. (2012). Factors Associated With Student Persistence in an Online Program of Study: A Review of the Literature. Journal of Interactive Online Learning, 11(1), 19–42.

Neff, K. D. (2003). Self-Compassion: an alternative conceptualization of a healthy attitude toward oneself. Self & Identity, 2(2), 85– 101.

Neff, K.D. (2003). The Development and Validation of a Scale to Measure Self Compassion. Psychology Press Taylor & Francis Group University of Texas, Austin, Texas, USA.

Neff, K. D. (2011). Self-Compassion: the proven power of being kind to yourself. New York: William Morrow.

Raodah, S. (2021). Tingkat Resiliensi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar di masa Pandemi. Makassar : Biro Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

Reivich, K. & Shatte, A. (2002). The Resilience Factors. New York: Broadway Books.

Santrock, J, W, (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga.

Sari, P. K. P & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan X Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182.

Siyoto, S & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Smeets, Elke. Neff, Kristin. Alberts, Hugo. & Peters, Madelon. (2014). Meeting Suffering with Kindness: Effects of a Brief Self-Compassion Intervention for Female for Female College Students. Journal of Clinical Psychology, 20 (10).

Sofiachudairi & Setyawan, I. (2018). Hubungan antara Self-Compassion dengan Resiliensi pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7 (1), 54-59

Suyono. (2018). Analisis Regresi Untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2023-12-29