Gambaran Kecemasan Menjelang Bebas pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kota Makassar

Authors

  • Sri Wahyuni Hasan Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sri Hayati Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Minarni Minarni Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2338

Keywords:

Kecemasan, Narapidana, Menjelang Bebas

Abstract

Kecemasan dapat terjadi pada siapa saja termasuk pada warga binaan yang menjelang bebas di Lapas. Hal ini terkait akan kekhawatiran pekerjaan, kondisi ekonomi serta keluarganya sehingga menimbulkan kecemasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kecemasan menjelang bebas pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan penggunaan analisis wawancara dengan aplikasi Boris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan terhadap tiga orang narapidana di Lembaga Pemasyarakatan kelas I Makassar yang akan menjelang bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kecemasan pada narapidana sehingga ketiga aspek terpenuhi, narapidana mengalami kesulitan tidur ketika menjelang bebas sudah dekat, selain itu narapidana juga merasakan emosi yang membuatnya melakukan keributan dengan temannya karena pemikiran mengenai keluarga dan kondisi ekonomi serta stigma buruk yang mereka dapatkan harus mereka terima karena perbuatannya, rasa stress akan masa hukuman yang lama dan pemikiran yang belum pasti membuatnya tidak tenang.

References

Adriawati., & Siti, (2012). Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Narapidana Menghadapi Masa Depan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Malang. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahin, Malang.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo : Zifatama Publishing

Nevid, J. S., Ratus, S.A., & Greence, B. (2005). Psikologi Abnormal (Edisi Kelima). Jakarta: Airlangga. Ni’matuzahro. (2018). Observasi Teori dan Aplikasi dalam Psikologi. Malang :UMM Pers

Septiani, N. (2013). Hubungan antara Problem Solving dengan Penyesuaian Diri Napi Anak. Universitas pendidikan indonesia.

Shinkfield, A. (2010). Inmates’ Prerelease Anxiety Levels. Australia : University Victoria.

Downloads

Published

2023-12-29