Hubungan antara Adversity Quotient dan Stres Akademik pada Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Shafira Nurulita Yusuf Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sitti Syawaliyah Gismin Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Andi Muhammad Aditya Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2344

Keywords:

Adversity Quotient, Stres Akademik, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara adversity quotient dan stres akademik pada mahasiswa saat pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan 436 responden yaitu mahasiswa di Kota Makassar. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala Adversity Respons Profil dan Student-Lide Stres Inventory. Analisis data menggunakan koralasi product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara adversity quotient dan stres akademik pada mahasiswa saat pembelajaran daring di Masa pandemi covid-19 dengan arah hubungan negatif.

References

Alvin, N. (2007). Handling Study Stress. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Depdiknas. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Penerbit: Gramdeia Pustaka Utama.

Detikhealth. (2020). Cara Penyebaran Virus Corona COVID-19 Menurut WHO. Diakses pada 28 Juni 2020, dari https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4960182/cara-penyebaran-virus-corona-covid-19-menurut-who

Gadzella, B.M. (1991). Student-life Stress Inventory. Commerce, TX: Author.

Gadzella, Bernadette, M. (1994). Student-life stres inventory: identification of and reaction to stressor. Psychological reports. 74, 395-402.

Hurlock, B.E. (1990). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemi Covid 19. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 31.

Moore, J. l., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-learning, online learning, amd distance learning environments: are they the same?. Internet and higher education.

Safiany, A & Maryatmi A,S. (2018). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik Pada Siswa-Siswi Kelas XI Di SMA Negeri 4 Jakarata Pusat. IKRAITH-Humanira. Vol. 3 No. 3.

Santrock, J.W. (2003). Life span development. Jakarta: Erlangga.

Stoltz, 2007. Adversity Quotient: mengubah hambatan menjadi peluang. Jakarta : PT Gramedia Indonesia.

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-12-29