Perbedaan Regulasi Emosi Berdasarkan Jenis Kelamin pada Mahasiswa di Kota Makassar

Authors

  • Ainun Khaeriah Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Minarni Minarni Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • A. Nur Aulia Saudi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2317

Keywords:

Regulasi Emosi, Jenis Kelamin, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan regulasi emosi berdasarkan jenis kelamin pada mahasiswa di kota Makassar. Sampel pada penelitian ini berjumlah 400 Mahasiswa yang aktif di kota Makassar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala regulasi emosi Gross dan John (2003) dengan nilai reliabilitas pada aspek cognitive reappraisal sebesar 0.765 dan aspek Expressive Suppression dengan nilai reliabilitas 0.670. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan hasil penelitian bahwa tidak terdapat perbedaan regulasi emosi antara mahasiswa yang berjenis kelamin laki-laki dan mahasiswa yang berjenis kelamin perempuan di kota Makassar.

References

Afifah, A. (2021). Peran Regulasi Emosi Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Kopen: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 54-58.

Agasni, A. A., & Indrawati, E. S. (2015). Kecerdasan Spiritual Dengan Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Program Pendidikan Sarjana Kedokteran. Jurnal Empati, 4(1), 23-27.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148.

Gross, J. J., & John, O. P. (2003) Individual Differences In Two Emotion Regulation Process: Implication For Affect, Relationship, And Well-Being. Journal Of Personality and Social Psychology, 85(2), 348-362.

Gross, J. J., & Thompson, R. A. (2007). In J. J. Gross (Ed), Handbook of Emotion Regulation. New York: Guilford.

Gross, J.J. (2014). Handbook of Regulation Emotion Second Edition. New York: Guilford Press.

Hurlock, E, B. (2006). Developmental Psychology. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, O. P., Izzati, U. A., Budiani, M. S., & Dewi, N. W. S. P. (2020). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Meningkatkan Strategi Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Psikologi FIP Unesa Yang Terdampak Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 249-261.

Prasetio, N., Daud, M., & Hamid, A. N. (2021). Hubungan Regulasi Emosi Dengan Bullying Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Makassar. JIVA: Journal of Behavior and Mental Health, 2(1).

Ratnasari, S., & Suleeman, J. (2017). Perbedaan Regulasi Emosi Perempuan Dan Laki-Laki Di Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Sosial, 15(1), 35-46.

Siswandi, W., & Caninsti, R. (2020). Peran Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Regulasi Emosi Mahasiswa Perantau Tahun Pertama di Jakarta. Jurnal Psikogenesis, 8(2), 241-252.

Siswoyo, Dwi dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Thahirah, R., & Insan, I. (2020). Hubungan Hardiness Dengan Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Psimawa, 3(2), 82-88.

Thalib, T., Purwasetiawatik, T. F., Hayati, S., Kristyana, M. D., Ulya, S. N. H., Masam, N. T. I., & Salsabila, K. Y. (2023). Psikoedukasi Regulasi Emosi Remaja pada Siswa SMP Negeri di Makassar. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 1(5), 454-460.

Widuri, E. L. (2012). Regulasi Emosi dan Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 147-156.

Yolanda, W. G., & Wismanto, Y. B. (2017). Perbedaan regulasi emosi dan jenis kelamin pada Mahasiswa yang bersuku Batak dan Jawa. Psikodimensia, 16(1), 72-80.

Downloads

Published

2023-12-29